Super hero bersemayam dalam Industri kreatif @^ェ^@
TS
babygani86
Super hero bersemayam dalam Industri kreatif @^ェ^@
Revolusi industri keempat telah dimulai. Ekonom dunia memprediksi bahwa ke depan ekonomi global akan semakin bergantung pada sektor industri kreatif. Ketergantungan masyarakat global terhadap teknologi informasi dalam aktivitas sehari-hari telah menyebabkan pertumbuhan eksponensial ke industri kreatif yang mencakup di antaranya industri perangkat lunak komputer, film, musik, publikasi, hiburan, dan fashion.
Quote:
Industri kreatif di Amerika adalah penghasil uang terbanyak kedua setelah bisnis senjata yang menghasilkan 11,2% pendapatan domestik bruto USA. Iron man 3 penghasilannya tahun 2013 tertinggi di dunia, 12 Trilyun rupiah, seri iron man total menghasilkan 38 Trilyun rupiah. Nomor 2 batman, nomor 3 Spiderman, nomor 4 Superman. Pantas kalau dibilang mereka penghasil tertinggi kedua setelah industri senjata.
Di Indonesia, industri ekonomi kreatif nasional telah mengalami pertumbuhan eksponensial dalam tiga tahun terakhir. Berdasarkan data nasional, sektor industri kreatif telah menyerap 15,9 juta tenaga kerja dengan kontribusi 7,3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) atau setara dengan Rp 852 triliun. Pada skala global, nilai ekonomi industri kreatif bahkan melampaui industri perminyakan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Konferensi Perdagangan dan Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCTAD) pada tahun 2012, industri kreatif menyumbang USD 2,2 triliun atau 230 persen lebih banyak dari nilai ekspor minyak OPEC.
Quote:
Meski begitu, saya sebut Gundala saja pada bengong tidak tahu. Padahal Gundala itu komik asli 23 judul 23 seri. Belum kita lihat 2 komik yang menghasilkan anggota DPR, Panji manusia millennium Primus dan Gerhana Ruhut Sitompul. Belum lagi kita lihat Godam manusia besi, Aquanus, pangeran Mlaar, Caroq, jin Kartubi, Kalong anak kelelawar, si Jampang, si Pitung, Zantoro, Merpati, Elang hitam, Wiro sableng, Kho Ping Hoo. Tapi jangan putus asa, industri komik kita akan tetap hidup, dan industri ekonomi kreatif berpusat produksi di otak, tidak harus punya pabrik di tempat. Walt Disney Amerika sendiri menjual lisensi, brand, dan ide kreatifnya tidak di Amerika, tapi di Cina.
Pemda kita masih terkesan gagap tentang apa itu komik. Apalagi memaknai secara historikal peranan komikus dalam keterlibatannya membangun bangsa ini. Padahal keluarga komikus, relawan budaya sangat membutuhkan sentuhan kebijakan dalam tumbuhkembangnya komik sebagai medium literasi. Baik untuk keperluan kajian ilmiah, pengajaran di sekolah maupun sebagai bagian dari produk budaya yang mampu menjadi ikon daerah. Berbagai impian keluarga komikus maupun para relawan budaya, terhadap pemerintah daerah sebagai pengambil kebijakan tentunya akan membuat dunia perkomikan akan kembali terangkat dan duduk dalam porsinya.
Quote:
Tak ingin ketinggalan oleh perkembangan pesat industri kreatif, Presiden Joko Widodo telah mendirikan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pada 2015. Langkah ini merupakan bukti komitmen Presiden untuk mengeksplorasi potensi yang belum tergali di industri. Selanjutnya, Badan ini bertugas dengan misi strategis untuk mempromosikan lapangan kerja berbasis inovasi dengan menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pengembangannya. BEKRAF ingin menunjukkan tidak ada produk tanpa kreativitas, harus beriringan. Kreativitas punya potensi yang bisa diglobalkan
Intinya, Super hero bersemayam dalam ingatan, simpanlah dalam ingatan kamu filosofi Super hero, meski sendiri, berani berbuat untuk orang lain, berani tegakkan kejujuran, berani bongkar kebohongan, berani mengalahkan kezaliman. Dan super hero adalah orang yang membela kebenaran, bukan membela karena dibayar. Teruslah berbuat baik memberikan inspirasi untuk orang di sekitar anda, buatlah keluarga anda bangga, dan anda sudah menjadi super hero untuk bangsa Indonesia.