alexa-tracking

Pengaruh Internet Terhadap Media Penyiaran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3a9f251a99751f5e8b4567/pengaruh-internet-terhadap-media-penyiaran
Pengaruh Internet Terhadap Media Penyiaran
Pengaruh Internet Terhadap Media Penyiaran
Sekar Firdaus
(Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Perkembangan komunikasi manusia sama halnya dengan perkembangan kehidupan manusia itu sendiri. Komunikasi sangatlah dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan. Demi mempermudah hubungan komunikasi antarmanusia, maka terciptalah teknologi. Penggunaan teknologi mempermudah kehidupan manusia dalam berkomunikasi yang dibatasi dengan perbedaan jarak dan waktu.
Eberett M. Rogers (1986) dalam bukunya Communication Technology; The New Media in Society, mengatakan bahwa dalam hubungan komunikasi dimasyarakat, dikenal empat era komunikasi, yaitu era tulis, era media cetak, era media telekomunikasi, era media komunikasi interaktif. Dalam era terakhir media komunikasi interaktif dikenal media komputer. Perkembangan teknologi komunikasi media berkembang dimulai dari era media tulis dan cetak.
Lahirnya komunikasi interaktif terjadi dengan adanya teknologi informasi dimana penggabungan telepon, radio, komputer, dan televisi menjadi satu yang disebut dengan internet. Pesatnya perkembangan teknologi membuat manusia beralih dan lebih memilih teknologi internet. Internet begitu memukau dan begitu cepat berkembang dengan varian program yang menjadikan dunia ini dalam genggaman teknologi.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) internet merupakan jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit berinternet melakukan hubungan melalui jaringan internet. Internet telah berkembang menjadi sebuah teknologi yang tidak saja sebagai tempat penyampaian informasi. Internet berhasil menciptakan dunia baru bagi masyarakat sehingga terlihat sama dengan realita kehidupan, yang disebut dengan dunia maya.
Perkembangan teknologi juga mempengaruhi media penyiaran. Media penyiaran manusia yang digunakan selalu berkembang sesuai perkembangan teknologi. Hingga yang masih bertahan saat ini seperti surat kabar dan radio. Semua media penyiaran tersebut semakin canggih dan memiliki ciri-ciri serta cangkupannya sendiri. Ditambah dengan terciptanya media penyiaran seperti televisi digital, dan telepon yang sudah semakin mudah dibawa dengan terfasilitasinya internet.
Teknologi yang dapat menembus time and space adalah internet. Internet merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan pada era saat ini. Tanpa adanya internet, segala interaksi antarmanusia serta media penyiaran tidak akan mudah diakses oleh setiap manusia. Dalam kehidupan sehari-hari internet bisa digunakan dalam semua bidang.
Berkembangnya teknologi internet, televisi dan radio yang pesat, membuat manusia dapat menggunakannya dimana saja dan kapan saja. Dengan adanya internet, pengguna radio dan televisi mulai berkurang. Beralihnya penggunaan radio dan televisi dimasyarakat dikarenakan memang internet memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi. Ditambah lagi dengan begitu banyak situs yang memberikan informasi terbaru.
Mengutip Rosalia (2012), Christiany Juditha, Josep J. Darmawan dalam artikelnya yang berjudul Terpaan Siaran RRI dan TVRI Pada Masyarakat di Wilayah Perbatasan RI Timor Leste Vol. 5 No. 1, menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang membuat masyarakat tidak lagi berminat mendengarkan radio seperti dulu. Faktor tersebut antara lain masalah teknologi, program siaran, materi siaran, audio environment, dan brand activironment. Internet sangat berpengaruh terhadap radio dan televisi, dimana masyarakat dapat mengakses radio dan televisi dengan internet yang hanya bermodal gadget. Kini sumber informasi bisa didapatkan hanya dengan internet. Internet adalah sumber informasi dimana semua situs informasi bisa kita akses seperti, detik.com, kompas.com, dan lain sebagainya.
Internet tidak hanya sebagai pencarian informasi saja, dengan internet, manusia bisa berinteraksi tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Internet juga berpengaruh terhadap perubahan interakasi manusia, seperti interaksi sosial, budaya, ekonomi, politik, pendidikan dan lain sebagainya.
Radio dan televisi sudah kalah saing dengan internet yang lebih cepat dalam mengakses dan menyebarkan informasi. Pada zaman ini radio dan televisi memang sudah canggih, tetapi tidak bisa dipungkiri internetlah dengan pengguna terbanyak, dikarenakan internet lebih cepat dan praktis dalam penggunaannya.
Teknologi internet dan digital turut digunakan dalam media penyiaran radio dan televisi. Dengan teknologi yang digunakan ini dapat membuat hasil siaran lebih jernih tanpa mengalami gangguan. Teknologi internet juga dapat digunakan dalam mempeluas jangkauan siaran agar bisa diterima masyarakat luas. Radio yang menggunakan teknologi ini seperti, radio satelit, radio internet, dan lain sebagainya.
Begitu pula dengan siaran televisi yang kini berbentuk digital. Siaran dapat diunggah ke dalam media internet yang terhubung secara online dan dapat dilihat oleh seluruh masyarakat luas, seperti youtube. Penggunaan internet oleh masyarakat memberikan banyak dampak yang tidak terduga. Kecanduan internet dikalangan masyarakat sudah tidak bisa dihindari, sosial media seperti facebook, line, dan lain sebagainya. Ditambah para pedengar radio dan pemirsa televisi yang beralih dan lebih memilih internet sebagai penggantinya dengan streaming internet.
Pentingnya komunikasi dalam kehidupan menjadikan layanan teknologi komunikasi semakin cepat dan mudah. Selain media penyiaran radio dan televisi yang berkembang pesat, media internet masa kini merupakan alat komunikasi yang juga sangat berkembang pesat. Di era globalisasi saat ini, dunia penyiaran, baik lembaga penyiaran publik, swasta, maupun komunitas, tumbuh dan berkembang pesat. Namun, diperlukan sebuah arah penyiaran yang senada dengan era globalisasi, yang tetap menjaga nilai-nilai kebangsaan.

Jadi ini, tentang internet yang perlahan mereduksi media konvensional seperti, tv, koran, n radio. Seperti itukah?
...btw, kalau menghadapi kemajuan teknologi, saya kira radio justru lebih survive, karena orang dengerin radio bisa sambil apa saja.
Halo Gan. Susun Thread agar terlihat menarik dan user friendly. Agar saat Kaskuser lain membuka Thread Agan, mereka nyaman saat membaca cerita yang rapi dan proporsional. Masukkan gambar , foto, video atau suara pendukung untuk membuat alur cerita semakin menarik dan mudah dimengerti Kaskuser lain.