alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Inilah PENYEBAB Kenapa LUAR ANGKASA Itu GELAP !!!
3.88 stars - based on 16 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5acaf10b5a5163e03a8b4568/inilah-penyebab-kenapa-luar-angkasa-itu-gelap

Inilah PENYEBAB Kenapa LUAR ANGKASA Itu GELAP !!!

emoticon-Ngacir2 SELAMAT DATANG KEMBALIemoticon-Ngacir2


DI THREAD

UKUR DAN UJI

Mengukur dan Menguji

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepiemoticon-Nyepi

emoticon-cystgKarena Dengan Ilmu Pegetahuan Kita Lebih Pintar emoticon-cystg


Inilah PENYEBAB Kenapa LUAR ANGKASA Itu GELAP !!!



Semua pasti tahu bahwa alam semesta itu sangatlah BESAR, dan memiliki milyaran bahkan triliunan bintang di semesta sana. Tapi apakah kalian sadar ? bahwa banyak sekali BINTANG yang ukurannya lebih besar dari MATAHARI, tapi kok luar angkasa itu HITAM dan tetap GELAP ? emoticon-Mewek


Quote:



Terdengar SIMPLE tetapi memliki alasan yang dapat dijelaskan cukup rumit, kehitaman ruang angkasa melibatkan teka-teki yang rumit, yang telah diperdebatkan oleh para ilmuan selama beratus-ratus tahun. Mengapa tidak semua bintang di alam semesta kita bersama-sama menghasilkan cahaya yang menyilaukan? Mengapa langit tetap gelap pada malam hari?


Spoiler for "Infografik yang Ane Bikin Sendiri":



Inilah PENYEBAB Kenapa LUAR ANGKASA Itu GELAP !!!


Thomas Diggers, seorang astronom memikirkan pertanyaan-pertanyaan ini pada tahun 1500-an. Diggers percaya bahwa alam semesta ini tidak terbatas, bahwa ruang angkasa tak berujung itu, dan terdapat jumlah bintang yang tak terbatas.

Jika ruang angkasa dipenuhi dengan begitu banyak bintang, pikirnya, seharusnya ada bintang ke mana pun kita menoleh. Dipenuhi dengan matahari-matahari yang jauh, langit malam seharusnya membutakan kita dengan cahaya yang menyilaukan. Tetapi kenyataannya tidak, dan Diggers tidak pernah memecahkan teka-teki itu.



Inilah PENYEBAB Kenapa LUAR ANGKASA Itu GELAP !!!


Wilhelm Olbers, seorang astronom abad 19, juga memikirkan masalah itu selama bertahun-tahun, dan pertanyaan mengapa langit malam gelap kemudian dikenal sebagai Paradoks Olbers.

Olbers mengusulkan beberapa pemecahan, tetapi memutuskan bahwa jawabannya adalah debu. Mungkin kita tidak dapat melihat cahaya dari bintang-bintang yang sangat jauh, katanya, karena debu, di angkasa menyerapnya. Itu akan berarti bahwa jumlah bintang tidak terbatas ada, hanya saja tertutup oleh debu.


Tetapi setelah kematian Olbers, para ilmuan menghitung bahwa sinar-sinar bintang dari semua matahari itu seharusnya cukup untuk memanaskan setiap debu, sehingga juga berpijar. Jadi langit malam seharusnya diterangi oleh debu bersinar. Dan persoalan kembali ke awal, Paradoks.

Jadi para ilmuan mencoba teori-teori lain. Cahaya yang jauh lebih redup dari pada cahaya yang dekat, kata mereka. Jadi, bintang-bintang yang sangat jauh memang tidak bisa terlihat. Namun , jika jumlah bintang tidak terbatas, cahaya akan dijumlahkan, dan langit tetap saja seharusnya terang.




Spoiler for "Galaksi Bima Sakti":




Inilah PENYEBAB Kenapa LUAR ANGKASA Itu GELAP !!!


Astronom Edward Harisson dari universitas Massachusets di Amherst, AS, Menulis buku berjudul Kegelapan di Malam Hari : Teka-teki Alam Semesta. Ia berkata bahwa memang tidak cukup banyak bintang untuk menutupi angkasa dengan cahaya. Langit malam tampak tidak terang, karena bintang-bintang dan alam semesta tidak membentang tanpa akhir.

Dengan teleskop paling juat, kini kita hampeir bisa melihat di mana bintang-bintang “berakhir.” Cahaya dapat membutuhkan waktu jutaan tahun untuk menempuh perjalanan ke tempat kita dari bintang-bintang yang jauh. Jadi, ketika kita melihat angkasa, kita melihat ke waktu lampau. Teleskop terbaik memungkinkan kita melihat cahaya yang memulai perjalanannya ke arah kita sekitar 10 milyar tahun yang lalu.


Alam semesta baru berumur 15 milyar tahun. Semakin baik teleskop kita nantinya, semakin jauh ke masa lalu kita dapat melihat. Edgar Allen Poe, yang menulis puisi-puisi dan kisah-kisah yang mendirikan bulu roma seperti The Raven (Burung Gagak) dan The Telltale Heart (Hati Yang Membuka Rahasia), terusik oleh ide-ide itu. Tahun 1848, Poe menerbitkan Eureka (sebuah puisi Prosa) : A prose Poem. Di kegelapan angkasa, tulisnya, kita melihat kehampaan yang ada sebelum kelahiran bintang-bintang.

Menurut Harrison, puisi Poe pada dasarnya benar. “Melalui ruang-ruang kosong di antara bintang-bintang,” tulisnya, “kita melihat kembali ke awal mula alam semesta.



Spoiler for "Tambahan Pengetahuan Umum":





Sekian dari ane semoga trit ini bermanfaat buat agan sis semuanya, sampe ketemu lagi di pengetahuan lainnya tentunya di trit ukurdanuji


See U GAN emoticon-Salam Kenal

Inilah PENYEBAB Kenapa LUAR ANGKASA Itu GELAP !!!

HEROES UKUR UJI


Orang Baik Memberikan emoticon-Cendol Gan

Orang Baik Memberikan emoticon-Rate 5 Star

Orang Baik Gak Akan Ngasih emoticon-Lempar Bata

Spoiler for "Sumur Bor":


Spoiler for "Mampir Ke kOleksi Infografik Bermanfaat yang Ane Bikin GAN !!!":


Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
sebenernya gampang aja,,karena memang judulnya ruang hampa udara,gak ada fungsi kehidupan yang butuh disinari cahaya

bumi sebagai pusat kehidupan semakin relevan dengan semakin majunya teknologi
Diubah oleh ivan.as.ira
sebenarnya luar angkasa ngga gelap gan,, cuma agan saja yang salah mengamatinya. agan hanya mengamati cahaya tampak.

kalau yang agan maksud "cerah" itu cahaya tampak, tentu saja alam semesta ini gelap. Tapi coba saja agan perhatikan angkasa dengan teleskop sinar x, mikrowave atau sinar gamma, pasti jauh lebih cerah. untuk info saja gan, cahaya tampak itu hanya bagian yang sangat kecil dari rentang frekuensi gelombang elektromagnetik.

Spoiler for rentang frekuensi gelombang elektromagnetik:


selain itu, cahaya bintang yang dapat kita amati hanya yang berada di area tertentu saja gan (13 milyar tahun cahaya), hal ini disebabkan karena kecepatan cahaya terbatas, umur alam semesta yang juga masih sekitar 15 milyar tahun, dan alam semesta yang terus mengembang.
kalo siang terang gan
Kan emang gelap..

Makanya jangan main gelap-gelapan ya gan...

emoticon-Leh Uga
blacked
wah keren baru tau ane
mejeng dulu di luar angkasa emoticon-Hot News
ntu gegara galaksi luas bray,
ibarat kunang2 dimalem hari bray,
bagen kunang2 bersinar tapi tetep gelap karna saking luasnya area sawah bray
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Waktu SD tanya ginian ma guru, dijawab nya diplomatis :

"....belajar yg rajin suatu saat nanti pasti tahu jawabannya...."

emoticon-Cool
karena cahaya tidak dapat menerangi seluruhnya
Gelar tiker dulu
bercinta di luar angkasa emoticon-Cipok
yg gelap2 itu asik gan emoticon-Wakaka

Jadi begitu ya gan emoticon-cystg
gelap tak ada cahaya emoticon-Hansip
mantap
3 ilmuan arab itu kerjanya apa tuh gan?
Diubah oleh bingbongbing
Kenapa hayoooo????
Numpang mejeng ahh di pejwan emoticon-Nyepi emoticon-Imlek
hmmmm...gimana dengn kondisi matahari...cahaya aja tembus ke planet".. tpi antariksa keliatan hitam...masa debu.
jdi bingung
Diubah oleh Rendz92
ya ya padahal disana ada matahari lebih dekat

emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
SUNNY....SUNNY...


APA KABAR KAH KAMU BAIK BAIK SAJA....

SUNNY.....SUNNY....
emoticon-Kaskus Radio
Diubah oleh o.best
dunia kegelapan.... emoticon-Takut
Diubah oleh god.dexvils
Halaman 1 dari 10


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di