- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal Mesin Yuk!!


TS
slametfirmansy4
Mengenal Mesin Yuk!!
Welcome to my thread




Kali ini saya selaku TS akan membahas mesin, dan langsung saja!!
Quote:
Mesin(bahasa Inggris:machine) adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau alat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Biasanya membutuhkan sebuah masukan sebagai pemicu, mengirim energi yang telah diubah menjadi sebuah keluaran, yang melakukan tugas yang telah disetel. Mesin dalam bahasa Indonesia sering pula disebut dengan sebutan pesawat, contoh pesawat telepon untuk tejemahan bahasa Inggris telephone machine.
Namun belakangan kata pesawat cenderung mengarah kekapal terbang.Mesin telah mengembangkan kemampuan manusia sejak sebelum adanya catatan tertulis. Perbedaan utama dari alat sederhana dan mekanisme atau pesawat sederhana adalah sumber tenaga dan mungkin pengoperasian yang bebas. Istilah mesin biasanya menunjuk ke bagian yang bekerja bersama untuk melakukan kerja. Biasanya alat-alat ini mengurangi intensitas gaya yang dilakukan, mengubah arah gaya, atau mengubah suatu bentuk gerak atau energi ke bentuklainnya.
Namun belakangan kata pesawat cenderung mengarah kekapal terbang.Mesin telah mengembangkan kemampuan manusia sejak sebelum adanya catatan tertulis. Perbedaan utama dari alat sederhana dan mekanisme atau pesawat sederhana adalah sumber tenaga dan mungkin pengoperasian yang bebas. Istilah mesin biasanya menunjuk ke bagian yang bekerja bersama untuk melakukan kerja. Biasanya alat-alat ini mengurangi intensitas gaya yang dilakukan, mengubah arah gaya, atau mengubah suatu bentuk gerak atau energi ke bentuklainnya.
JENIS MESIN
MESIN PEMBAKARAN LUAR
&
MESIN PEMBAKARAN DALAM
MESIN PEMBAKARAN LUAR
&
MESIN PEMBAKARAN DALAM
MESIN PEMBAKARAN LUAR
Quote:
MESIN UAP
Mesin uap (steam engines) masuk dalam kategori pesawat kalor, yaitu peralatan yang digunakan untuk merubah tenaga termis dari bahan bakar menjadi tenaga mekanis melalui proses pembakaran. Ada dua jenis pesawat kalor yaitu Internal Combustion Engines/ICE (motor pembakaran dalam) dan External Combustion Engines/ECE (motor pembakaran luar). Pada pesawat kalor jenis ICE, proses pembakaran bahan bakar untuk mengasilkan tenaga mekanis dilakukan didalam peralatan itu sendiri; sedangkan pada ECE, peralatan ini hanya merubah tenaga termis menjadi tenaga mekanis adapun proses pembakaran dilakukan diluar peralatan tersebut.
Contoh dari pesawat kalor jenis ICE adalah motor bensin dan motor disel yang sangat populer sebagai prime mover baik untuk otomotif maupun untuk industri. Pada motor bensin dan motor disel proses pembakaran bahan bakar (bensin/solar) dilakukan didalam silinder motor itu sendiri dan perubahan tenaga termis hasil pembakaran menjadi tenaga mekanis juga dilakukan didalam pesawat itu sendiri melalui gerakan kian kemari dari piston menjadi gerakan putaran dari crank shaft.
Contoh dari pesawat kalor jenis ECE adalah mesin uap dan turbin uap. Pada peralatan ini, mesin uap hanya merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis berupa gerakan kian kemari dari piston dan selanjutnya diubah menjadi gerakan putaran dari crank shaft; sedangkan turbine uap merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis yang langsung merupakan gerakan putaran dari as turbin. Adapun proses pembakaran bahan bakar dilakukan diluar mesin uap dan turbin uap, yaitu didalam ketel uap (boiler). Didalam ketel uap (boiler) tenaga termis hasil pembakaran bahan bakar digunakan untuk memanaskan air sehingga berubah menjadi uap dengan temperatur dan tekanan tinggi, untuk selanjutnya uap dengan temperatur dan tekanan tinggi tersebut dialirkan ke-mesin uap atau turbin uap untuk diubah menjadi tenaga mekanis.
Adapun cara kerja mesin uap adalah sebagai berikut :
Lihat gambar dibawah ini,

Didalam cylinder mesin uap terdapat piston yang mempunyai piston rod yang dihubungkan dengan cross head yang berada diluar cylinder. Cross head dihubungkan oleh connecting rod dengan crank shaft (tidak tampak pada gambar), sehingga apabila piston bergerak kian kemari maka crank shaft dapat berputar.
Slide valve yang mempunyai valve rod digerakkan oleh crank shaft melalui eksentrik, sehingga slide valve dapat bergerak kian kemari sambil membuka dan menutup dua buah lubang uap yang berhubungan dengan cylinder. Valve box dimana slide valve berada mempunyai dua saluran, saluran pemasukan yang dihubungkan dengan boiler untuk menyalurkan uap dengan tekanan tinggi (warna merah), dan saluran pembuangan yang dihubungkan dengan cerobong untuk membuang uap bekas (warna biru).
Pada waktu piston mencapai posisi paling kiri, maka slide valve akan membuka lubang uap cylinder bagian kiri sehingga uap dari boiler dapat masuk kedalam cylinder pada bagian kiri dari piston dan mendorong piston kekanan, sementara itu lubang uap sebelah kanan dihubungkan dengan saluran pembuangan sehingga uap bekas dapat terbuang keluar melalui cerobong. Sebelum akhir langkah piston, lubang uap tersebut sudah ditutup oleh slide valve sehingga pasokan uap terhenti namun piston tetap bergerak kekanan karena ekpansi dari uap.
Pada waktu piston mencapai posisi paling kanan, maka slide valve akan membuka lubang uap cylinder bagian kanan sehingga uap dari boiler dapat masuk kedalam cylinder pada bagian kanan piston dan mendorong piston kekiri, sementara itu lubang uap sebelah kiri dihubungkan dengan saluran pembuangan sehingga uap bekas dapat terbuang melalui cerobong. Sebelum akhir langkah piston, lubang uap tersebut sudah ditutup oleh slide valve sehingga pasokan uap terhenti namun piston tetap bergerak kekanan karena ekpansi dari uap.
Karena cross head dengan crank shaft dihubungkan oleh connecting rod, maka gerakan kian kemari dari piston tersebut akan diubah menjadi gerakan putaran dari crank shaft. Demikian selama ada pasokan uap dari boiler maka mesin uap akan merubah menjadi tenaga mekanis dengan gerakan putaran dari crank shaft.

Lokomotif uap biasanya mempunyai 2 buah mesin uap yang dipasang dikanan dan kiri lokomotif, gerakan putaran yang dihasilkan oleh kedua buah mesin uap tersebut langsung digunakan untuk memutarkan roda lokomatif sehingga mampu menarik seluruh rangkaian kereta api (lihat gambar dibawa ini).
Mesin uap (steam engines) masuk dalam kategori pesawat kalor, yaitu peralatan yang digunakan untuk merubah tenaga termis dari bahan bakar menjadi tenaga mekanis melalui proses pembakaran. Ada dua jenis pesawat kalor yaitu Internal Combustion Engines/ICE (motor pembakaran dalam) dan External Combustion Engines/ECE (motor pembakaran luar). Pada pesawat kalor jenis ICE, proses pembakaran bahan bakar untuk mengasilkan tenaga mekanis dilakukan didalam peralatan itu sendiri; sedangkan pada ECE, peralatan ini hanya merubah tenaga termis menjadi tenaga mekanis adapun proses pembakaran dilakukan diluar peralatan tersebut.
Contoh dari pesawat kalor jenis ICE adalah motor bensin dan motor disel yang sangat populer sebagai prime mover baik untuk otomotif maupun untuk industri. Pada motor bensin dan motor disel proses pembakaran bahan bakar (bensin/solar) dilakukan didalam silinder motor itu sendiri dan perubahan tenaga termis hasil pembakaran menjadi tenaga mekanis juga dilakukan didalam pesawat itu sendiri melalui gerakan kian kemari dari piston menjadi gerakan putaran dari crank shaft.
Contoh dari pesawat kalor jenis ECE adalah mesin uap dan turbin uap. Pada peralatan ini, mesin uap hanya merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis berupa gerakan kian kemari dari piston dan selanjutnya diubah menjadi gerakan putaran dari crank shaft; sedangkan turbine uap merubah tenaga potensial dari uap menjadi tenaga mekanis yang langsung merupakan gerakan putaran dari as turbin. Adapun proses pembakaran bahan bakar dilakukan diluar mesin uap dan turbin uap, yaitu didalam ketel uap (boiler). Didalam ketel uap (boiler) tenaga termis hasil pembakaran bahan bakar digunakan untuk memanaskan air sehingga berubah menjadi uap dengan temperatur dan tekanan tinggi, untuk selanjutnya uap dengan temperatur dan tekanan tinggi tersebut dialirkan ke-mesin uap atau turbin uap untuk diubah menjadi tenaga mekanis.
Adapun cara kerja mesin uap adalah sebagai berikut :
Lihat gambar dibawah ini,

Didalam cylinder mesin uap terdapat piston yang mempunyai piston rod yang dihubungkan dengan cross head yang berada diluar cylinder. Cross head dihubungkan oleh connecting rod dengan crank shaft (tidak tampak pada gambar), sehingga apabila piston bergerak kian kemari maka crank shaft dapat berputar.
Slide valve yang mempunyai valve rod digerakkan oleh crank shaft melalui eksentrik, sehingga slide valve dapat bergerak kian kemari sambil membuka dan menutup dua buah lubang uap yang berhubungan dengan cylinder. Valve box dimana slide valve berada mempunyai dua saluran, saluran pemasukan yang dihubungkan dengan boiler untuk menyalurkan uap dengan tekanan tinggi (warna merah), dan saluran pembuangan yang dihubungkan dengan cerobong untuk membuang uap bekas (warna biru).
Pada waktu piston mencapai posisi paling kiri, maka slide valve akan membuka lubang uap cylinder bagian kiri sehingga uap dari boiler dapat masuk kedalam cylinder pada bagian kiri dari piston dan mendorong piston kekanan, sementara itu lubang uap sebelah kanan dihubungkan dengan saluran pembuangan sehingga uap bekas dapat terbuang keluar melalui cerobong. Sebelum akhir langkah piston, lubang uap tersebut sudah ditutup oleh slide valve sehingga pasokan uap terhenti namun piston tetap bergerak kekanan karena ekpansi dari uap.
Pada waktu piston mencapai posisi paling kanan, maka slide valve akan membuka lubang uap cylinder bagian kanan sehingga uap dari boiler dapat masuk kedalam cylinder pada bagian kanan piston dan mendorong piston kekiri, sementara itu lubang uap sebelah kiri dihubungkan dengan saluran pembuangan sehingga uap bekas dapat terbuang melalui cerobong. Sebelum akhir langkah piston, lubang uap tersebut sudah ditutup oleh slide valve sehingga pasokan uap terhenti namun piston tetap bergerak kekanan karena ekpansi dari uap.
Karena cross head dengan crank shaft dihubungkan oleh connecting rod, maka gerakan kian kemari dari piston tersebut akan diubah menjadi gerakan putaran dari crank shaft. Demikian selama ada pasokan uap dari boiler maka mesin uap akan merubah menjadi tenaga mekanis dengan gerakan putaran dari crank shaft.

Lokomotif uap biasanya mempunyai 2 buah mesin uap yang dipasang dikanan dan kiri lokomotif, gerakan putaran yang dihasilkan oleh kedua buah mesin uap tersebut langsung digunakan untuk memutarkan roda lokomatif sehingga mampu menarik seluruh rangkaian kereta api (lihat gambar dibawa ini).

MESIN PEMBAKARAN DALAM
Quote:
MESIN 4TAK
Mesin 4tak adalah mesin yg memerlukan 4 langkah piston dan 2 putaran poros engkol(crankshaft) serta 1 putaran noken as(camshaft)

1. Langkah hisap, katup in terbuka dan piston berada di TMA(titik mati atas turun ke TMB(titik mati bawah) untuk menhisap bahan bakar
2. Langkah kompresi, piston dari TMB menuju TMA untuk memampatkan bahan Bakar dan 8° sebelum TMA busi akan memercikan bunga api dan puncak pembakaran adalah beberapa derajat setelah TMA
3. Langkah usaha, langkah hasil ledakan bahan bakar akan menyebabkan piston turun kebawah
4. Langkah buang, katup ex terbuka piston dari TMB menuju TMA untuk membuang sisa pembakaran. Katup ex akan tertutup sebelum piston ada di TMA
5. Ulangi langkah 1 sampai 4
Mesin 4tak 4 silinder dg FO(firing order/urutan pengapian) 1-3-4-2

Mesin 4tak adalah mesin yg memerlukan 4 langkah piston dan 2 putaran poros engkol(crankshaft) serta 1 putaran noken as(camshaft)

1. Langkah hisap, katup in terbuka dan piston berada di TMA(titik mati atas turun ke TMB(titik mati bawah) untuk menhisap bahan bakar
2. Langkah kompresi, piston dari TMB menuju TMA untuk memampatkan bahan Bakar dan 8° sebelum TMA busi akan memercikan bunga api dan puncak pembakaran adalah beberapa derajat setelah TMA
3. Langkah usaha, langkah hasil ledakan bahan bakar akan menyebabkan piston turun kebawah
4. Langkah buang, katup ex terbuka piston dari TMB menuju TMA untuk membuang sisa pembakaran. Katup ex akan tertutup sebelum piston ada di TMA
5. Ulangi langkah 1 sampai 4
Mesin 4tak 4 silinder dg FO(firing order/urutan pengapian) 1-3-4-2

Quote:
MESIN 2 TAK
Mesin dua tak adalah mesin yg memerlukan 2 langkah piston dan 1 putaran poros engkol(crankshaft) mesin 2 tak tidak memiliki katup seperti 4tak,melainkan memiliki membran seperti sisir rambut di antara intake manifold dan silinder
1. Piston posisi TMB akan menghisap bahan bakar lalu naik ke TMA melakukan langkah kompresi dan usaha, piston turun dan melakukan langkah buang sisa pembakaran dan hisap bahan bakar secara bersamaan
Mesin dua tak adalah mesin yg memerlukan 2 langkah piston dan 1 putaran poros engkol(crankshaft) mesin 2 tak tidak memiliki katup seperti 4tak,melainkan memiliki membran seperti sisir rambut di antara intake manifold dan silinder

1. Piston posisi TMB akan menghisap bahan bakar lalu naik ke TMA melakukan langkah kompresi dan usaha, piston turun dan melakukan langkah buang sisa pembakaran dan hisap bahan bakar secara bersamaan
Quote:
mesin diesel
Mesin diesel sama dg cara kerja mesin 4 tak
Tapi yg membedakan adalah
Langkah hisap pada mesin diesel hanya menghisap udara saja
Langkah kompresi nozzle pada mesin diesel akan menyeburkan solar beberapa derajat sebelum TMA dan solar akan terbakar karena kompresi meskipun tanpa busi
Selanjutnya seperti mesin 4tak biasanya
Bosch pump digunakan untuk menyemprot solar bertekanan tinggi melalui nozzle
Diesel memiliki busi pemanas untuk memanaskan silinder sebelum bekerja

Mesin diesel sama dg cara kerja mesin 4 tak
Tapi yg membedakan adalah
Langkah hisap pada mesin diesel hanya menghisap udara saja
Langkah kompresi nozzle pada mesin diesel akan menyeburkan solar beberapa derajat sebelum TMA dan solar akan terbakar karena kompresi meskipun tanpa busi
Selanjutnya seperti mesin 4tak biasanya
Bosch pump digunakan untuk menyemprot solar bertekanan tinggi melalui nozzle
Diesel memiliki busi pemanas untuk memanaskan silinder sebelum bekerja

Quote:
MESIN WANKEL
Mesin wankel ini mesin paling kontroversial, mesin ini lebih boros dari 2 tak, dg tingkat emisi yg tinggi. Akhirnya mesin ini dilarang penggunaanya di eropa. Mesin ini digunakan pada kapal laut. Dan mobil mazda RX series

Jika dibongkar maka akan seperti ini dalemanya

Mesin ini punya tenaga besar dan kecepatan tinggi di jamanya dan tingkat kebocoran piston yg tinggi juga
Mesin wankel ini mesin paling kontroversial, mesin ini lebih boros dari 2 tak, dg tingkat emisi yg tinggi. Akhirnya mesin ini dilarang penggunaanya di eropa. Mesin ini digunakan pada kapal laut. Dan mobil mazda RX series

Jika dibongkar maka akan seperti ini dalemanya

Mesin ini punya tenaga besar dan kecepatan tinggi di jamanya dan tingkat kebocoran piston yg tinggi juga
Quote:
MESIN ROTARY

Mesin ini biasanya dipakai oleh pesawat non jet(baling baling) dan berbahan bakar etanol cair, etanol cair ini punya kompresi tinggi dan membuat mesin bekerja lebih cepat (ane pernah beli ini 100rb/liter, ane isi di motor smas* seminggu kemudian motor ane over houl

)
Cara kerjanya sama seperti mesin 4 tak

Mesin ini biasanya dipakai oleh pesawat non jet(baling baling) dan berbahan bakar etanol cair, etanol cair ini punya kompresi tinggi dan membuat mesin bekerja lebih cepat (ane pernah beli ini 100rb/liter, ane isi di motor smas* seminggu kemudian motor ane over houl



Cara kerjanya sama seperti mesin 4 tak
Quote:
MESIN JET

Udah itu aja!!



hammer

Udah itu aja!!






Quote:
CLUCTH/KOPLING
terdiri dari
1. Fly wheel/ roda gila
2. Kampas kopling
3. Pressure plate/ orang bengkel menamainya matahari kopling(karna diaphragma spring bentuknya kek matahari)
4. Throw out bearing

Jika pedal kopling diinjak, maka bearing akan menekan diaphragma spring dan pressure plate akan terangkat dan kampas kopling bebas.

1. Fly wheel/ roda gila
2. Kampas kopling
3. Pressure plate/ orang bengkel menamainya matahari kopling(karna diaphragma spring bentuknya kek matahari)
4. Throw out bearing

Jika pedal kopling diinjak, maka bearing akan menekan diaphragma spring dan pressure plate akan terangkat dan kampas kopling bebas.
Quote:
TRANSMISI
MANUAL

MATIC CVT
PUTARAN RENDAH

PUTARAN MENENGAH

PUTARAN TINNGI

Fungsi transmisi
1. Mengatur kecepatan sesuai dengan beban dan kondisi jalan.
2. Merubah arah putaran roda. Sehingga kendaraan dapat maju dan mundur.
3. Memutuskan dan menghubungkan putaran, sehingga kendaraan dapat berhenti sementara mesin hidup.
MANUAL

MATIC CVT
PUTARAN RENDAH

PUTARAN MENENGAH

PUTARAN TINNGI

Fungsi transmisi
1. Mengatur kecepatan sesuai dengan beban dan kondisi jalan.
2. Merubah arah putaran roda. Sehingga kendaraan dapat maju dan mundur.
3. Memutuskan dan menghubungkan putaran, sehingga kendaraan dapat berhenti sementara mesin hidup.
Quote:
DIFFERENTIAL/GARDAN
fungsi gardan ialah menyeimbangkan putaran roda ketika bermanuver

fungsi gardan ialah menyeimbangkan putaran roda ketika bermanuver

Sekian dari saya jika ada kurangnya mohon maaf dan sampai jumpa dilain thead
Spoiler for rate:
mohon rate




Spoiler for trit lainya :
MOBIL TERMAHAL SAAT INI
KATAK DALAM TEMPURUNG (story about comedy, love, and fist) SFTH
sejarah 1cak situs meme terbesar di indonesia
Quote:
sumber
. Mbah google
. Karna bengkel gw lagi sepi


. Mbah google
. Karna bengkel gw lagi sepi



Diubah oleh slametfirmansy4 08-03-2018 04:31
0
3.3K
Kutip
21
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan