alexa-tracking

[HBD2FORSIS] Kenapa Sih Sista Mesti Peduli Tuberkulosis?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a262a0cc2cb179d228b4569/hbd2forsis-kenapa-sih-sista-mesti-peduli-tuberkulosis
[HBD2FORSIS] Kenapa Sih Sista Mesti Peduli Tuberkulosis?
Selamat pagi emoticon-terimakasih
Hari yang cerah ya, semoga sista sehat selalu emoticon-Kiss (S)
Kali ini saya akan mencoba mengajak sista (dan agan) untuk peduli dengan yang namanya tuberkulosis.
Spoiler for tb:
pic from thehealthsite.com]

Sedikit fakta dan informasi dulu yaa,

Sista tau tidak bahwa saat ini Indonesia menempati urutan ke-2 di dunia untuk jumlah penderita tuberkulosis terbanyak, satu tingkat di bawah India, setingkat di atas Cina; dengan jumlah kasus baru diperkirakan 1.000.000 per tahun. Penyebaran kasus tuberkulosis di Indonesia merata dari Sabang sampai Merauke, dengan konsentrasi lebih tinggi terdapat di pulau Jawa dan Sumatera.
Spoiler for epidemiologi:

pic from who.int

Statistik yang luar biasa bukan emoticon-Kagets
Membuat kita semestinya khawatir dan mau sedikit memikirkan penyakit ini emoticon-Thinking
Tapi sesuai dengan judul tret ini, sebenarnya kenapa sih sista harus peduli dengan yang namanya tuberkulosis atau TB ini?

Hayuk kita lihat bersama,

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis, dan ditularkan lewat udara melalui percikan dahak penderita TB. Ketika seseorang yang sakit TB batuk, bersin, berbicara atau meludah, mereka memercikkan kuman TB ke udara. Seseorang dapat terpapar TB hanya dengan menghirup sejumlah kecil kuman TB. Seseorang yang terdiagnosa TB dengan status TB BTA (Basil Tahan Asam) positif dapat menularkan kepada minimal 10-15 orang lain setiap tahunnya. Seseorang yang tertular kuman TB belum tentu menjadi sakit TB. Bila sistem kekebalan seseorang sedang menurun, kemungkinan menjadi sakit TB semakin besar. Kuman TB dapat menjadi tidak aktif selama bertahun-tahun dengan membentuk dinding sel berupa suatu lapisan lilin yang tebal. Sebagian besar pasien TB berada dalam golongan usia produktif yaitu 15-55 tahun.

Karena menular melalui udara, maka tentu saja gejala yang utama adalah gangguan pada sistem pernapasan, seperti batuk berdahak lama, batuk dengan bercak darah, sesak napas, demam dan badan lemas. Namun TB juga dapat mengenai sistem dan organ lain dalam tubuh, bahkan tanpa gejala infeksi saluran napas.
Spoiler for factsheet:

pic from tbindonesia.or.id

Khusus untuk wanita, kuman TB dapat beredar melalui darah untuk kemudian sampai ke organ reproduksi. Penyebaran ini paling banyak mengenai tuba falopii, yaitu saluran yang menghubungkan antara rahim dan indung telur. Kondisi ini dinamakan salpingitis. Pada tuba falopi yang mengalami salpingitis TB akan terbentuk tuberkel granuloma dan akan terjadi penyumbatan, sehingga telur yang sudah dibuahi sulit untuk bermigrasi ke dalam rahim. Begitu juga bila penyebaran infeksi meluas sampai ke rahim. Lapisan dalam rahim, yaitu endometrium, akan mengalami peradangan sehingga sel bakal embrio sulit menempel. Kondisi ini bila tidak diatasi dengan cepat dapat menyebabkan infertilitas. Bahkan jika sudah parah, meskipun TB sudah diobati dan dinyatakan sembuh, kerusakan tuba falopi tidak bisa dikembalikan seperti semula, sehingga satu-satunya opsi untuk program hamil bagi wanita tersebut adalah melalui pembuahan in vitro, atau bayi tabung.
Spoiler for organ reproduksi wanita:

pic from healthreveal.blogspot.com

Jadi bagaimana, lumayan berat kan yah konsekuensi dari infeksi TB untuk kita para sista? Jadi jangan acuh lagi ya terhadap TB emoticon-EEK!
Kalau ada anggota keluarga di rumah atau di tempat kerja maupun lingkungan pergaulan kita sehari-hari yang terindikasi TB, segera periksakan diri ke puskesmas/rumah sakit terdekat. Dan yang terpenting, jangan sampai malu dan putus berobat yaa emoticon-Embarrassment
Saya doakan agar sista cantik selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa emoticon-Angel

Salam sehat emoticon-I Love Indonesia
Spoiler for tb:

pic from tbindonesia.or.id

sumber:
www.tbindonesia.or.id
www.glowm.com
www.ncbi.nlm.nih.gov


salam sehat sist...
moga semakin tinggi kesadaran kita akan bahaya penyakit TB ini
emoticon-Salaman


감사합니다
阿帝哥
Quote:Original Posted By djoeragancendol


salam sehat sist...
moga semakin tinggi kesadaran kita akan bahaya penyakit TB ini
emoticon-Salaman


감사합니다
阿帝哥


iya gan. kalo ada kenalan yg sakit tb jgn lupa disuruh berobat ya emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By .hades
iya gan. kalo ada kenalan yg sakit tb jgn lupa disuruh berobat ya emoticon-Embarrassment


emoticon-Siap Gan
thx info dan sarannya




감사합니다
阿帝哥
Quote:Original Posted By djoeragancendol
emoticon-Siap Gan
thx info dan sarannya




감사합니다
阿帝哥


terima kasih sudah mampir emoticon-terimakasih

Btw, signature tulisan korea ntuh artinya apa sih emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By .hades
terima kasih sudah mampir emoticon-terimakasih

Btw, signature tulisan korea ntuh artinya apa sih emoticon-Big Grin



Mampir karena lihat di list lomba gath sista emoticon-Embarrassment



감사합니다 = terima kasih
阿帝哥 = nama ane
Quote:Original Posted By djoeragancendol

Mampir karena lihat di list lomba gath sista emoticon-Embarrassment



감사합니다 = terima kasih
阿帝哥 = nama ane


ente ikut lombanya jg kah emoticon-Embarrassment

nama ane itu emang dibaca nama ane atau nama beneran ente? emoticon-Thinking
wahh serem bisa ngefek ke rahim. tuh buat para cewe mesti telaten dlm menjaga kesehatan
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By .hades
ente ikut lombanya jg kah emoticon-Embarrassment

nama ane itu emang dibaca nama ane atau nama beneran ente? emoticon-Thinking



Ane ga hadir gath kemarin. Jadi donatur aja buat pemenang.

Nama ane = nama asli (panggilan)



감사합니다
阿帝哥
Quote:Original Posted By djoeragancendol

Ane ga hadir gath kemarin. Jadi donatur aja buat pemenang.

Nama ane = nama asli (panggilan)



감사합니다
阿帝哥


hoo begitu. donatur cendol ya emoticon-Thinking kok bisa sih ada org yg sekali ngirim bisa ngasih byk cendol gt?

emang namanya sapa klo boleh tau?
Quote:Original Posted By .hades
hoo begitu. donatur cendol ya emoticon-Thinking kok bisa sih ada org yg sekali ngirim bisa ngasih byk cendol gt?

emang namanya sapa klo boleh tau?



ngirimnya pakai banyak ID. krn 1 ID cuma bisa kirim 1 emoticon-Big Grin

nama ane Kak Edy



감사합니다
阿帝哥
Quote:Original Posted By djoeragancendol

ngirimnya pakai banyak ID. krn 1 ID cuma bisa kirim 1 emoticon-Big Grin

nama ane Kak Edy



감사합니다
阿帝哥


oh begitu. pantesanemoticon-Big Grin
tapi berarti punya banyak bgt id yg udah iso ya emoticon-Wow

baiklah kak edy, terima kasih atas infonya emoticon-terimakasih
Quote:Original Posted By .hades
oh begitu. pantesanemoticon-Big Grin
tapi berarti punya banyak bgt id yg udah iso ya emoticon-Wow

baiklah kak edy, terima kasih atas infonya emoticon-terimakasih



Punya ane sedikit. Kebanyakan titipan emoticon-Embarrassment



emoticon-Salaman



감사합니다
阿帝哥
ngeri juga yaaa emoticon-Takut
Quote:Original Posted By 442tactician
wahh serem bisa ngefek ke rahim. tuh buat para cewe mesti telaten dlm menjaga kesehatan
emoticon-Cool


Quote:Original Posted By mrbutong
ngeri juga yaaa emoticon-Takut


Benar sekali gan. Dan kadang tb genital ini ga ada gejala lainnya. Jadi ketahuan pas lagi berobat untuk program hamil.

Jadi jangan lupa yaa, kalo ada anggota keluarga atau teman kantor yg sakit tb, agan/sista periksa juga. Sama teman/keluarganya itu dibujukin supaya mau minum obat sampai selesai ya.

Trimakasih sudah mampir emoticon-terimakasih
ngeri juga ya sista
Quote:Original Posted By Bersheker
ngeri juga ya sista


iya ngeri gan. tb itu masalah besar di kita emoticon-Takut (S)
Hari yang hujanemoticon-Om Telolet Om! ya, semoga sista sehat selalu emoticon-Kiss (S)emoticon-Om Telolet Om!
Quote:Original Posted By arbib
Hari yang hujanemoticon-Om Telolet Om! ya, semoga sista sehat selalu emoticon-Kiss (S)emoticon-Om Telolet Om!


kalo hujan jan lupa swedia payung kak emoticon-EEK!
ane gembok yang ini emoticon-Wow