alexa-tracking

Fakta Kesehatan di Balik Sunah Nabi Membunuh Cicak

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac85727d89b09235e8b4567/fakta-kesehatan-di-balik-sunah-nabi-membunuh-cicak
Fakta Kesehatan di Balik Sunah Nabi Membunuh Cicak
Fakta Kesehatan di Balik Sunah Nabi Membunuh Cicak


TRIBUNJABAR.ID - Seberapa sering Anda melihat cicak yang menempel di dinding rumah Anda atau di tempat lainnya?

Cicak merupakan hewan reptil dari suku Gekkonidaedi, hewan ini bisa merayap di permukaan vertikal karena memiliki bulu-bulu halus yang terdapat di kakinya.

Bulu-bulu halus tersebut berfungsi sebagai lem yang mampu berjalan menahan tekanan gravitasi yang membuat cicak tidak terjatuh.

Walau rupanya menggemaskan dan terkadang anak kecil suka menangkapnya, ternyata ada bahaya yang mengintai di balik hewan berkaki empat ini.

Baca: Bocah yang Diparang Ibunya Ini Terus Nyanyikan Lagu Cicak di Dinding

Tak jarang kita sering menemukan cicak membuang kotoran dari langit-langit rumah yang bisa saja terjatuh ke lantai, makanan bahkan badan kita sendiri.

Pasalnya, dalam kotoran cicak terkandung bakteri Salmonella yang bila masuk ke tubuh manusia, bisa menyebabkan demam, diare dan kejang pada bagian perut.

Dilansir dari halosehat.com, beragam jenis bakteri juga menempel pada tubuh hewan ini. Seperti bakteri Eschericia Colo atau E Coli yang bisa menimbulkan rasa sakit pada perut.

Terkontaminasinya hewan ini dengan bakteri, karena perilaku hidupnya yang biasa tinggal di tempat-tempat yang gelap dan lembap.

Bagaimana Cara Menangkalnya?

Banyak cara untuk menangkal kemungkinan penyakit yang mungkin disebabkan karena cicak dan kotorannya.

Mulai dari menjaga kebersihan tempat tinggal, menutup rapat tempat makanan, waspada jika ada cicak beraa di atas kita karena khawatir kotorannya terjatuh, dan terakhir dengan cara membunuhnya.

Sunah Nabi

Di dalam ajaran agama Islam, membunuh cicak merupakan suatu sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dari hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: "Barang siapa membunuh cicak dalam sekali pukul, maka ditulis untuknya seratus kebaikan, dan dalam dua kali pukulan kurang dari itu (seratus kebaikan), dan dalam tiga kali pukulan, kurang dari itu." (HR. Muslim)

Hadits di atas adalah dalil dibolehkannya kita untuk membunuh cicak, dengan membunuhnya kita mendapatkan pahala seratus kebaikan. Bahkan tujuh kesalahan kita akan terhapuskan.

Cicak adalah binatang yang jahat. Nabi bersabda: "Sesungguhnya Nabi Shallallahu Alaihi Wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak, dan Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam menamainya dengan nama Fawaisiqo (Binatang jahat)" (HR. Muslim)

Cara membunuh cicak sebisa mungkin sekali bunuh, agar ditulis seratus kebaikan. Imam An-Nawawi dalam kitab Syarah muslim mengatakan: "Para Ulama sepakat bahwa bahwa cicak adalah hewan kecil yang mengganggu."

Dilansir dari eramuslim.com, Ustaz Sigit Pranowo Lc mengartikan hadits tersebut merupakan suatu amalan sunah, artinya tidak diwajibkan untuk membunuh cicak, namun mendapatkan kebaikan jika dilakukan.

Dalam tulisannya, Ustaz Sigit menulis

"Imam Suyuthi menyebutkan didalam “al Asbah an Nazhoir” bahwa binatang-binatang itu terbagi menjadi empat macam :

1. Binatang yang di dalamnya terdapat manfaat dan tidak berbahaya maka ia tidak boleh dibunuh.

2. Binatang yang mengandung bahaya di dalamnya dan tidak bermanfaat maka dianjurkan untuk dibunuh seperti : ular dan binatang-binatang yang berbahaya.

3. Binatang yang mengandung manfaat di dalamnya dari satu sisi namun berbahaya dari sisi lainnya, seperti : burung elang maka tidak dianjurkan dan tidak pula dimakruhkan untuk membunuhnya.

4. Binatang yang tidak mengandung manfaat di dalamnya dan tidak pula berbahaya, seperti : ulat, serangga sejenis kumbang maka tidaklah diharamkan dan tidak pula dianjurkan untuk membunuhnya. (Al Asbah an Nazoir juz II hal 336)"

Jadi apabila memang cicak yang ada di sekitar kita itu membahayakan manusia atau meracuni makanan maka dibolehkan bagi kita untuk membunuh cicak tersebut.

Subhanallah
cicak pakan lohan





wih elang medan ga boleh dibunuh
harus sekali bantingan? emoticon-Bingung
bukan ciptaan Allah SWT juga etuh hewan?
aneh anjurannya emoticon-Wakaka
kata nya ugamah damei, ugamah rahmatan alam semesta, tapi cicak babi anjing wajib di musuhin dan di bunuh emoticon-Ngakak emoticon-DP
cicak cicak di dinding
diam diam merayap
datang seekor nyamuk
HAP
lalu ditangkap

emoticon-Kaskus Radio
emoticon-Ngakak
kalo gitu kenapa masi diciptakan

kasian juga kek babi, babi malah jadi vaksin berhaji emoticon-Thinking
ayam beol sembarangan koq ngga di bunuh?
Ane juga kurang suka cicak.
Quote:


sekali gepuk gan, pake boots kontraktor emoticon-Ngakak

kenapa nabi melabeli cicak sbg binatang jahat ya, apa jahatnya dizaman nabi masih relevan sama zaman now ? emoticon-Bingung (S)

Ane juga males sih kalo udah ada hewan 1 ini apalagi kalo pas ane lagi makan bikin hilang nafsu makan trus mual emoticon-Najis
Quote:


busyeet emoticon-Ngakak

kok dihitung bre sekali atau 2 kalinya? emoticon-Bingung








emoticon-Leh Uga
musang saiya demen ni maem cicak
subannalloh emoticon-Matabelo
Quote:


LEH UGA emoticon-Ngakak
tmpat coli nastak
masa sih ? dhoif kali tuh ? masa bunuh binatang dapet pahala , ada ada aja ga mungkin banget rasanya
katanya klo diruangan sepi trs tiba2 ada suara cicak, itu artinya ada kuntilanak ya ?? 🤔
Quote:


Serem ey emoticon-Takut (S)
weleh serem sekali, nggak suka dibunuh, untung cuman sekelompok hewan gimana klo sekelompok manusia ............................................................................................................................................ oh wait