- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
7 Cara Konsentrasi di Tengah Keramaian Kantor


TS
tikaa0711
7 Cara Konsentrasi di Tengah Keramaian Kantor
Berkonsentrasi memang diperlukan saat kita berkerja. Kalau enggak konsentrasi kerjaan bisa kacau
. Tapi, ada kondisi dimana otak sangat sulit untuk berkonsentrasi
karena suasana kantor yang ramai. Misalnya bunyi telepon sampai teman kerja yang tidak sengaja curhat di kantor tentang masalah 
percintaannya.
Berikut cara konsentrasi di tengah keramaian kantor dilansir dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...ributan-kantor
1. Istirahat yang cukup
Menurut Jochen May, penulis dan pelatih dari Jerman, kalau seseorang memiliki malam yang buruk, niscaya dia akan melewati hari yang buruk juga. Nah kalau kita kurang tidur saat malam hari, bakalan buat kita enggak bisa tunjukkan performa yang maksimal di kantor. Jadi tidur yang cukup juga berpengaruh lho
Istirahat juga berlaku saat kita kerja. Kita seharunya mengambil jeda waktu untuk istirahat di sela waktu kerja.
2. Matikan notifikasi email
Menurut Ute Boelke carrer coachdari Jerman, email mirip dengan tetesan air yang konsisten. Tiap ada notifikasi
yang masuk bisa bikin fokus kita terpecah. Menurutnya hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mematikan notifikasi email waktu melakukan hal lain. Lalu, kalian bisa sediakan
waktu untuk menghadapi banyaknya email yang masuk.
3.Matikan Handphone
Sama kayak notifikasi email, bunyi handphone juga membuat konsentrasi kita buyar. Ute menyarankan, kalau seseorang tidak berkerja untuk layanan gawat darurat, lebih balik pakai mesin penjawab telepon.
4. Buat daftar aktivitas
To do list atau biasa dikenal daftar aktivitas bisa dibuat untuk memudahkan pilihan aktivitas mana dulu yang harus dikerjakan.
Ia menyarankan, kalau seseorang perlu motivasi agar bisa bekerja dengan baik, karena itulah kita lebih baik enggak memulai minggu dengan tugas yang paling enggak kita sukai
5. Hindari obrolan di kantor
Anette enggak melarang orang untuk ramah dan menghargai semua orang, apalagi di tempat kita kerja. Tapi seringkali, kesediaan untuk jadi pendengar dan secara konsisten membiarkan orang lain menganggu pekerjaan tentu enggak baik dong .
Kalau ingin fokus bekerja tanpa merasa bersalah, kita bisa memberikan kode dengan menutup pintu ruangan atau memasang headphones
kalau ruang kerja dipakai beramai-ramai.
6. Kontrol waktu
Jika memungkinkan kita bisa mengontrol waktu kerjanya sehingga bisa lebih fleksibel. Pergi kerja lebih awal jadi pulang tidak terlalu larut. Kerja lebih awal dari yang lain mungkin kita bisa mendapat suasana yang lebih sepi kan, karena belum banyak orang yang datang ke kantor jadi kita bisa lebih berkonsentrasi dengan cepat
Tapi, Ute menekankan kalau hal ini gak mungkin bisa berlaku di semua pekerjaan. Ada beberapa jenis pekerjaan yang menuntut orang untuk berinteraksi dengan teman kerja dan pelangan.
7. Asupan makanan dan minuman cukup
Kalau seorang bekerja, pasti ia perlu ‘bahan bakar’ yang cukup
Bukan berarti orang perlu minum 1liter air tiap 90 menit loh gan. Lebih baik rutin seteguk atau 2 teguk tiap beberapa menit. Dehidrasi otomatis membuat kemampuan konsentrasi kita menurun
Nah dari 7 cara ini, kalian bisa coba mana yang menurut kalian paling pas gan





Berikut cara konsentrasi di tengah keramaian kantor dilansir dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hi...ributan-kantor
Quote:
1. Istirahat yang cukup
Menurut Jochen May, penulis dan pelatih dari Jerman, kalau seseorang memiliki malam yang buruk, niscaya dia akan melewati hari yang buruk juga. Nah kalau kita kurang tidur saat malam hari, bakalan buat kita enggak bisa tunjukkan performa yang maksimal di kantor. Jadi tidur yang cukup juga berpengaruh lho

Istirahat juga berlaku saat kita kerja. Kita seharunya mengambil jeda waktu untuk istirahat di sela waktu kerja.
Quote:
Quote:
2. Matikan notifikasi email
Menurut Ute Boelke carrer coachdari Jerman, email mirip dengan tetesan air yang konsisten. Tiap ada notifikasi


Quote:
3.Matikan Handphone
Sama kayak notifikasi email, bunyi handphone juga membuat konsentrasi kita buyar. Ute menyarankan, kalau seseorang tidak berkerja untuk layanan gawat darurat, lebih balik pakai mesin penjawab telepon.
Quote:
4. Buat daftar aktivitas
To do list atau biasa dikenal daftar aktivitas bisa dibuat untuk memudahkan pilihan aktivitas mana dulu yang harus dikerjakan.
Quote:
Ia menyarankan, kalau seseorang perlu motivasi agar bisa bekerja dengan baik, karena itulah kita lebih baik enggak memulai minggu dengan tugas yang paling enggak kita sukai

Quote:
5. Hindari obrolan di kantor
Anette enggak melarang orang untuk ramah dan menghargai semua orang, apalagi di tempat kita kerja. Tapi seringkali, kesediaan untuk jadi pendengar dan secara konsisten membiarkan orang lain menganggu pekerjaan tentu enggak baik dong .
Kalau ingin fokus bekerja tanpa merasa bersalah, kita bisa memberikan kode dengan menutup pintu ruangan atau memasang headphones

Quote:
6. Kontrol waktu
Jika memungkinkan kita bisa mengontrol waktu kerjanya sehingga bisa lebih fleksibel. Pergi kerja lebih awal jadi pulang tidak terlalu larut. Kerja lebih awal dari yang lain mungkin kita bisa mendapat suasana yang lebih sepi kan, karena belum banyak orang yang datang ke kantor jadi kita bisa lebih berkonsentrasi dengan cepat

Tapi, Ute menekankan kalau hal ini gak mungkin bisa berlaku di semua pekerjaan. Ada beberapa jenis pekerjaan yang menuntut orang untuk berinteraksi dengan teman kerja dan pelangan.
Quote:
7. Asupan makanan dan minuman cukup
Kalau seorang bekerja, pasti ia perlu ‘bahan bakar’ yang cukup

Nah dari 7 cara ini, kalian bisa coba mana yang menurut kalian paling pas gan


Diubah oleh tikaa0711 21-02-2018 04:38
0
3.6K
6


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan