alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia
3.67 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b38221cbfaa66788b4568/ikan-endemik-di-danau-kritis-indonesia

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia



Bicara danau dan ekosistem, memang mengasyikkan seasyik kopi nikmat yang ada di depanku. Namun sepertinya kalian tak pernah tahu bahwa beberapa danau indah di Indonesia mengalami kritis, dan rusaknya ekosistem membuat hancurnya alam dimana hewan endemik menjadi sulit ditemui, karena perkembang biakannya terhambat.

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Hewan Danau endemik apa saja yang sudah kritis karena rusaknya alam akibat ulah manusianya sendiri, mari kita kupas masalah ini.

Ikan Ihan di Danau Toba

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Ihan (ikan batak) merupakan jenis ikan tawar sumatera yang hanya terdapat di sekitar perairan danau toba. Ikan Ihan yang mempunyai nama latin Neolissochillus Thienemanni sumatranus termasuk ke dalam kerabat Ikan Mas (Cyprinus carpio).

Habitatnya adalah perairan jernih dan deras, tentu berbeda dengan ikan mas atau ikan lele yang bisa hidup di air yang agak keruh.

Diperairan danau toba sendiri, saat ini Ikan Ihan sudah jarang ditemukan, penyebabnya adalah habitatnya yang rusak (kondisi danau toba yang semakin memprihatinkan). Oleh karena sudah jarang ditemui, maka oleh IUCN Red List of the Threatened Species, Ikan Ihan diklasifikasikan ke dalam kelompok terancam/Vulnerable.

Dengan rusaknya ekosistem Danau ikan yang banyak terdapat di aliran muara Danau Toba menjadi sangat memprihatinkan, mudah-mudahan ada pihak pemerintah yang memberikan bantuan dan antisipasi agar hewan endemik ini tidak punah.

Rinuak Di Danau Maninjau

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Danau Maninjau, danau yang terkenal dengan legenda “Bujang Sambilan” ini konon kabarnya berasal dari letusan gunung Maninjau / Tinjau.

Danau Maninjau menjadi sumber pencaharian bagi masyarakat sekitar karena kekayaannya akan flora dan fauna yang banyak, seperti bada (kalau di danau Singkarak disebut bilih), rinuak, pensi (kerang kecil-kecil). Selain itu, danau Maninjau juga dijadikan tempat usaha perikanan yang disebut karamba.

Nah ikan kecil mirip ikan teri yang dinamakan rinuak menjadi hewan endemik di danau ini, danau ini termasuk danau kritis karena suka keluarnya endapan racun yang membuat banyak ikan di danau tersebut mati.

Bahkan dahulu jenis betok, sidat, cide-cide dan lainnya sudah punah atau tidak ditemukan lagi di perairan Danau Maninjau.

Punahnya ikan asli danau itu akibat penangkapan ikan secara belebihan yang dilakukan nelayan, dan juga pencemaran serta dimangsa ikan lain.

"Ikan nila, patin dan dan gabus merupakan predaktor ikan dengan ukuran kecil," upaya dari pemerintah memang sudah dilakukan tinggal masyarakatnya yang harus menjaga alam.

Manggabay di Danau Limboto

Ikan Endemik di Danau Kritis Indonesia

Danau Limboto merupakan danau satu-satunya di Kabupaten Gorontalo yang menjadi sumber penghidupan masyarakat sekitar. Namun, usia danau terbesar di Gorontalo itu diperkirakan kurang dari 10 tahun lagi.

Danau limboto mengalami rusak parah karena pencemaran alam, dan tumbuh suburnya eceng gondok, tak hanya penyusutan air danau karena sumber mata air yang tak mengalir namun begitu juga dengan hewan endemik yang ada menjadi jarang sekali ditemukan.

Ikan Manggabay pun menjadi sangat sulit ditemukan dan terancam punah, walau pembenahan sudah dilakukan namun jangkanya teramat lama, harus dari hilir hingga hulu semua berbenah.

Itulah beberapa hewan endemik danau di Indonesia yang terancam punah, yuk kita lestarikan alam untuk anak cucu kita agar negeri ini selalu menjadi destinasi wisata yang menarik.

Sebelum coment sruuppuutt kopi dolo kawan.

emoticon-coffee



Referensi

http://lipi.go.id/lipimedia/lipi:-20-spesies-ikan-danau-maninjau-punah/18337

http://www.mongabay.co.id/2014/11/19/inilah-nasib-manggabai-ikan-endemik-danau-limboto/

http://m.bisnis.com/industri/read/20161114/99/602100/lipi-sumbar-budidayakan-5-jenis-ikan-asli-danau-maninjau


Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 7
he...he...he...
apa harus menunggu alam memperbaiki diri sendiri?
imut2 ikan nya emoticon-Matabelo
ga bisa di budidaya gitu?

wah sayang banget kalo sampe punah


Quote:


ane juga kagak tau sihh bre tapi ntar kalo ane udah sukses ane cobain deh buat membudidayakannya
emoticon-Jempol
Quote:


kotor sekarang itu danau emoticon-Turut Berduka
Quote:


BIsa, tapi siapa yang mau? Engga punya nilai ekonomis...

Budidaya bukan solusi mengatasi ancaman kepunahan, kalopun berhasil dibudidaya mau ditempatin di mana kalo ekosistemnya rusak? Yang harus diputus itu penyebabnya... Ikan ikan konsumsi yang dibudidaya di danau danau itu juga terancam dari racun racun yang mereka hasilkan sendiri. Nantinya bukan cuma ikan ikan endemik yang punah tapi juga ikan ikan konsumsi engga bisa lagi dibudidayakan di danau danau itu...
semoga danaunya terawat
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 04
Ditebar benih lele aje gan
pejwan emoticon-Cool
hmm ane gak demen ikan
Quote:


Lele jenis apa bre
hadooeehh kalaoe endemik gitoe kalaoe tanpa pemeliharaan biesa terantjam poenah djoega
bisa dimakan g tuh?emoticon-Leh Uga
mestinya ekosistem nya mulai dibenahi.. cuma yaa agak susah yaa.. kan juga jarang ada yang mikirin itu.. masih sibuk sama ngurusin perut ama dapur masing-masing..
ane malah baru tau ada ikan endemik kayak gitu.. kira2 asal usulnya dari mana ya?
Ikan Gembok kok ga masuk bre?
Diubah oleh sani25
Kasian, semoga nanti bisa dibudidayakan
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di