sadako88
TS
sadako88
[Love Letter 2] I Love My Mother In Law





Assalamu'alaikum wr.wb.
Untuk mama mertuaku yang Neng hormati…


Ma, di Hari Valentine ini izinkan Neng mengucapkan sesuatu pada Mama, sesuatu yang sudah Neng pendam selama ini...

Ma, terima kasih sudah merestui pernikahan Neng sama Aa. Walau kita baru bertemu seminggu sebelum akad, tapi Mama begitu terbuka menerima kehadiran Neng dalam keluarga Mama. Neng ga tau apa yang membuat Mama mau nerima Neng. Padahal, masih banyak wanita-wanita lain di luar sana yang lebih baik dari Neng... Neng rasa Aa adalah anak yg penurut, seandainya Mama ga mau merestui pasti Aa akan nurut sama Mama. Tapi, Mama dengan lapang dada mau mendukung Aa untuk menikahi Neng...

Ma, Neng mau minta maaf selama 8 tahun Neng sama Aa, banyak banget kekurangan Neng sebagai istri. Neng masih suka melawan Aa, bikin Aa kesal, manja dan cengeng. Neng jarang masakin masakan kesukaan Aa karena..., yah, karena kebetulan masakan kesukaan Aa adalah udang, yang mana Neng alergi sama udang. Mencium baunya aja Neng pusing...

Ma, Neng mau minta maaf selama 5 tahun Neng pernah tinggal di rumah Mama, Neng sering bikin Mama kesal. Bahkan bulan-bulan awal Neng sempat ngumpet terus di kamar, nangis-nangis pengen pulang. Neng ga tau gimana etikanya tinggal di rumah orang. Harus nunggu Aa ngomel dulu baru Neng mau gerak untuk menyapu, beresin piring setelah makan, dan mencuci baju sendiri. Mama lah yang menyapu kamar Neng tanpa menunjukkan wajah marah sama sekali. Lalu Neng masih ingat waktu itu Neng bikinin Aa kopi tapi Neng ga becus bawanya, kopinya jatuh. Gelas dan tatakan piringnya pecah. Neng langsung takut, takut dimarahin. Tapi Mama sama Aa cuma ketawa sambil bilang “Naahhh... Pecah deh. Gapapa, ambil sapu sama lap gih...” padahal kalau di sinetron-sinetron namanya ibu mertua itu galak banget sama mantunya. Tapi Mama ternyata memang beda dengan ibu-ibu mertua di sinetron...

Ma, terima kasih sudah merawat dan menjaga Neng saat Neng hamil, dan selama Neng melahirkan Mamalah yang stand by nungguin Neng di rumah sakit. Mama lah yang lebih banyak bergadang mengurus bayi Neng. Bahkan setelah si Dede besar Mamalah yang selalu repot bergadang setiap kali si Dede sakit. Neng ga pernah ngurus bayi, Neng ga punya adik, dan to be honest, Neng ga suka anak kecil... Mamalah yang ngasih petunjuk seperti apa seharusnya menjadi seorang ibu...

Ma, bahkan setelah semua kebaikan yang telah Mama berikan, Neng masih merasa tidak betah di rumah Mama. Neng malah marah-marah sama Aa, minta pindah rumah. Neng kesal selalu disuruh-suruh bersihkan ini bersihkan itu dan Neng merasa ga bebas. Neng maunya santai, bisa baca komik dan main game. Kurang ajar sekali ya Neng ini. Setelah semua kebaikan dan pengorbanan Mama selama ini Neng masih tetap merasa ga betah. Tapi Mama dengan bijak mau mengerti dan bahkan mendorong Aa agar cepat-cepat membangun rumah untuk Neng. Mama merelakan dua kamar kontrakan Mama untuk dipugar dan dibangun rumah untuk Aa, Eneng dan Dede. Sekarang, setelah Neng tinggal di rumah sendiri Neng baru sadar, mengurus rumah ternyata harus telaten. Jorok sedikit nyamuk, lalat, berdatangan. Karena itu rumah harus selalu senantiasa bersih. Pantes dulu Mama suka cerewat masalah kebersihan...

Ma, makasih selama ini telah mendukung pernikahan Neng dan Aa baik secara finansial dan moral. Biaya persalinan Neng bahkan Mama yang bayarin karena saat itu Aa masih belum punya uang. Padahal kalau mau Neng bisa melahirkan normal, tapi karena Neng manja, penakut, ga tahan sakit, Neng minta operasi sesar dan biayanya membengkak menjadi Rp 13 juta. Tapi Mama tidak pernah sekalipun menyebut-nyebut uang itu. Dan entah berapa juta sudah Mama keluarkan untuk membantu keuangan kami... Hingga sekarang alhamdulillah bisnis Aa sudah lancar...

Ma, Neng ingat setiap kali Neng dan Aa bertengkar Mama selalu berdiri di tengah. Mama ga sertamerta membela anak Mama, Mama selalu netral. Kalau memang Aa yang salah, Mama tidak sungkan menegur Aa. Sikap Mama itu sangat berarti buat Neng... Saat ada orang ketiga berusaha menggoda Aa, Mama belain Neng. Mama marahin Aa, bahkan Mama bilang Mama sendiri yang akan menghajar Aa kalau dia macam-macam. Neng sudah mengepak baju-baju dan udah mau pulang ke rumah ortu, tapi ga jadi setelah Mama menahan Neng...

Ma, sekarang Neng sama Aa sudah bahagia. Kami sudah punya rumah, punya anak yang lucu, dan semakin menyayangi satu sama lain. Tinggal satu hal, Aa sekarang ini sedang menabung. Dia ingin beli mobil agar bisa ngajak Mama jalan-jalan. Agar kalau Mama pergi pengajian atau menengok saudara yang sakit, kita bisa nganter Mama. Mama ga usah naik mobil orang lagi. Doakan ya Ma rezeki Aa lancar, nanti kalau udah beli mobil kita jalan sama-sama ya Ma...

Ma, melalui surat ini Neng mau bilang terima kasih untuk semuanya,... Maafkan Neng yang punya banyak salah sama Mama. Neng mungkin adalah menantu paling manja sedunia, tapi Mama adalah ibu mertua paling kerennn sedunia... Neng sangat bersyukur punya ibu mertua seperti Mama.... emoticon-flower

Wassalamu'alaikum wr.wb.
Salam hormat,
Sadako88 aka R.W.







dedicated to my mother in law, H.M
ilustrasi oleh Google



Diubah oleh sadako88 31-01-2018 08:25
tata604aldysadi
aldysadi dan tata604 memberi reputasi
4
7.8K
69
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan