CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Arif Budimanta: 1% Orang Terkaya RI Kuasai 45% Kekayaan Nasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a45e847dcd770a62b8b4567/arif-budimanta-1-orang-terkaya-ri-kuasai-45-kekayaan-nasional

Arif Budimanta: 1% Orang Terkaya RI Kuasai 45% Kekayaan Nasional

Arif Budimanta: 1% Orang Terkaya RI Kuasai 45% Kekayaan Nasional

Jakarta - Direktur Eksekutif Megawati Institute (MI) Arif Budimanta mengungkapkan, kekayaan nasional Indonesia masih dikuasai segelintir orang. 10% orang terkaya di Indonesia menguasai 74,8% kekayaan nasional.

"Kekayaan nasional terkonsentrasi di segelintir penduduk. proporsi total kekayaan yang di kuasai 1% rumah tangga terkaya menguasai 45,4% kekayaan nasional," tutur Arif dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (27/12/2017).

Hal ini tidak terlepas dari adanya ketimpangan penguasaan aset antara segelintir orang kaya di Indonesia dibandingkan rata-rata penduduk pada umumnya.

"Kondisi ketimpangan di Indonesia sejak reformasi menunjukkan peningkatan," katanya dalam diskusi di Jakarta.

Meski dalam 2 tahun ketimpangan kekayaan orang Indonesia turun, dia mengungkapkan bahwa angkanya masih tetap tinggi.

Dia juga mengatakan, sumber kekayaan itu juga bisa dilihat dari aset tanah yang dimiliki, yang mana juga dikuasai oleh segelinntir orang kaya.

"Kalau gini ratio tanah kan besar. landbank (bank tanah) yang dimiliki oleh kelompok usaha itu kan besar-besar, apakan itu dipergunakan untuk perkebunan, apakah usaha budidaya tanaman, hutan atau penguasaan aset properti itu kan besar," tambahnya.

Dikatakan Wakil Ketua Umum Komite Ekonomi dan Industri Indonesia ini, total kekayaan 40 orang terkaya Indonesia meningkat dari tahun ke tahun.

"Total kekayaan 40 orang terkaya di Indonesia juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Angkanya sejak 2006 sampe 2017 dari US$ 22 miliar menjadi US$ 119 miliar dalam jangka waktu 10 tahun. Meningkatnya hampir 6 kali lipat," ujarnya.

Dibandingkan rata-rata laju pertumbuhan kekayaan penduduk Indonesia, pertumbuhan kekayaan 40% orang terkaya Indonesia tercatat melonjak 317%.

"Kalau lihat pertumbuhan dalam 10 tahun kekayaan 40 orang terkaya di Indonesia melonjak 317,1% atau 4 kali dibandingkan pertumbuhan nasional. Kekayaan orang terkaya di Indonesia melonjak hingga 510% atau 10 kali dibandingkan pertumbuhan GDP per kapita atau setiap warga," lanjut Arif.

https://finance.detik.com/berita-eko...ayaan-nasional

pertanyaan buat nasbung miskiner: Jadinya mau pake sistem Sama Rata Sama Rasa (baca: Komunis) gak nih? ribut dulu sama Guru Ngaji elu deh kalo mau...
Mau mengarah ke paham palu arit ?
Mia khalifah solusinya
Diubah oleh mr.bean1
astagfirullah, saatnya umat bangkit dengan program Okeh Oceh emoticon-Marah
Pantas kaum goa ngamuk2 wkwk
kan w bilang..
kl saja mereka hingga nastak dan nasbung mau pt pt buat bayar utang Indonesia dijamin bakal jadi negara besar..
eh sekarang udah besar juga sih..emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


kalo bukan paham palu arit ya paham khilafah dong

mending uangnya buat bayar utang negara emoticon-Blue Guy Bata (L)


emoticon-Leh Uga
asalkan 10% org terkaya ini bayar pajak, gak ada masalah kan ?
kecuali indonesia menganut komunis ato khilafah

emoticon-Leh Uga
maunya khlafah aja.. tp tetep sama aja,yg kaya dan jadi "golongan bangsawan" golongan2 yg pintar pake embel2 agama, pintar berpolitik itu aja.
akar rumput ya tetap miskin..... yang penting kan udh sesuai dgn hukum agama tegakkan khilafah emoticon-Leh Uga
1. Jgn org jadi Kaya hasil jerih payah disirikin, lihat aja awal mereka berusaha..keringat, air mata, gak kenal malu..kalau mereka berhasil itu pantas
2. Soal tanah, Saya setuju ada yg Salah..org Makin susah punya rumah & tanah, Dan semakin Mahal..pemerintah harus hati2 jgn semua dikuasai pemodal..kementrian perumahannya gak Ada kerjaan kayaknya, gak ada gregetnya!
coba cek negara lain gini juga gak, sesuai prinsip pareto bukan sih
"10% orang terkaya di Indonesia menguasai 74,8% kekayaan nasional. "

Ini wartawannya yg salah kutip atau si Arif yg salah ucap nih.

10% orang terkaya itungnya gimana?
Cara itu bisa dapat persentase nya gimana ?
Itung itungan nya gimana ?
Apa situ ngarang bebas ?
Sementara itu....
Sebagian rakyat indonesia mati2an untuk memenuhi kebutuhan dasar (sandang, pangan, papan)

Tajir pun mau dipermasalahkan
Negara macam apa ini
Seluruh dunia sama, ga pernah tau prinsip 20-80???
Kekayaan 20% orang = 80% penduduk
Yang kaya pertumbuhan kekayaan makin cepet gede, karena invesnya mereka juga gede.emoticon-Cape deeehh
Asal bayar pajaknya, juga rasionya makin gede ga masalah kok.
lah doi kan juga membuka banyak lapangan kerja...

emoticon-Big Grin
Memang begitulah faktanya...


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di