alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Media Indonesia /
Minim, Distribusi Kartu Tani
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a348d23dcd7704e6a8b4576/minim-distribusi-kartu-tani

Minim, Distribusi Kartu Tani

Minim, Distribusi Kartu Tani

BARU 5.273 lembar atau 3,19% dari target distribusi Kartu Tani yang sudah terkirim ke petani di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. “Memang masih belum maksimal distribusinya,” kata Kepala Seksi Pupuk dan Alsintan Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemkab Bojonegoro Tatik Kasiati di Bojonegoro, Jumat (15/12). Tatik menuturkan target distribusi Kartu Tani di Bojonegoro pada tahun ini sebanyak 165.139 kartu. Sementara itu, kartu yang tercetak sebanyak 133.863 lembar sehingga kartu yang belum terdistribusi mencapai 128.590 lembar.

Dia menuturkan sejumlah kendala dalam pembangian kartu untuk para petani, seperti kartu yang hendak diambil bukan oleh orang sesuai dengan pemilik kartu.



Walhasil, lanjutnya, pihak perbankan tidak bisa memberikan kartu itu. “Karena itu, baru sebagian kecil yang terdistribusi,” jelasnya. Dia menambahkan sejumlah kendala juga mewarnai proses pendataan, antara lain kekeliruan pengisian nomor induk kependudukan (NIK) dan banyak KTP-E milik petani yang belum jadi. Distribusi pupuk subsidi mulai 2018 menggunakan skema tertutup dengan Kartu Tani. Dengan Kartu Tani, petani antara lain bisa mendapatkan jatah pupuk subsidi sesuai dengan lahan garapan, kemudah­an menjual hasil panen, dan alat transaksi.



Menurut rencana, per 1 Ja­nuari pupuk subsidi hanya bisa dibeli dengan menggunakan Kartu Tani yang digesek pada mesin electronic data capture (EDC) yang tersedia pada distributor pupuk. Untuk pembuatan Kartu Tani di Pulau Jawa, pemerintah menggandeng empat bank milik negara, yakni BNI untuk Jawa timur, BRI di Jawa Tengah dan DIY, Bank Mandiri di Jawa Barat, dan BTN di Banten. Wali Kota Denpasar, Bali, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menyerahkan Kartu Tani kepada 38 petani Subak Umadesa, Kecamatan Denpasar Timur. Untuk proyek percontohan, aku dia, baru 38 Kartu Tani yang diserahkan dan akan berkelanjutan hingga seluruh petani mendapatkan. “Kegiatan ini tidak sebatas uji coba, tetapi benar-benar bisa berkesinambungan.” (YK/DG/RS/RF/N-1)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...ani/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Minim, Distribusi Kartu Tani Ed Sheeran Duet dengan Andrea Bocelli

- Minim, Distribusi Kartu Tani Berlanjut, Moratorium Bangun Hotel Baru

- Minim, Distribusi Kartu Tani Napi Narkoba Betah di Dalam LP

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di