alexa-tracking

Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acce98412e257b64c8b4568/pengertian-macam-macam-dan-fungsi-protokol-komputer
Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer
Wilujeng Sumping Di Thread Dede Endang


Quote:


Quote:


Pengertian Protokol


Protokol adalah sebuah kumpulan aturan atau format standar yang mengatur proses komunikasi dalam jaringan komputer, pengiriman dan penerimaan pesan, pembacaan pesan dan mengkoordinasikan semua komputer yang terhubung didalam jaringan. sehingga memudahkan dalam proses komunikasi, transfer data dan koneksi.


Protokol berada disemua layer pada pemodelan layer (OSI) di dalam jaringan komputer dan memiliki fungsi masing-masing. Antar protokol baik pada layer yang sama dan layer yang berbeda dapat saling berkomunikasi dan berkaitan satu sama lain didalam menjalankan tugasnya.


Protokol merupakan aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol bisa diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.


Fungsi Protokol


Fungsi protokol adalah sebagai penghubung dalam komunikasi data sehingga proses penukaran data bisa berjalan dengan baik dan benar.


Fungsi protokol adalah sebagai berikut :


Fragmentasi dan Re-assembly

Pembagian informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data dari sisi pengirim. Jika telah sampai di penerima, paket data tersebut akan digabungkan menjadi paket berita yang lengkap.


Enkapsulasi

Enkapsulasi (Encaptulation) adalah proses pengiriman data yang dilengkapi dengan alamat, kode-kode koreksi, dan lain-lain.


Kontrol Konektivitas

Membangun hubungan komunikasi berupa pengiriman data dan mengakhiri hubungan dari pengirim ke penerima.


Flow Control

Fungsi dari Flow Control adalah sebagai pengatur jalannya data dari pengirim ke penerima.


Error Control

Tugasnya adalah mengontrol terjadinya kesalahan sewaktu data dikirimkan.


Pelayanan Transmisi

Fungsinya adalah memberikan pelayanan komunikasi data yang berhubungan dengan prioritas dan keamanan data.


Macam Macam Protokol


TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)


Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer


Sebebarnya TCP dan IP merupakan dua hal yang berbeda. Namun karena fungsinya selalu bergandengan maka disambunglah menjadi TCP/IP.


TCP/IP merupakan standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidak hisa berdiri sendiri, dengan kata lain protokol in adalah hasil dari kumpulan protokol-protok lain (protocol suite).


Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini.


UDP ( User Datagram Protokol)


Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer


UDP, singkatan dari User Datagram Protocol, adalah salah satu protokol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.


Connectionless (tanpa koneksi): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan tanpa harus dilakukan proses negosiasi koneksi antara dua host yang hendak berukar informasi.


Unreliable (tidak andal): Pesan-pesan UDP akan dikirimkan sebagai datagram tanpa adanya nomor urut atau pesan acknowledgment. Protokol lapisan aplikasi yang berjalan di atas UDP harus melakukan pemulihan terhadap pesan-pesan yang hilang selama transmisi.


UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan-pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP.


Header UDP berisi field Source Process Identification dan Destination Process Identification.

UDP menyediakan penghitungan checksum berukuran 16-bit terhadap keseluruhan pesan UDP.


Domain Name System (DNS)


Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer


Domain Name System (DNS) adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).


DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, dimana DNS membantu memetakan host name sebuah komputer ke IP address. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:


Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP address sebuah komputer cukup host name (nama Komputer).

Konsisten, IP address sebuah komputer bisa berubah tapi host name tidak berubah.

Simple, user hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik di Internet maupun di Intranet.


Tambahan Dari Agan Yang Tamvan

Quote:




HTTP (Hypertext Transfer Protocol)


Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer


HTTP (Hypertext Transfer Protocol) suatu protokol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client. HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan juga web browser sebagai respon


atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini.


Contohnya bila kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser maka web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server kemudian akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.




HTTPS


Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer


Https adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris. Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.


Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.

Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’


SSH (Sucure Shell)




SSH adalah protocol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara dua komputer. SSH dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh mengirim file, membuat Tunnel yang terrenkripsi dan lain-lain. Protocol ini mempunyai kelebihan disbanding protocol yang sejenis seperti Telnet, FTP, Danrsh, karena SSH memiliki system Otentikasi,Otorisasi, dan ekripsinya sendiri. Dengan begitu keamanan sebuah sesi komunikasi melalui bantuan SSH ini menjadi lebih terjamin.


Telnet (Telecommunication network)


Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer


Adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan di koneksi Internet atau Local Area Network. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.


FTP ( File Transfer Protocol )


Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer


FTP ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.


FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai.


FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan User name dan paswordnya yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi.


Pengguana terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses ,men-dawnload ,dan meng- upload berkas- berkas yang ia kehenaki. Umumnya, para pengguna dapat memiliki akses penuh terdapat berapa direkotri , sehingga mereka dapat mengakses berkas , memuat direktori dan bahkan menghapus berkas.


Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login,yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous & password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.


Tujuan FTP server adalah sebagai beikut


Untuk men-sharing data.

Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.

Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi User.

Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.


SSL (Secure Socket Layer)


Pengertian, Macam-Macam, Dan Fungsi Protokol Komputer


SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol yang digunakan untuk enkripsi. SSL digunakan tidak hanya untuk  keamanan koneksi web, tetapi untuk berbagai aplikasi yang memerlukan enkripsi jaringan end-to-end ,Misalnya whattsap.


Secure Sockets Layer (SSL) merupakan sistem yang digunakan untuk mengenkripsi

pengiriman informasi pada internet, sehingga data dapat dikirim dengan aman. Protokol SSL mengatur keamanan dan integritas menggunakan enkripsi, autentikasi, dan kode autentikasi pesan. SSL protocol menyedian privasi komunikasi di internet. SSL tidak mendukung fileencryption, access-control, atau proteksi virus, jadi SSL tidak dapat membantu mengatur data sensitif setelah dan sebelum pengiriman yang aman.


Salah satu Protokol yang menggunakan SSL adalah HTTP yang berubah nama menjadi HTTPS.


Masih banyak fungsi-fungsi lain nya dari protokol komputer. maupun jenis nya. jika ada yang ngin menambahkan silahkan nanti ane tarik di thread.


boleh lah bagi-bagi


emoticon-Rate 5 Star sama emoticon-Toast




Mantab, mejeng di pekiwan dulu
Quote:


siap bro
Jejak ah.. Biar terkenal ID ini pas jadi HT.. emoticon-Ngakak (S)

Nitip Post tentang Virus yang bisa mengubah DNS: https://www.kaskus.co.id/show_post/5...60b8b456e/23/-
Quote:


haha terlalu berharap. susah jadi HT. kebanyakan forum sebelah
Mantaplah,jd agak ngerti masalah protokol.Bg ane yg belajar karna terpaksa "kerjaan".Yang bagian DNS ane baru tau klo bisa buat intranet.Gan tambahin contohnya dong.
jejak dulu di pageone sebelum HT emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Biar terkenal bareng.. emoticon-Wowcantik
Quote:
Quote:


DNS itu untuk merubah sebuah IP menjadi sebuah nama host gan agar lebih mudah di ingat.
contoh nya seperti ini.
103.6.117.3
itu merupakan alamat ip kaskus.
jika agan membuka ip itu di browser maka otomatis akan mengarah ke kaskus.
karena sulit untuk mengingat nomer-nomer ip tersebut dipetakan lah ip tersebut kedalam host name menjadi kaskus.co.id
semoga bisa menjawab pertanyaan agan.
Banyak ilmu baru dimari emoticon-Belo
Mau nimpuk endol lom mateng euuy emoticon-Belo
Quote:


kalau penggunaanya dalam LAN berarti misal, nama kompi "Admin" ip 192.168.1.1 ane tinggal tulis Admin ga usah 192.168.1.1?
Quote:


timpuk aja gan. ane ikhlas
Quote:


ya gan kaya gitu.
Quote:


thanks gan pencerahanya
Quote:


sama sama gan. jangan sungkan untuk bertanya.
mumpung ada threadnya nih, tanya soal DNS.

kemaren2 kan ada berita DNS yg klaimnya sih paling cepat dan aman.
tau kan beritanya? yg 1.1.1.1

nah yg jadi pertanyaan, gimana sih cara kerjanya DNS, kenapa bisa yang satu bisa lebih kenceng, yang satu nggak?
terus apa DNS bisa dipakai untuk memata-matai perilaku penggunanya?
Quote:


Mungkin jika ingin menjelaskan perlu panjang lebar. namun saya mencoba menjelaskan sesingkat mungkin dan semoga mudah d fahami.
1. kita ambil contoh kaskus.
ketika agan ingin mengunjungi kaskus komputer agan akan mengirimkan permintaan ke alamat IP mana akses kaskus.co.id akan ditujukan (query) menggunakan DNS yang ditetapkan oleh ISP.
Kemudian Jika server DNS yang disediakan oleh ISP tidak mengetahui alamat IP dari kaskus.co.id, maka server DNS tersebut akan melakukan query ke salah satu root DNS server. Saat ini terdapat 13 root DNS server yang ada di dunia.
Setelah itu DNS ISP akan menerima dan menyimpan informasi alamat IP yang didapatnya dari root DNS.
Selanjutnya, DNS ISP akan meneruskan informasi alamat IP ke komputer anda. Komputer (lewat browser) akan menghubungi / mengakses alamat IP yang diberikan oleh DNS dan meminta halaman web.
2.untuk pertanyaan nomer 2 saya belum tau alasan nya. Kenapa dns yang satu dan yang lain nya bisa berbeda kecepatan nya.
Namun jika agan nanya nya apaoah dns bisa mempengaruhi kecepatan internet jawaban nya iya. Semoga ada yang bisa jawab.
3. Dns bisa untuk memata-matai kebiasaan pengguna.

Semoga bisa menjawab.
Quote:


DNS itu kan proses merubah IP menjadi Hostname, jadi semakin besar suatu provider DNS maka semakin canggih pula server yg digunakan, sehingga mampu menangani jutaan atau miliraran proses inbound outbond sekaligus secara bersamaan

Bisa, makanya cari DNS provider yg sekiranya realible. ini ada contoh FAQ dari google soal informasi apa yg mereka keep & tidak pada log dns nya : Google DNS Public Privay

CMIIW


Edit : saya baru liat DNS 1111, dikeluarin APNIC ya ? no komen deh soal ini karna ga tau track record APNIC
Quote:


Quote:


1.1.1.1 tuh kepunyaan cloudfare. realible gak?

berarti DNS yang gak disetting ama kita, otomatis pake DNS bawaan ISP ya?
DNS bawaan ISP kemungkinan bisa jadi dipake bwt memata-matai penggunanya..

soalnya kalo DNS pihak ketiga misal OpenDNS/DNS google/DNS Cloudflare, pastinya punya ToS tersendiri soal privasi.