alexa-tracking

Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a34e513925233581b8b4573/upaya-guru-dalam-meningkatkan-motivasi-belajar-siswa-broken-home
Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home
Permasalahan tentang broken home terkadang memiliki dampak yang sangat besar terhadap perkembangan anak. Permasalahan-permasalahan yang muncul dalam keluarga, tidak adanya komunikasi dengan orang tua dan kurangnya perhatian terhadap anak secara tidak langung mempengaruhi kondisi baik psikis dan fisik siswa. Tidak jarang beberapa siswa mengalami gangguan perkembangan sebagai dampak dari terjadinya broken home.

Tindakan-tindakan yang cenderung negatif juga biasanya menjangkit anak-anak yang memiliki keluarga yang broken home. Kesendirian dan keterasingan terhadap keluarga dan lingkungannya memicu mereka mencari pelampiasan lain agar mereka menjadi pusat perhatian ataupun membuat diri mereka merasa tenang. Dan akhirnya, akademik siswa menjadi terganggu dan mengakibatkan menurunnya nilai dan juga motivasi belajar siswa.

Setiap bagian di dalam masyarakat bertanggung jawab dalam membantu siswa agar siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Guru sendiri mempunyai peran sangat berat dalam rangka untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebagai seorang guru yang baik, ketika kita menghadapi anak yang menjadi korban dari Broken Home, adalah dengan mendekati anak tersebut dengan lembut. Berbicara dari hati ke hati. Dan pada saat menghadapi anak tersebut, jadilah teman mereka. Bukan guru mereka. Karena yang mereka butuhkan adalah teman yang dapat mengerti mereka dan dapat membantu mereka.

Kejiwaan seorang anak sangat sensitif. Terutama kejiwaan anak korban broken home, mereka cenderung menutup diri dan tidak bergaul. Pendekatan yang baik adalah dengan mengobrol dengan mereka di luar jam kelas. Bukan di dalam lingkungan sekolah dan dalam cuaca yang cerah. Karena cuaca juga memberikan faktor yang sangat penting dalam proses pendekatan dengan anak broken home.

Harus ada pendekatan yang intensif kepada siswa, cobalah mengajak ngobrol mengenai hal-hal yang sangat mereka sukai. Hingga tanpa diminta, anak tersebut akan dengan sendirinya menceritakan kepada kita perihal yang akan terjadi di dalam keluarga. Bercerita tentang masalah yang dihadapi siswa secara tidak sadar akan membantu mereka dalam menghadapi masalahnya. Selain siswa, orang tua juga harus diberi pengertian tentang kondisi anak disekolah. Perubahan-perubahan yang muncul harus menjadi perhatian semua aspek. Orang tua yang menjadi masalah juga harus tahu apa yang menjadi dampak dari permasalahan rumah tangga.

Setelah semua aspek mendukung untuk siswa dalam merubah sikap dan pikirannya. Kita sebagai guru harus bisa membangkitkan minat siswa dalam belajar. Pengaitan pembelajaran dengan minat siswa adalah sangat penting, dan karena itu tunjukkanlah bahwa pengetahuan yang dipelajari itu sangat bermanfaat bagi mereka. Demikian pula tujuan pembelajaran yang penting adalah membangkitkan hasrat ingin tahu siswa mengenai pelajaran yang akan datang, dan karena itu pembelajaran akan mampu meningkatkan motivasi instrinsik siswa untuk mempelajari materi pembelajaran yang disajikan oleh guru.

Dalam pembelajaran, metode yang di gunakan guru harus semenarik mungkin agar bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar. Guru harus mampu menyajikan informasi dengan menarik, dan asing bagi siswa-siswa. Sesuatu informasi yang disampaikan dengan teknik yang baru, dengan kemasan yang bagus didukung oleh alat-alat berupa sarana atau media yang belum pernah dikenal oleh siswa sebelumnya sehingga menarik perhatian bagi mereka untuk belajar.

Terakhir, nilai dan pujian merupakan hasil dari kinerja siswa dalam melakukan pembelajan. Pujian yang diberikan kepada setiap pekerjaan siswa akan membuat kepercayaan tumbuh dan mendorong hasil kerja yang lebih baik lagi.
×