alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Sekilas Tentang Enhanced Geothermal System : Hot Dry Rock System
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5accb19c902cfef76c8b4567/sekilas-tentang-enhanced-geothermal-system--hot-dry-rock-system

Sekilas Tentang Enhanced Geothermal System : Hot Dry Rock System

Teknologi akan terus berkembang, selama manusia terus berusaha untuk mencari apa yang lebih baik dari yang sudah ada.
Geothermal, secara harfiah berarti panas yang berasal dari dalam bumi, dan panas tersebut dibawa ke permukaan oleh air, namun bagaimana jika tidak ada air didalam tanah yang menjadi potensi geothermal tersebut ? ada panas namun tidak ada air ? bagaimana panas tersebut dapat sampai ke permukaan ? konduksi ? itu berlaku jika kedalamannya cuma sepanjang jalan kenangan, sorry maksud saya jika kedalamannya rendah, faktanya sumber panas tersebut berada jauh ratusan hingga ribuan meter dibawah kaki kita.
 
Hot Dry Rock System
Sumber panas dari sistem ini berasal dari batuan yang memiliki energi panas yang tinggi, salah satu batuan yang kita bicarakan adalah Batu Granit :
Sekilas Tentang Enhanced Geothermal System : Hot Dry Rock System
Pengertian batu granit adalah salah satu dari jenis batuan beku dalam. Batu granit terbentuk melalui pendinginan magma yang terjadi dalam bumi. Batu granit memiliki sifat yang asam. Selain itu batu granit memiliki tekstur yang kasar.
Batu granit rata- rata berwarna terang seperti abu- abu, coklat, atau kemerahan. Batu granit adalah batu yang rata- rata berbentuk besar. Selain  besar, batu granit memiliki tekstur yang kuat, bahkan dikatakan batu granit memiliki kekuatan sama atau melebihi kekuatan baja. Karena batu granit adalah salah satu batu yang kuat, maka kepadatan batu granit tergolong besar.
Kepadatan batu granit adalah 2.75 gr/ cm3, dengan jangkauan 1,74 dan 2,80. Batu granit adalah salah satu batu yang mudah dan umum di jumpai. Batu granit dapat dijumpai disekitar gunung api. Batu granit memiliki ciri- ciri antara lain terbentuk melalui mineral kuarsa dan filedspar. Kedua meniral ini membentuk granit menjadi besar, karena mineral yang membentuk granit adalah mineral dengan ukuran yang besar.
Selain itu, batu granit termasuk dalam batuan beku dalam atau batuan plutonik. Batu granit yang meleleh akibat panas dari magma berubah menjadi batu riolit. Batu riolit memiliki tekstur hampir sama dengan granit. Yang membedakan adalah riolit memiliki tekstur lebih halus, terang, dan terbentuk di permukaan bumi, sehingga termasuk batuan beku luar atau batu vulkanik.
yap, reservoir adalah sebuah wadah, dalam hal ini wadah untuk air, namun dalam sistem ini kita tidak punya reservoir, yang artinya tidak ada air juga, untuk itu kita harus menghadirkan air yang akan dipanaskan oleh si sumber panas ini, dengan cara menginjeksikan air kedalam sumber panas untuk dipanaskan dan kita pompa kembali ke permukaan (di permukaan, air yang telah kita injeksikan sudah menjelma menjadi air panas dan uap panas), cerita selanjutnya uap akan dialirkan untuk memutar turbin, membangkitkan listrik, dan menonton acara alay di tv.
catatan : jika tidak ada uap panas yang muncul di permukaan, itu artinya kita harus menggunakan Binary System :
Sekilas Tentang Enhanced Geothermal System : Hot Dry Rock System
penjelasan tentang Heat Exchanger dapat dilihat disini : Nature Meet Technology – Geothermal Direct Use
 
"Ilmu akan lebih indah jika kita mengamalkannya, bukan hanya soal banyak atau sedikitnya ilmu yang kita punya, manfaat akan selalu ada"

-Someone in Nowhere




Sumur :
dokumentasi pribadi
www.thinkgeoenergy.com
wikipedia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di