alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki
3.59 stars - based on 17 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a9d6240507410d53a8b456c/kematian-wanita-isdal-yang-penuh-teka-teki

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki


Pada tanggal 29 November 1970, di lembah Isdalen didekat Bergen, Norwegia, sebuah keluarga yang sedang melakukan hikingpada hari minggu, menemukan sesosok mayat wanita terjepit diantara bebatuan.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Orang yang pertama berada ditempat kejadian dan orang yang terakhir meninggalkan tempat kejadian adalah Carl Halvor Aas, seorang police lawyer. Dia ingat bahwa hal pertama yang mereka ketahui adalah bau yang kuat dari daging yang terbakar.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Mayat tersebut mengalami luka bakar yang parah, dan lengannya berada dalam posisi seperti petinju. Seluruh bagian depan tubuhnya termasuk wajahnya terbakar hingga tidak dapat dikenali. Namun anehnya, bagian belakang tubuhnya sama sekali tidak terbakar.

Pihak kepolisian juga tidak dapat menentukan sudah berapa lama dia disana, atau kapan dia tewas. Mayat tersebut diperkirakan berumur antara 25-30 tahun, dengan tinggi badan sekitar 5 kaki 4,5 inchi.

Beberapa barang yang diduga milik mayat tersebut ditemukan, diantaranya adalah perhiasan, payung yang patah, botol-botol, jam tangan, stoking nilon, dan sepatu boot karet berwarna biru.

Namun anehnya, perhiasan dan jam tangan tidak ditemukan menempel pada tubuh mayat wanita tersebut, melainkan berada disebelahnya seakan-akan memang sengaja diletakkan disana. Selain itu, semua label yang terdapat pada pakaiannya dihilangkan. Bahkan label yang terdapat pada botol-botol yang ditemukan pun terhapus. Karena tanpa menyisakan sedikitpun petunjuk, maka polisi mulai mencari saksi yang mungkin bisa mengenali korban.

Mayat wanita tersebut dikenal sebagai wanita Isdal.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Kemudian sebuah otopsi dilakukan. Pada tubuh mayat tersebut ditemukan Fenema, sejenis obat tidur yang berada didalam perutnya dan jumlahnya sekitar 50 hingga 70 butir.

Aliran darahnya diketahui belum secara penuh menyerap obat tidur tersebut ketika dia tewas. Didalam paru-parunya juga ditemukan asap yang menunjukkan bahwa dia masih hidup saat dia terbakar.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Bahan bakar bensin juga ditemukan disekitar tempat dia ditemukan, dan menjadi bukti bahwa bahan bakar tersebut memang dipakai untuk membakar tubuhnya. Selain itu juga ditemukan karbonmonoksida didalam tubuhnya dan luka memar disebelah kanan lehernya.

Setelah otopsi dilakukan, kematiannya ditentukan sebagai kemungkinan bunuh diri dengan overdosis obat tidur dan keracunan gas karbonmonoksida yang didapat dari asap pembakaran.

Faktanya, tempat dimana dia ditemukan, adalah merupakan tempat yang sering digunakan sebagai tempat untuk melakukan bunuh diri selama bertahun-tahun. Selain itu, banyak hicker yang juga terjatuh hingga tewas pada tahun 1960an. Oleh karena itu, tempat tersebut dijuluki The Death Valley.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Tempat tersebut sangat terpencil, sangat sulit untuk dijangkau, dan secara pasti bukan rute yang tepat untuk melakukan hiking. Jadi cukup mustahil jika wanita tersebut memang melakukan bunuh diri disana.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Lalu siapa sebenarnya mayat wanita tersebut?

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Polisi menemukan beberapa petunjuk. Petunjuk pertama adalah dua buah koper yang ditemukan di stasiun kereta api Bergen, tiga hari setelah mayat wanita itu ditemukan. Didalam koper tersebut ditemukan sebuah kacamata dengan sidik jari yang terdapat pada lensa kacamata tersebut. Dan sidik jari tersebut merupakan milik mayat wanita itu.

Didalam koper yang sama juga terdapat barang-barang seperti pakaian, wig, sisir, peralatan makeup, sejumlah uang Jerman dan Norwegia, dan uang koin dari Belgia, Swiss, dan Inggris. Satu tube krim Eczema yang label resepnya sudah dihilangkan juga ditemukan didalam koper. Bahkan label dari peralatan makeupnya pun dihilangkan.

Dari barang-barang tersebut nampaknya sulit untuk didapat informasi mengenai siapa mayat wanita itu. Namun ada sebuah buku catatan yang didalamnya terdapat kode yang ditulis dengan tinta berwarna biru, yang bisa menjadi sebuah petunjuk.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Petunjuk kedua adalah sebuah kantong plastik yang berasal dari sebuah toko sepatu yang berada sekitar 130 mil, tepatnya di daerah Stavanger, Norwegia. Anak dari pemilik toko sepatu tersebut, Rolf Rørtvedt, mengaku menjual sepatu boot berwarna biru pada seorang wanita sekitar tiga minggu sebelumnya. Dan sepatu tersebut cocok dengan sepatu boot yang ditemukan ditempat dimana mayat wanita itu juga ditemukan.

Rørtvedt sempat mendeskripsikan penampilan perempuan tersebut dengan teliti. Wanita tersebut berpakaian rapi, dengan tinggi rata-rata, bentuk wajah yang bulat, mata berwarna coklat gelap, rambut panjang berwarna hitam, dan bau bawang putih yang sangat menyengat.

Dari keterangan Rørtvedt, polisi langsung menuju St Svithun, Stavanger, hotel dimana wanita itu menginap dengan nama Fenella Lorch. Namun ketika polisi memeriksa hotel di Bergen, tidak ada satu hotel pun yang menerima tamu dengan nama Fenella Lorch tersebut.

Dari sini, polisi menghubungkan petunjuk ketiga yang adalah sebuah kode yang ditemukan pada buku catatan. Ternyata Fenella Lorch bukan nama yang sebenarnya, dia memiliki setidaknya delapan nama berbeda yang digunakan untuk menginap dibeberapa hotel di Norwegia. Ini berarti, wanita tersebut memiliki paspor ganda dengan nama yang berbeda.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Dengan menggunakan analisa tulisan tangan, polisi berhasil mencocokkan formulir hotel dengan kode yang terdapat dibuku catatan. Angka dan huruf dalam kode tersebut menunjukkan seberapa lama wanita itu menginap dihotel ditiap kota yang berbeda. Sebagai contoh, O30 BN5 berarti perempuan tersebut menginap dihotel di Bergen sejak tanggal 30 Oktober hingga tanggal 5 November.

Setelah memeriksa semuanya, polisi juga menyadari bahwa wanita tersebut lebih sering mengklaim dirinya sebagai seseorang yang berasal dari Belgia ketika dia melakukan check in disetiap hotel, walopun semua identitas Belgia yang dimilikinya adalah palsu. Selain itu, dia juga mempunyai kebiasaan berganti kamar hotel dan berbicara dengan staf hotel dalam bahasa Jerman, Belgia, dan Inggris. Dan kebanyakan dari staf hotel tersebut mendeskripsikan bahwa wanita itu berpakaian sangat rapi.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Petunjuk keempat adalah bukti gigi dan jaringan tubuh. Seorang profesor kedokteran gigi yang bernama Gisle Bang, memeriksa gigi milik wanita itu. Gigi tersebut dipenuhi tambalan dan dilapisi emas, yang hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi khusus, yang hanya terdapat di Eropa bagian Selatan atau bagian Tengah, atau bahkan Asia.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Namun sebelum lokasinya bisa dilacak, profesor Gisle Bang meninggal pada tahun 2011 dan lucunya, gigi dari mayat wanita itu kabarnya dibuang begitu saja karena mengeluarkan bau busuk. Gigi tersebut kemudian ditemukan disebuah gudang rumah sakit Haukeland. Termasuk hati, paru-paru, limpa, dan hati milik wanita itu.

Kemudian gigi tersebut dites dengan menggunakan isotope test, yang bisa menentukan dimana wanita tersebut tumbuh berdasarkan air yang dia minum. Dengan tes ini, para ilmuwan mampu menunjuk dengan tepat daerah didekat perbatasan Prancis dan Jerman, dimana wanita Isdal itu kemungkinan tumbuh.

Tes DNA mengungkap bahwa wanita Isdal juga merupakan keturunan Eropa, mungkin juga dari Amerika Utara. Meskipun bahasa Inggris yang dia gunakan tidak terlalu fasih. Dengan ciri-ciri dan latar belakang yang dimiliki wanita Isdal tersebut, polisi membuat sketsa wanita tersebut pada tahun 2016.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Kemudian pada bulan Mei 2017, sebuah Black Notice dikirim melalui Interpol beserta hasil tes DNA milik wanita Isdal. Berharap mereka bisa menemukan petunjuk baru.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Banyak orang yang berpikir bahwa wanita Isdal itu adalah seorang mata-mata. Secara jelas, kasus ini terbilang cukup aneh tapi faktor eksternal seperti Perang Dingin yang sedang berlangsung, memunculkan spekulasi bahwa wanita Isdal tersebut memang seorang mata-mata.

Norwegia juga merupakan tempat pelarian bagi mata-mata dari Rusia dan agen Mossad dari Israel, hanya 3 tahun setelah kematian wanita Isdal. Bahkan empat orang agen Mossad sempat diinterogasi berkenaan dengan wanita Isdal itu. Namun keempatnya mengaku sama sekali tidak mengenalnya atau mengenal semua aliasnya.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Disaat kejadian pembunuhan, Agensi Intelijen Norwegia sempat melihat kasus wanita Isdal itu atas dasar keadaan yang aneh. Seminggu kemudian, Ørnulf Tofte dan Bjørn Langbakke yang keduanya merupakan polisi Security Service mulai melakukan investigasi atas kasus tersebut.

Tofte mengatakan bahwa dia dihubungi oleh Kepala Kepolisian Bergen untuk menginvestigasi apakah ada hubungan antara kasus aneh tersebut dengan spionase.

Sementara tim investigasi memutuskan bahwa kematian wanita Isdal merupakan sebuah kecelakaan, Tofte mengatakan bahwa bukan berarti wanita Isdal itu tidak terlibat dalam spionase. Tofte mengklaim bahwa paspor palsu yang dimiliki wanita Isdal itu bisa jadi sebuah bukti bahwa dia merupakan seorang agen ilegal.

Police Crime Commisioner Bergen merespon pertanyaan wartawan ketika ditanya tentang keterlibatan spionase dalam kasus wanita Isdal itu, beberapa minggu setelah investigasi dilakukan.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Namun Norwegian Surveillance Agency menyangkal keterlibatan mereka hingga pada tahun 2002.

Knut Haavik yang merupakan seorang Crime Reporter, menutupi kasus ini dengan mengatakan bahwa dia diberi kumpulan file untuk menulis artikel tentang wanita Isdal pada tahun 1970an. Didalam kumpulan file tersebut dia menemukan amplop yang berisi pita kaset. Namun pada amplop tersebut terdapat peringatan bahwa amplop tersebut tidak boleh dibuka tanpa ijin dari supervisor. Dan amplop tersebut tidak pernah dibuka.

Ada beberapa bukti lebih jauh bahwa wanita Isdal itu bisa saja merupakan seorang mata-mata. Dia memiliki paspor ganda dan menggunakan nama palsu, memiliki wig, menulis kode, dan semua label yang terdapat pada barang-barang miliknya dihilangkan, baik oleh dirinya sendiri ataupun oleh orang lain.

Dia juga tampaknya memiliki cukup uang untuk berpenampilan rapi, bepergian menuju ke kota atau negara lain, dan mampu tinggal disemua hotel.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Teori pertama, kasus wanita Isdal ini merupakan kasus bunuh diri. Karena berdasarkan hasil otopsi, didalam perutnya ditemukan 50-70 butir obat tidur. Pihak kepolisian melihat ini sebagai tanda bunuh diri dan merupakan hal yang sangat sulit untuk memaksa seseorang menelan obat sebanyak itu.

Meskipun, karena detail yang ganjil dalam seputar kasus ini, banyak orang termasuk polisi, merasa ragu bahwa bunuh diri adalah jawaban yang tepat.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Dalam teori kedua, wanita Isdal dianggap mengalami kecelakaan. Ditempat kejadian, polisi curiga bahwa dia mungkin terbakar api setelah sebelumnya terjatuh kedalamnya. Yang kemudian dia berbalik menghindari api dan terguling kedalam jurang.

Satu pertanyaan yang tidak terungkap oleh pihak yang melakukan investigasi adalah bahwa dia memiliki sebotol hairspray yang didalam teori bisa saja terjatuh dan menyebabkan ledakan yang dahsyat yang membuat dia terbakar dan akhirnya tewas.

Meskipun hal ini tidak dapat menjelaskan banyak, bahan bakar bensin yang sempat ditemukan disekitar tempat kejadian, memang digunakan untuk membakar tubuhnya.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Teori yang terakhir menyatakan bahwa wanita Isdal ini dibunuh. Kehidupannya sebagai seorang agen spionase bisa saja membuat dirinya memiliki sejumlah musuh dan menginginkan kematiannya.

Kembali pada fakta bahwa perhiasan dan jam tangan yang justru diletakkan disebelah mayat wanita Isdal itu, seakan-akan memang sengaja diletakkan disana. Hal tersebut bisa menjadi hal terakhir yang dilakukan oleh seseorang yang akan melakukan bunuh diri. Tapi jika rencananya adalah memang akan melakukan bunuh diri, kenapa dia membakar dirinya sendiri?

Selain itu, terdapat luka memar dibagian leher sebelah kanan. Bahkan Knut Haavik yakin bahwa wanita Isdal ini dibunuh.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Pada akhirnya, wanita Isdal ini dikuburkan secara Katolik pada tanggal 5 Februari 1971. Karena polisi mengira bahwa dia adalah seorang Katolik berdasarkan informasi yang didapat.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Bunga tulip dan anyelir ditaburkan diatas peti matinya yang terbuat dari seng. Peti mati yang tidak dapat terurai, dengan harapan bahwa suatu saat peti mati tersebut bisa dipindahkan ketempat peristirahatan yang lebih layak jika ada seseorang yang mengenalinya.

Kematian Wanita Isdal Yang Penuh Teka Teki

Sekian thread dari ane, dan terimakasih.

emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih



Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 7
Quote:
Diubah oleh marywiguna13
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
masih belum terungkap ya kak
Sampe sekarang belum ketauan ya emoticon-Matabelo
Quote:


Belum tuh
Quote:


Belum tuh
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
masih misteri
ngeri
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
luka bakar? Mirip Dyatlov pass incident-kah?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Halaman 1 dari 7
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di