Definisi Teks Iklan
Teks iklan adalah sebuah Media Promosi efektif yang dipakai untuk mempromosikan atau memasarkan produk kepada konsumen. Daya jangkaunya yang masif dan luas memungkinkan produk yang diiklankan tersebut menyentuh target pasar yang diincar.
Seperti yang disebutkan, iklan memungkinkan produk—baik barang atau jasa—dikenali konsumen sehingga mereka mau membeli atau mengonsumsinya.
Kini, persaingan di dunia periklanan pun semakin ketat dengan kian bertambahnya media dalam beragam format. Dari radio, televisi, media cetak, hingga Konten Online.
Hal ini yang mendorong kreator iklan untuk terus berinovasi dalam menciptakan karyanya agar tak hanya membantu klien, tapi juga menunjukkan mutu iklan yang berkelas dan berbobot.
Quote:
Fungsi Teks Iklan
Secara garis besar, teks iklan memuat pesan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Akan tetapi, ada satu perbedaan yang membuat teks iklan berbeda dengan pengumuman biasa,
Yakni sifatnya yang lebih persuasif agar target pasar mau membeli atau memakai produk yang dipromosikan. Selain itu, teks iklan juga mempunyai sejumlah fungsi seperti:
1. Media Informasi untuk menyampaikan informasi sebuah produk, ciri-ciri, dsb;
2. Media Persuasi untuk mengarahkan atau membujuk calon konsumen untuk membeli.
3. Media pengingat/reminder untuk mengingatkan para konsumen perihal produk tertentu agar mereka berlangganan atau terus memakainya.
Quote:
Struktur dalam Teks Iklan
Bila ingin membuat Iklan yang baik, Teks iklan tidak bisa dibuat sembarangan. Ada struktur yang harus Anda patuhi. Struktur ini pun akan membantu Anda dalam menyusun konten iklan tersebut, antara lain:
1. Judul
Ditempatkan di bagian teratas teks iklan. Namun, tidak semua iklan menggunakan judul dalam konten. Sebagian iklan malah hanya mencantumkan nama produk di bagian teratas;
2. Nama produk.
Bagian ini mencantumkan nama produk yang akan dipromosikan;
3. Deskripsi produk.
Di bagian ini, Anda harus mendeskripsikan produk yang akan dijual serinci dan sepadat mungkin. Deskripsi biasanya meliputi spesifikasi, cara memperoleh produk, alamat, dan kontak (nomor telepon atau surel) yang dapat dihubungi.
Quote:
Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
Selanjutnya, kaidah kebahasaan dalam teks iklan pun harus Anda perhatikan. Pasalnya, bahasa yang digunakan dalam teks iklan berbeda dengan jenis tulisan lainnya. Berikut ini ada sejumlah ciri bahasa dalam teks iklan yang dapat Anda terapkan.
1. Memakai Slogan
Anda yang sudah mengamati iklan dalam waktu lama pasti akan selalu menjumpai slogan di dalamnya. Kata-kata atau kalimat dalam slogan perlu dibuat menarik, mencolok, dan mampu menyedot perhatian dari calon konsumen. Slogan yang terdiri dari empat hingga lima kata yang harus mampu menyampaikan pesan dari produk yang dipromosikan.
2. Bersifat Persuasif
Seperti yang telah disinggung, kalimat-kalimat dengan unsur membujuk perlu diaplikasikan dalam teks iklan. Tujuan pemakaian kalimat bersifat persuasif adalah untuk mengajak target pasar menyimak hingga meminta mereka untuk memakai produk yang dipromosikan tanpa unsur memaksa.
Ada banyak contoh kalimat persuasif yang bisa Anda pelajari, salah satunya murah, cepat, dan andal.
3. Memakai POV I
Pemakaian point of view atau sudut pandang juga akan mempengaruhi konten iklan. Sebaiknya Anda menggunakan sudut pandang orang kesatu dengan subjek aku, saya, atau kami yang biasanya dipakai sebagai pengganti pihak pemasang iklan.
Pemakaian sudut pandang orang kesatu dianggap dapat mendekatkan produsen dengan calon konsumen.
Quote:
Contoh Iklan Produk Minuman
Contoh Iklan Layanan Masyarakat
Video Lengkapnya seperti ini