- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Ada Apa Dibalik Hadiah Sayembara Design 1 Juta Malang United?


TS
abbecede
Ada Apa Dibalik Hadiah Sayembara Design 1 Juta Malang United?

Apa yang Agan pikirkan ketika sebuah klub seperti MU (Bukan Manchester United loh ya Gan, tapi Malang United) membuat sayembara desain logo klub dengan hadiah CUMA 1 juta? Kalo ane, jujur, langsung pengen ngatain. Ingin ku berkata PASAR. Eh kasar maksudnya.
Bayangin aja! Logo itu bakal dipake terus-terusan dan dipake buat nyari sponsor dengan nilai ratusan juta rupiah. Sementara yang buat logo cuma dapet 1 juta???? Watdefak!Wajar aja sayembara ini jadi viral dan moon-moon-an (alias bulan-bulanan) netijen. Sampe akhirnya, pihak manajemen MU pun merevisi hadiah dengan menambahkan Samsung S8+ dan makan malem dengan UYM dan Indra Sjafri.
Wataawwwwww…. Keseul beut ane!
Setelah viral di semua media dan jadi HT di KASKUS, ane jadi berpikir. Apa iya sekelas klub Liga 3 nggak punya uang buat bayar orang yang ahli bikin logo yang bisa ngasih filosofi dengan bahasa-bahasa desain? Apa iya, manajemen rela mempermalukan klubnya? Apa iya apa iya ini terus berkecamuk di pikiran ane yang jorok ini. #eh
Hingga akhirnya ane berpikir, apa ini strategi promosi mereka untuk memperkenalkan Malang United di kancah nasional tanpa mengeluarkan uang banyak dan repot-repot mengundang media???? Kalo bener seperti itu, ane berani mengatakan kalau mereka berhasil!Mereka dapet awareness tanpa biaya mahal!
Huwooowwwwwww….
Coba perhatiin Gan. Berapa ratus ribu orang yang akhirnya ngomongin Malang United? Berapa media massa yang beritain mereka? Berapa banyak pecinta sepakbola Indonesia yang akhirnya kenal MU? Padahal, tim ini baru dibuat 30 Januari 2018 lalu. Belum ada sebulan cuyyyy.
Kalo Agan nyari Malang United di Google, itu udah ada 574,000 pencarian. Bandingin, sama klub Persitara yang udah didiriin dari tahun 1975. Klub asal Jakarta Utara ini, kalo Agan cari di Google, cuma ada 222,000 pencarian. So? Strategi promosi mereka berhasil kan? Kalo ane berpikir, apa yang mereka lakukan itu bagian dari strategi promosi mereka.
Kalo Agan & Sista bijimana?
Malang United VS Persitara di Google
Apa Itu Strategi Pemasaran Paradoksal?
Ane nyoba nyari strategi apa yang dipakai oleh Malang United? Karena ane bukan anak marketing dan ane males ke perpus, jadilah ane mencari di mbah Google. Dan ane nemuin istilah Strategi pemasaran Paradoksal, dimana strategi ini lebih milih buat ngejelek-jelekin produknya sendiri, ketimbang ngebagus-bagusin. Ini yang dipake sama JOGERdalam strategi pemasarannya.
Tolooooong dia Gan!
Menurut ane, nggak cuma JOGER aja yang kemudian memakai strategi ini. Beberapa seleb pun mencoba memakai cara ini. Contohnya yaaaa kayak Vicky Prasetyo dengan vickynisasi-nya. Terlihat bodoh emang, tapi buktinya dia laku dan laris tampil di mana-mana. Jadi, mungkinkah strategi ini yang dipakai oleh Malang United??
Nggak cuma beberapa seleb, beberapa iklan pun juga begitu. Demi viral, mereka sampe ngikutin video iklan yang sudah viral sebelumnya. Yaitu iklan JD.ID. Iklan ini meniru lagu yang khas banget di iklan JD.ID. Silahkan Gan di cek-cek buat buktiin kata-kata ane!

... Kena Tipu Harga Palsuuuuuuu ...
Ane sih nggak tau, seberapa berhasil iklan di atas. Tapi yang jelas, dengan memparodikan iklan JD.ID, orang-orang jadi mudah mengingat iklan mereka dan mereka berhasil memberikan pesan-pesan yang ingin disampaikan. Kayak, booking mudah, harga murah cuma 99ribu, dan fasilitasnya lengkap.
Bagaimana menurut Agan tentang hadiah sayembara design logo 1 juta yang dilakukan oleh Malang United? Apakah Agan berpikiran sama kayak ane?
Atau ada pemikiran lain?

"Minta komengnya ya Gan!"

Diubah oleh abbecede 26-02-2018 14:55
0
1.4K
9


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan