Quote:
1.Kebingungan Menentukan Nama Game
Sebelum game ini dinamakan seperti sekarang ini,dulunya perusahaan Capcom dan sutradara Shinji Mikami kebingungan menentukan nama apa yang pas untuk game ini,sebelumnya mereka menamai game dengan sebutan Biohazard di Jepang, yang merupakan game asli dari "resident evil" yang dibuat pada tahun 1996.
Tetapi mereka membutuhkan nama baru sebelum game ini rilis di Amerika ,karena jika menggunakan nama“Biohazard” sebagai merek dagang game ini di Amerika,nama tersebut sudah digunakan di beberapa permainan lain dan juga sebuah band metal di New York.
Quote:
2.Game Terlaris Dalam Sejarah Perusahan Capcom
Game yang seri pertama nya menduduki daftar best-seller dari tahun 1996 sampai awal tahun 1997,terjual sekitar 2,75 juta eksemplar untuk PlayStation. Dan dua gelar berikutnya, yaitu pada tahun 1998 dan 1999 Resident Evil 2 dan Resident Evil 3: Nemesis untuk PS1, terjual sekitar 4.960.000 dan 3,5 juta unit dari masing-masing seri.
Itu dari game di konsol PS1 saja, belum lagi dikonsol lainnya,kalau dihitung-hitung game ini total penjualnya yaitu 77 juta eksemplar,yang merupakan angka tertinggi penjualan game dalam naungan perusahaan Capcom,yang disusul juga oleh Street Fighter dan Monster Hunter pada posisi 2 dan 3.
Quote:
3.Game Pertama Yang Bergenre "Survival Horor"

Game Resident Evil asalnya diartikan sebagai sebuah permainan shooter, tapi dengan dikeluarkannya beberapa seri berikutnya, game ini pun akhirnya dikreditkan sebagai game dengan genre ‘ survival horror ’ , di mana karakter berjuang untuk bertahan hidup.memang agak lebih realistis dari pada genre lain,soalnya bukan hanya soal bertahan hidup saja,tapi di genre ini pemain harus bisa mengelola persediaan barang yang dibutuhkan,keterbatasan fisik , dan gelombang musuh yang terus berdatangan.
Salah satu contoh game yang bergenre ini setelah Resident Evil adalah permainan Silent Hill , yang dibuat pada tahun 1999 oleh Konami, game ini melihatkan pemain bahwa ada keterbatasan karakter utama sebagai pahlawan,yang nanti akan membuat sensasi seperti: “Pemain mempunyai tujuan(misi) tapi karekter utama sangat mengerikan dalam hal kecepatan larinya, meskipun karakter utama lebih cepat daripada kebanyakan musuh, tetapi tetap saja pemain akan merasakan detak jantung yang berdetak kencang,karena mereka akan dikelilingi oleh musuh(zombie) di setiap jalan yang mereka lalui.”
Quote:
4.Resident Evil Mansion Ternyata Ada Di Dunia Nyata
Tatsuya Minami, selaku "Senior Manager" dari Perencanaan Produk game Resident Evil , mengatakan bahwa : " pada tahun 1996 dia kebingungan untuk "menciptakan perasaan horor" pada game ini,dia dan timnya membutuhkan "latar belakang yang kuat",setelah menimbang-nimbang akhirnya mereka menetapkan bahwa "latar belakang yang kuat" itu ada di "Rumah Bergaya Eropa" karena sepertinya pilihan itu cocok untuk tema game,karena secara pribadi, dia pernah ke Amerika dan Inggris berkali-kali, di mana dia mengunjungi rumah-rumah megah di negeri ini, dan benar-benar dia merasa cukup takut!"
Minami juga mengatakan jika para pengembang juga ingin mengambil ide dari cerita hantu Eropa untuk game ini, yang tidak seperti "game originalnya" yang bertema cerita hantu dari budaya jepang.
Quote:
5.Saat Perilisan Pertama Harusnya Bisa Multiplayer
Pada tahun 1996 Resident Evil dirilis pertama kali,game ini seharusnya bisa multiplayer,tetapi karena ada perbedaan pendapat pada pengembang jadinya mereka mengubah beberapa hal,termasuk hal "multiplayer" ini.
Sebenarnya dari awal, Capcom merencanakan untuk game Resident Evil bisa mendukung dua pemain, bukan satu, yang memungkinkan mitra untuk membantu satu sama lain dan bisa saling menangani jika terinfeksi / ada mayat hidup yang bergerombol diberbagai arah.
Tidak hanya itu saja,dalam pemain inti pun memliliki perubahaan diantaranya: Jill dan Chris(Multiplayer) yang selalu ditemani oleh Dewey, yaitu seorang 'comic relief' medic (yang kemudian berganti namanya menjadi STARS pilot), dan terakhir Gelzer, seseorang yang direncanakan menjadi (besar perannya di game) bertugas sebagi operator radio. .
Quote:
6.Series Game Sesuai Dengan Urutan Kronologis
Sejak 1996, Resident Evil telah dirilis dalam banyak judul, meliputi enam seri kronologis dan beberapa spinoff, yang masing-masing memiliki keterkaitan atau koherensi satu sama lain. Keterkaitan event yang terjadi pada masing-masing game ini menciptakan sebuah kronologis bagaimana wabah mayat hidup merebak dan menimbulkan ketakutan, termasuk bagi gamer yang memainkan serial game ini. Jalinan kisahnya sendiri terentang sepanjang setengah dekade lebih.
Quote:
7.Sebagai Game Dengan Dialog Terburuk Di Dunia
Pada tahun 2008, Resident Evil ‘s naskah diakui oleh Guinness World Records Gamer Edition sebagai "Permainan Dialog terburuk yang pernah dibuat,”.