alexa-tracking

Tips Ampuh Beternak Burung Puyuh

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd8d4e5a51636e1e8b456a/tips-ampuh-beternak-burung-puyuh
Tips Ampuh Beternak Burung Puyuh
Siapa yang tidak tahu dengan burung puyuh? Pasti jawabannya mayoritas tahu. Bahkan sebagian besar masyarakat nusantara sudah menikmati mantap dan sedapnya telur burung puyuh (Coturnix-coturnix Japonica).
Puyuh, yang masuk famili Phasianidae, telur dan dagingnya memunyai nilai gizi dan rasa yang lezat.

Sebenarnya, burung puyuh cukup mudah dibudidayakan dan bernilai tinggi. Sebab kebutuhan pasar sangatlah luar biasa. Puyuh menjadi peluang usaha baru yang cukup menjanjikan untuk kita geluti.

Tips Ampuh Beternak Burung Puyuh

Berikut kiat sukses beternak puyuh :

1. Dalam membudidayakan burung puyuh, pertama harus dicari lokasi yang jauh dari keramaian, bebas dari hama penyakit, dan selalu mendapat sirkulasi udara yang baik. Setelah itu, barulah kemudian mempersiapan kandang. Kandang ideal bertemperatur berkisar 20-25 derajat Celsius dengan kelembapan 30%-80%. Selain itu, penerangan kandang pada siang hari cukup 25-40 watt, sedangkan malam hari 40-60 watt.

2. Sediakan bibit. Dalam penyediaan bibit burung puyuh disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan, yakni produksi telur konsumsi, daging puyuh, dan untuk pembibitan atau produksi telur tetas. Jika tujuannya jelas maka pilihlah yang terbaik.

3. Sediakan Pakan. Pakan menjadi salah satu faktor penting jika ingin sukses dalam beternak puyuh. Dengan pemberian pakan yang baik maka hasilnya akan maksimal. Pakan puyuh dapat berupa pelet, remahan maupun tepung. Mengingat puyuh adalah salah satu binatang yang suka usil dengan mematuk temannya maka sediakan pakan yang cukup biar dia mematuk pakan.

Bagi puyuh yang masih anak-anak maka berikan dua kali dalam sehari yakni pagi dan siang hari. Sementara untuk puyuh remaja dan dewasa cukup diberikan ransum satu kali saja. Sementara untuk pemberian asupan air kepada anak puyuh dalam masa pembibitan maka bisa dilakukan secara terus menerus.

4. Sediakan Vaksin. Vaksin ini diberikan kepada burung puyuh saat berumur 5 hari dengan ukuran setengah dari dosis ayam biasa. Obat ini bis adiberikan melalui diteteskan ke matanya atau lewat air minum.

Tips Ampuh Beternak Burung Puyuh

Ketika seluruh tahapan diatas diberikan, maka peternak sudah dapat memanen puyuh baik berupa telur maupun kotorannya. Sedangkan saat burung puyuh melewati masa produktif, dapat juga dijadikan puyuh pedaging yang bisa dijual ke restoran atau warung makan. Selamat mencoba.
Bagus gan info nya, semoga bermanfaat buat kita semua emoticon-Request
Quote:


Amiin. Tidak hanya lezat tapi bisa menghasilkan uang juga gan kalau mau usaha puyuh :d