alexa-tracking

CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acd7826dbd77066508b456a/cara-merawat-dan-membersihkan-rantai-sepeda
CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA
Untuk Anda yang hobi bersepeda, melakukan perawatan sepeda secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga sepeda Anda tetap memberikan performa yang prima sehingga kegiatan bersepeda jadi semakin nyaman. Bukan hanya mencuci sepeda secara rutin, beberapa komponen sepeda lainnya juga membutuhkan perawatan, lho. Misalnya rantai sepeda yang merupakan komponen utama dalam sistem penggerak sepeda.

tips perawatan sepeda lainya dapat Anda baca di infosepeda.net

Rantai yang tidak dirawat dengan baik dapat mengakibatkan rantai berkarat hingga mudah putus dan dapat membuat performa sepeda jadi menurun. Gak mau kan itu terjadi? Yuk, rawat rantai sepeda mulai dari sekarang! Simak caranya di sini :

SIAPKAN PERALATAN
Sebelum memulai membersihkan rantai sepeda, pastikan alat-alat di bawah ini sudah siap sedia, ya!

Sikat Cuci/ Sikat Gigi
Sabun
Cairan Degreaser , Salah satu merk pembersih yang sering digunakan diantaranya ‘Finish Line Ecotech’
Lap Kering
Ember
Pelumas Rantai
BERSIHKAN RANTAI DENGAN AIR
Tahap pertama yang harus dilakukan adalah selalu membersihkan rantai sepeda setelah melakukan perjalanan. Apalagi setelah melakukan perjalanan di area becek dan berlumpur. Anda bisa membersihkan debu, tanah dan kotoran yang menempel dengan menyemprotnya menggunakan selang air yang bertekanan rendah. Hindari selang air yang bertekanan tinggi karena dikhawatirkan dapat merusak komponen rantai sepeda lainnya.

CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA

GOSOK RANTAI DARI DEBU MEMBANDEL
cara merawat rantai sepeda
 

Bersihkan rantai dari debu yang membandel dengan menggunakan sabun kemudian disikat menggunakan sikat gigi atau sikat berbulu agak kaku. Anda juga bisa menggunakan Finish Line Ecotech untuk membantu melarutkan kotoran pada rantai. Hindari penggunaan sabun deterjen dengan berlebih ya, karena akan merusak rantai dan melarutkan minyak pelumas yang ada pada rantai.

BERSIHKAN KOMPONEN RANTAI LAINNYA
cara membersihkan rantai sepeda
 

Setelah rantai bersih dari kotoran, jangan lupa membersihkan bagian lainnya seperti pulley (gear yang menempel pada RD), sprocket dan gigi depan. Cara membersihkannya cukup disikat menggunakan sabun hingga bersih lalu dibilas dengan air.

KERINGKAN RANTAI
rantai sepeda
 

Langkah berikutnya adalah keringkan rantai dan komponen lainnya menggunakan lap kering dan diamkan beberapa saat sebelum diberikan pelumas.

OLESKAN PELUMAS RANTAI
membersihkan rantai sepeda
 

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan pelumas khusus untuk rantai sepeda. Pastikan rantai sepeda benar-benar kering sebelum Anda melumasinya.

Itu dia beberapa langkah untuk merawat dan membersihkan rantai sepeda kesayangan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!
gak ada mulustrasinya
tak punya sepeda
CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN RANTAI SEPEDA

aku nganggo gardan buoskuh udu rantai
emoticon-Traveller