alexa-tracking

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Software Sekolah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acb2687162ec2b6718b4569/5-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-beli-software-sekolah
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Software Sekolah
Berkat kemajuan teknologi, saat ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara praktis. Contohnya, sistem managemen sekolah bisa dilakukan dengan bantuan perangkat lunak. Yup, software sekolah memang bukan hal baru di industri ini karena banyak institusi yang udah mengaplikasikannya. Hasilnya, semua hal yang berhubungan dengan administrasi sekolah mulai dari pendaftaran, pembayaran sekolah, pengaturan kepegawaian, pengaturan rapat dengan orang tua sampai pengaturan bis sekolah. Praktis kan, gan!

[img]<a >

Udah banyak vendor yang menawarkan software sekolah. Harga dan fiturnya pun bervariasi. Nah, sebelum agan atau sista mau memutuskan untuk beli software, coba perhatikan lima hal ini dulu:

Pilih Sistem yang Bisa di-customized sama Kebutuhan Sekolah

Tiap sekolah punya cara masing-masing untuk mengatur managemennya. Jadi, pastikan vendor yang di pilih bisa bantu buat bikin software sekolah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, kalau sekolah tersebut gak punya bis sekolah, maka sistem tersebut enggak perlu dimasukkan. Atau sebaliknya, kita bisa minta vendor untuk mengembangkan sistem bis sekolah supaya sistem managemennya dapat dimaksimalkan.

Bandingin Harga dan Layanannya

Sebelum memilih software sekolah, bandingkan dulu beberapa vendor yang ingin digunakan. Selain memabndingkan harga, coba juga bandingin pelayanan dan fiturnya. Misalnya, sebagian besar vendor menawarkan license yang terbatas. Artinya, setiap kali software di-install di perangkat yang baru, maka aka nada biaya tambahan. Tapi, agan juga bisa nemuin vendor yang menawarkan unlimited license buat penggunanya.

Pada Software sekolah, ada beberapa fitur dasar yang dimiliki setiap vendor yang memiliki fungsi yang sama. Yang perlu diperhatikan, apakah setiap kali fitur diperbarui akan ada biaya tambahan atau gratis.

Pertimbangkan Buat Milih Sistem Sekolah Multi-Platform

Karena salah satu tujuan sistem ERP Sekolah adalah mempermudah penggunanya untuk mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan admisitrasi sekolah, maka gak ada salahnya untuk memilih vendor yang menawarkan software sekolah yang praktis misalnya software yang multi-platform. Banyak vendor yang menawarkan software sistem sekolah yang mobile friendly sehingga penggunanya gak perlu repot-repot mengakes informasi lewat komputer.

Jangan Malas Baca Review dan Minta Studi Kasus

Saat membeli software sekolah, coba perhatikan juga review dan studi kasusnya. Jangan terjebak dengan tampilan website-nya yang ciamik atau karena mbak salesnya yang aduhai! Agan berhak loh buat mengajukan diskusi studi kasus dan menyanyakan sejelas-jelasnya bagaimana software sekolah itu bisa berjalan. Dengan begitu, pengguna juga bisa menilai apakah vendor tersebut kompeten atau enggak. Betul, gak?

Minta Demo

Biasanya setiap vendor akan memberikan demo pada calon penggunanya. Coba perhatikan apakah software yang dimiliki vendor tersebut sesuai dengan kebutuhan, simple dan mudah digunakan, atau malah terkesan sulit dioperasikan. Ada beberapa vendor yang memberikan demo gratis, tapi ada juga beberapa vendor yang menyediakan demo berbayar.
Nah, itu dia hal-hal yang perlu agan perhatikan sebelum membeli software sekolah. Semoga bermanfaat!