alexa-tracking

Surat Cinta Untuk Presiden

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb48efa09a39ec258b4567/surat-cinta-untuk-presiden
Surat Cinta Untuk Presiden
Surat Cinta Untuk Presiden

Ini tentang aku dan wargaku yang kesehariannya bergelut dengan kebun dan sawah. Harga singkong alias ubi kayu di berbagai daerah di Indonesia terjun bebas. Penurunannya bahkan sangat drastis. Ironis memang, di saat singkong sedang melimpah dan hasil panenan cukup baik karena tidak terjadi kemarau, tapi lagi-lagi petani dibuat kecewa.

"Paceklik Mas. Emboh iki arep tak panen opo gak ini singkongku, regone ora nggadek," kata petani singkong di desaku berbahasa Jawa. Maklum, dia sehari-harinya selalu berada di ladang, tidak pernah ke kota, jadi tidak bisa bahasa Indonesa secara lancar.

Wajar, saat ini harga singkong sangat murah. "Kemarin tidak saya panen dengan harapan sebelum puasa naik ke posisi atas harganya. Tapi harganya masih saja gak bersahabat," kata tetanggaku lainnya yang pandai berbahasa Indonesia.

Padahal, kata dia, singkongnya saat ini sudah berusia sekitar 11 bulan. Jika tidak segera dipanen, singkongnya akan membusuk. Namun, apalah daya, dia mau memanen singkong, tapi jelas tidak nyucuk, tidak sesuai dengan pengeluaran, mulai dari membeli bibit, pupuk, perawatan dan lainnya.

"Penak jaman mbiyen, singkong larang, karet larang, saiki opo-opo ra gadek. Daging larang, opo-opo larang tapi wayah arep jual singkong karo karet malah regone gak ono. (Enak zaman dulu, singkong mahal, karet mahal, sekarang tidak karuan. Daging mahal, apa-apa mahal. Tapi giliran mau jual singkong dan karet malah enggak ada harganya)," kata dia sambil mencabut batang singkong dengan lemas, tak bersemangat.

Surat Cinta Untuk Presiden

Dia kemudian mengutip salah satu pidato Jokowi usai terpilih menjadi presiden. "Mulai sekarang petani kembali ke sawah (ladang), nelayan kembali ke laut, anak-anak kita kembali sekolah, pedagang kembali ke pasar, buruh dan pekerja kembali ke pabrik dan karyawan ke kantor. Lupakanlah nomor satu, lupakanlah nomor dua, kembalilah pada Indonesia yang satu, Indonesia raya. Saya sudah di ladang Pak, tapi ini hasilnya," ujar petani itu.
Kasihan memang petani, karena anjloknya harga singkong ini disebabkan pemerintah Indonesia melakukan impor tapioka dari Vietnam. "Oalah, singkong nang kene akeh kok malah impor to Pak Jokowi. Mbok mikerke nasib petanimu ini. Apa-apa impor!," kata dia lagi sambil membanting singkong yang dicabutnya.

Tidak usah dibalas Pak. Cukup dengan naikkan harga singkong atau karet saja sudah cukup. Apalagi jika harga BBM dan listrik turun.

Quote:


Surat Cinta Untuk Presiden

mugo2 diwoco pak presiden yo
Surat Cinta Untuk Presiden
Quote:


emoticon-Wowcantik
pak presiden monggo dilihat nih
Quote:


emoticon-Entahlah emoticon-Betty emoticon-Najis emoticon-DP
Quote:



emoticon-raining
Quote:



Plise pak
Quote:


semoga bapakke mampir ya gan
mdh2an aje di baca bree emoticon-Big Grin
Quote:



Amiin. Semoga mendengar keluh kesah wong cilik