alexa-tracking

Prospek Cerah Beternak Kelinci Hias

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acdbf93dac13e2d5f8b4572/prospek-cerah-beternak-kelinci-hias
Prospek Cerah Beternak Kelinci Hias
Prospek Cerah Beternak Kelinci Hias
Hampir semua orang suka dengan kelinci. Hewan pengerat yang lucu dan berbulu lembut ini makin banyak digemari masyarakat untuk dipelihara. Tidak hanya itu, beternak kelinci hias ternyata juga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Sebab, jika dibandingkan dengan beternak kambing ataupun sapi, beternak kelinci hias lebih menjanjikan karena lebih mudah dan efisien. Harganya juga lumayan tinggi, terutama untuk kelinci hias ketimbang kelinci pedaging.

Beternak kelinci hias lebih menjanjikan dan menguntungkan dibandingkan kelinci lokal. Biasanya kelinci lokal diternak untuk dikonsumsi, itu butuh waktu sekitar 5-6 bulan baru bisa dikonsumsi. Sedangkan kelinci hias lebih cepat karena di usia 3-4 bulan sudah bisa dijual dengan harga yang tinggi. Bahkan sudah banyak yang siap nampung.

Kelinci hias tersebut antara lain anggora dan arwana. Anggora memiliki bulu yang panjang dan tebal di seluruh tubuhnya sampai ke bagian telinga. Begitu juga dengan kelinci jenis arwana yang bulunya sangat halus dan mirip karpet makanya kelinci ini kerap juga disebut kelinci karpet.

Prospek Cerah Beternak Kelinci Hias

Kualitas kimpoi kelinci jauh lebih baik jika antara jantan dan betina ditaruh di kandang terpisah. Jika sudah cukup umur, sekitar enam bulan, baru dikimpoikan dan dimasukkan satu kandang.

Kelinci hanya butuh waktu satu bulan kemudian melahirkan. Anak kelinci pun dalam sekali kelahiran bisa mencapat 5-7 ekor. Jika satu kelinci hias anggora di usia tiga bulan dihargai Rp300 ribu/ekor, dalam empat bulan bisa memberi pendapatan jutaan rupiah. Apalagi jenis kelinci hias, harganya bisa 10 kali lipat harga kelinci konsumsi.

Tips Merawat Kelinci Hias

Dalam merawat kelinci hias hampir sama dengan memelihara kelinci pada umumnya. Kesehatan dan faktor kandang menjadi hal utama yang harus diprioritaskan.

Salah satu penyakit yang kerap menyerang hewan peliharaan tertua yang berasal dari Ankara, Turki, ini yaitu kudis yang disebabkan bakteri. Namun, tidak perlu khawatir karena sudah ada obatnya.

Jika hewan ini terkena penyakit kudis, cukup menyuntiknya dengan obat worm maxim. Kudis ini umumnya karena faktor kandang yang lembap. Sebab itu, untuk menghindari penyakit tersebut, hal utama yang harus dilakukan yakni membersihkan kandangnya. Sementara rumput atau daunan sebagai makanan hewan ini juga harus dilayukan terlebih dulu dan jangan langsung diberikan kepada kelinci.

Bila perut kelinci mengalami kembung, hendaknya diberi obat semacam anti-bloat. Sementara jika flu atau pilek, obatnya berupa anti-cold yang bisa dibeli di petshop.

Prospek Cerah Beternak Kelinci Hias

Sedangkan guna menghindari bau feses pada kandang, berikan makanan seperti pelet khusus kelinci dan ampas tahu yang sudah diperas untuk makan pagi kelinci. Pemerasan harus benar-benar kering atau hilang airnya sehingga bisa bertahan sampai satu minggu.

Tidak memberi sayur kangkung karena khawatir kelinci bisa diare karena kandungan air dan getahnya yang banyak. Lebih baik beri kelinci berupa pisang dan wortel.