alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Kenalilah beberapa keunikan tubuh anda!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ac7ae58de2cf24c658b4567/kenalilah-beberapa-keunikan-tubuh-anda

Kenalilah beberapa keunikan tubuh anda!

Kenalilah beberapa keunikan tubuh anda!
Banyak orang yang merasa sudah mengenal dirinya sendiri sepenuhnya, padahal apa yang sesungguhnya diketahui itu hanyalah bagian yang paling kecil dari apa yang dimilikinya. Dunia ilmu telah menyingkap banyak hal tentang rahasia tubuh manusia, terutama mengenai yang sama sekali belum pernah diketahui sebelumnya. Ada beberapa informasi yang perlu kita ketahui tentang tubuh manusia. Simaklah beberapa poin berikut ini:

Seseorang berukuran normal melepaskan sekitar 600.000 partikel kulit setiap hari jamnya, yang bila dijumlah dalam setahunnya menjadi 700 gram. Pada usia 70 tahun, ia akan kehilangan 50kg kulit atau sekitar 2/3 berat tubuhnya.

Orang kehilangan 45 helai rambutnya setiap hari, atau bahkan untuk beberapa orang 60 helai setiap harinya. Tetapi karena rata-rata kulit kepala mengandung 125.000 rambut, maka kehilangan itu tidak ada artinya. Sepanjang hidupnya seseorang bisa kehilangan lebih dari 1,5 juta rambut, walaupun kemudian tumbuh lagi.

Sel darah merah yang masa hidupnya sekitar empat bulan, menempuh perjalanan sejauh sekitar 1.600 km.

Otak manusia, dengan 10 milyar sel sarafnya yang tersimpan lebih rapat dibandingkan jaringan lain dalam tubuh, punya kemampuan merekam lebih dari 86 juta bit informasi (sekitar 11 juta huruf) setiap harinya. Memori selama hidup diperkirakan bisa menampung 100 trilyun bit informasi (12,5 trilyun huruf).

Bila metabolism otak diubah menjadi energy, maka energy itu setara dengan yang dikeluarkan bola lampu 20 watt.

Tenggorokan adalah salah satu jalan yang paling sibuk dalam tubuh manusia. Melalui mulut, lalu turun ke tenggorokan, orang bisa menghabiskan sekitar 40 ton makanan selama hidup dan menghirup sekitar 500.000 meter kubik udara.

Kalah anda bersin dengan kuat, maka partikel yang terlontar memiliki kecepatan 165 km per jam.

Rangkaian saraf otak, yang kini baru sebagian dipetakan oleh ahli saraf, 1.400 kali lebih kompleks dibandingkan jaringan telepon dunia dewasa ini.

Setelah satu menit terjadi kegelapan, sensitivitas mata terhadap cahaya meningkat hingga 10 kali. Setalh 20 menit ia meningkat hingga 6.000 kali dan ia mencapai batas sensitivitas terhadap cahaya sekitar 25.000 kali dari sebelum ada kegelapan setelah 40 menit.

Pada saat ini juga, di otak manusia setiap detiknya berlangsung sekitar 100.000 reaksi kimia yang berlainan.

Bila semua orang di dunia ini, sekitar 5 milyar orang berbicara serentak, maka energy akustik total akan menyamai energy yang dihasilkan oleh satu pembangkit tenaga kecil.

Dari semua data sensori yang secara tetap diterima kelima panca indra, hanya satu persen informasi saja yang diolah oleh otak. Lainnya yang 99 persen dianggap tidak relevan oleh otak.

Setiap inci persegi tubuh manusia dihuni rata-rata 32 juta bakteri, hingga untuk seluruh tubuh total ada sekitar 100 milyar bakteri, atau 22 kali jumlah penduduk dunia.

Bidang sensori yang memungkinkan kita mencium, luasnya hanya sekitar 4,7 cm persegi, pada anjing pemburu sedikitnya 62,5 cm persegi dan hiu 150 cm persegi. Sementara itu kelinci punya reseptor bau seluas permukaan kulit di seluruh tubuhnya.

Diperlukan tempo seperlima ratus detik bagi otak untuk mengenali suatu benda setelah cahaya dari benda itu masuk ke mata untuk pertama kalinya.

Jantung setiap harinya menghabiskan energy yang besarnya cukup untuk mengangkat benda seberat hampir 1 ton ke ketinggian 13 m. Pada umur 50, jantung seseorang telah melakukan kerja yang setara dengan mengangkat benda seberat 18.000 ton ke ketinggian 230 km. Berat itu sendiri beberapa kali lebih berat disbanding muatan terberat yang pernah ditempatkan di orbit bumi.

Mata manusia tergolong sangat peka, karena pada suatu kondisi ideal ia bisa mendeteksi dari sebuah puncak gunung dimalam hari nyala sebatang korek api pada jarak 80 km.

Impuls saraf paling cepat dari saraf ke saraf di otak berkecepatan 400 km per jam.
Urutan Terlama
nyimak gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di