Kaskus

Entertainment

DoecoentAvatar border
TS
Doecoent
Panduan Penggunaan Logo Pesona Indonesia/Wonderful Indonesia
Panduan Penggunaan Logo Pesona Indonesia/Wonderful IndonesiaPanduan Penggunaan Logo Pesona Indonesia/Wonderful Indonesia

Kita sering melihat logo di atas pada berbagai media akir-akhir ini, nah tulisan ini akan mencoba memberitahukan bagaimana penggunaan dan mekan Logo di Atas gan...
emoticon-Jempolemoticon-Jempol

Wonderful atau Pesona Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia. Kata “Wonderful” atau “Pesona” mengandung janji bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, dari segala manusia maupun alamnya, yang mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru yang menyenangkan. Indonesia percaya bahwa dunia akan menjadi tempat yang lebih baik ketika semua orang memiliki kesempatan untuk menikmati “World of Wonderful”

Perbedaan logo antara Wonderful Indonesia dan Pesona indonesia hanya terletak pada wordmark saja.

Logo pesona/Wonderful Indonesia berbentuk Burung, dimana bermakna Burung yang suka berkelompok melambangkan hidup damai antar sesama di alam sentosa. Burung juga satwa dengan populasi terbesar di Indonesia dan menjadi lambang bangsa. Rentangan sayap berarti keterbukaan, hasrat untuk terbang jauh, melintas batas. Sifatnya semesta, dikenali oleh semua.
Tulisan “Indonesia” berwarna hitam yang lebih besar daripada “Wonderful” atau “Pesona” mengedepankan dan memperkuat
Indonesia diantara persaingan pariwisata internasional.

Lambang burung dengan lima warna bulu yang berbeda, yang
masing-masing warnanya mewakili makna sebagai berikut :
Hijau: Kreativitas, Ramah kepada Alam dan Keselarasan.
Ungu : Daya Imajinasi, Keimanan, Kesatuan Lahir dan Batin.
Jingga : Inovasi, Semangat Pembaruan, dan Keterbukaan.
Biru : Kesemestaan, Kedamaian, dan Keteguhan.
Magenta : Keseimbangan, Akal Sehat, dan Sifat Praktis

Brand kita direpresentasikan oleh dua alternatif wordmark, ‘Pesona Indonesia’ dan ‘Wonderful Indonesia’. Keputusan pemilihan wordmark yang akan digunakan dalam komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Sebagai aturan umum, ‘Pesona Indonesia’ terutama digunakan pada media domestik yang ditujukan kepada audiens domestik, sedangkan ‘Wonderful Indonesia’ digunakan pada media internasional yang ditujukan kepada audiens internasional.

Aturan penggunaan yang lebih komprehensif dapat dilihat di bawahini, dengan panduan visual di sebelah kanannya.

  1. Kedua wordmark tidak boleh digunakan secara bersamaan, kecuali dalam kondisi khusus, seperti building wrap dan city branding. Apabila ditemukan kondisi khusus, mohon mendapatkan ijin terlebih dahulu sebelum penerapan.
  2. Untuk pasar internasional, menggunakan media umum atau media internasional, selalu gunakan ‘Wonderful Indonesia’, meskipun audiens utama adalah warga Indonesia. (Skenario A)
  3. Untuk pasar domestik, menggunakan media umum atau media domestik, dan ditujukan terutama kepada audiens Indonesia, selalu gunakan ‘Pesona Indonesia’. (Skenario B)
  4. Untuk pasar domestik, menggunakan media umum atau media internasional, dan ditujukan terutama kepada audiens internasional, selalu gunakan ‘Wonderful Indonesia’ (Skenario C)
  5. Untuk pasar domestik, menggunakan media apapun, dan ditujukan kepada audiens Indonesia dan audiens internasional secara seimbang, selalu gunakan ‘Wonderful Indonesia’. (Skenario D)

nah dari gambaran di atas, agan-agan sudah mulai mendapatkan Gambaran tentang Branding Pesona Indonesia ataupun Wonderful Indonesia. untu lebih lengkapnya silahkan agan-agan download dokumen lengkap tentang tata cara penggunaan Branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia pada link berikut.
Dokumen Wonderful Indonesia Brand Guidelines

Salam Pariwisata...
Yuk ah kita hindarkan Generasi Bangsa dari Bahaya Kurang Piknik!!!
emoticon-Travelleremoticon-Ultahemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Traveller

0
19.3K
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan