alexa-tracking

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a72cef412e2570f308b4567/tenggorokan-sakit-berikut-8-obat-sakit-tenggorokan
icon-hot-thread
Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!
Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!

Apa yang terlintas di kepala Agan ketika mendengar ‘obat sakit tenggorokan’? Mungkin, akan langsung terbersit beberapa jenis obat dokter, atau bahkan permen lozonge hisap yang dapat dibeli di warung-warung.
Namun, tahukah Agan bahwa obat sakit tenggorokan ternyata dapat ditemui dengan mudah di keseharian Agan; lebih tepatnya di dapur Agan?

1. Garam

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!

Bahan alami pertama untuk redakan sakit tenggorokan adalah garam. Selain dikenal sebagai bahan penyedap makanan, garam yang bersifat anti-bakteri dan antisetptik juga ternyata ampuh untuk redakan sakit tenggorokan. Caranya, Agan bisa melarutkan 1-2 sendok garam ke dalam segelas air. Lalu, gunakan campuran ini untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore hari. Niscaya, sakit tenggorokan Agan akan segera hilang.

2. Madu

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!

Punya persediaan madu di rumah? Maka, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan si manis ini demi mengobati sakit tenggorokan. Faktanya, madu kaya akan kandungan yang bersifat anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur. Cara penggunaannya juga tergolong mudah. Cukup dengan mencampurkan 2 sendok madu ke dalam segelas air hangat. Lalu, minum campuran ini 2-3 kali sehari. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

3. Lemon

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!


Karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, lemon bermanfaat untuk meredakan iritasi dan peradangan pada tenggorokan. Tertarik mencoba? Maka, sediakan 1 buah lemon segar, lalu peras. Masukkan air perasan buah lemon ke dalam segelas air hangat, obat sakit tenggorokan pun langsung jadi. Eits, konsumsi campuran ini minimal 1 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil optimal.

4. Bawang putih

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!

Ternyata, senyawa alicin dalam bawang putih dapat membunuh bakteri sekaligus meredakan peradangan pemicu sakit tenggorokan, untuk itu bawang putih bisa dijadikan sebagai obat sakit tenggorokan. Nah, jika tertarik mencoba; maka, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghaluskan satu siung bawang putih. Lalu, campurkan bahan tadi ke ke dalam segelas air hangat. Setelah diaduk hingga merata, gunakan air campuran ini untuk berkumur-kumur minimal 2 kali sehari. Mudah, bukan?

5. Jahe

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!

Jahe memang sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang ampuh redakan sakit tenggorkan. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa jahe mengandung senyawa zingiberin yang berkhasiat untuk membuang racun serta meredakan perdangan. Caranya, tumbuk satu ruas jahe segar, lalu seduh dengan menggunakan air panas. Agar lebih nikmat, Agan juga bisa menambahkan gula atau madu secukupnya.

6. Kunyit

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!

Selanjutnya, obati sakit tenggorokan dengan kunyit. Agan cukup menyediakan 2 ruas kunyit segar yang telah dicuci bersih. Lalu, potong kunyit menjadi bagian-bagian kecil untuk kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih. Ambil air rebusan, lalu tambakhan ½ sendok garam. Gunakan campuran ini untuk berkumur-kumur sebanyak 3-4 kali sehari agar sakit tenggorokan segera reda.

7. Pisang

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!


Hanya dengan rutin mengonsumsi buah pisang, sakit tenggorokan Agan akan segera hilang. Lho, kok bisa? Selain karena teksturnya yang lembut, buah pisang juga kaya akan potasium yang terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem imun tubuh, meredakan peradangan, hingga menangkal pengaruh buruk dari paparan senyawa radikal bebas.

8. Buah belimbing

Tenggorokan Sakit? Berikut 8 Obat Sakit Tenggorokan!


Terakhir, bahan alami yang dapat dijadikan obat sakit tenggorokan adalah buah belimbing. Caranya, cukup konsumsi buah belimbing secara langsung, atau sajikan dengan cara di jus; minimal 2 kali sehari. Niscaya, tenggorokan Agan akan kembali sembuh seperti sedia kala.

Itu dia 8 bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat!


emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
Pertamax
Pepaaya
Kurang vitamin c ... Banyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin c
kebanyakan cumshot emoticon-Sundul Up
wah boleh dicoba nih emoticon-Matabelo
jeruk nipis + kecap gan ,biasanya ane itu sih wkwkw emoticon-Matabelo
Boleh juga nih info nya gan emoticon-2 Jempol
Jahe paling cocok buat ane gan
hmm giti
baru tau pisang bisa
minum wedang jahe mantep
siap dok
madoe... terboekti soedah emoticon-thumbsup
pas bgt tenggorokan ane lagi sakit
beneran nice info gan emoticon-Jempol
save dulu emoticon-Stick Out Tongueencet
niceeeee
Kalo mecin gimana bre, ane suka kalo gak pake mecin masakan gaenak
emoticon-Malu
Gembok