CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Selama Ribuan Tahun, Mengapa Manusia Percaya Agama?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a13e297902cfe45698b4568/selama-ribuan-tahun-mengapa-manusia-percaya-agama

Selama Ribuan Tahun, Mengapa Manusia Percaya Agama?

Selama Ribuan Tahun, Mengapa Manusia Percaya Agama?

KOMPAS.com- Darimana asalnya iman seseorang? Apakah lahir dari dorongan hati dan olah pikiran seseorang? Studi terbaru menunjukan bukan dua-duanya.

Pandagan umum dalam psikologi menyatakan, iman seseorang merupakan bentuk dari dorongan intuisi.

Namun, hal tersebut dibantah dalam studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Oxford.

Peneliti melakukan tiga percobaan. Eksperimen pertama dilakukan pada 89 peziarah Camino de Santiago.

Peneliti menanyakan kepercayaan para peziarah dan lama mereka berziarah. Para peziarah juga menjawab pertanyaan yang menilai tingkat pemikiran logis dan intuisi.

Hasilnya, tidak ada hubungan antara keyakinan agama dan intuisi.

Uji coba kedua dilakukan terhadap 37 orang dari Inggris. Mereka harus mencoba memecahkan teka-teki matematika yang dirancang untuk mengukur intuisi, dan juga menilai tingkat kepercayaan supranatural mereka.

Namun, penelitian membuktikan, tidak ada hubungan antara keduanya.

Yang terakhir, peneliti mencoba menganalisa apa yang ada di dalam otak para 'orang beriman' tersebut.

Elektroda dipasang pada 90 kepala relawan. Lalu, untuk merangsang lonjakan kognitif, peneliti mengaktifkan rifG (right Inferior Frontal Gyrus) peserta.

Sebelumnya, ada penelitian yang mengemukakan bahwa pemikiran analitis dapat menghambat kepercayaan supranatural.

Penelitian pencitraan otak tesebut telah mengindikasikan rIFG, yang terletak di lobus frontal otak, berperan dalam penghambatan ini.

Namun, penelitian tidak membuktikan adanya perubahan kepercayaan pada sesuatu yang supranatural akibat pengaktifan rifG.

Oleh karena itu, terlalu dini untuk mengatakan keimanan seseorang berasal dari dorongan perasaan maupun pikiran logika.

"Keyakinan agama kemungkinan besar berakar pada budaya dan bukan pada intuisi primitif," kata Miguel Farias, dosen dan direktur studi psikologi di Universitas Oxford, seperti dikutip di Livescience.

Sementara itu, Nathan Cofnas, seorang mahasiswa doktor filsafat di Universitas Oxford yang tidak terlibat dalam penelitian, penemuan tentang keimanan tersebut masih belum final.

Menurutnya, ada studi lain yang menunjukkan bahwa religiusitas merupakan bentuk warisan.

"Kami tahu dari penelitian orang kembar, gen cenderung memiliki pengaruh lebih besar daripada lingkungan terkait apakah seseorang menjadi religius atau tidak saat usia dewasa," katanya.

Untuk itu, pasti terjadi beberapa mekanisme psikologis yang bervariasi di antara orang-orang dan dikaitkan dengan tingkat religiusitas yang berbeda.

Lain lagi dengan penganut atheis yang dianggap lebih pintar dari orang-orang religius.

"Alasan untuk ini tidak sepenuhnya jelas, tapi mungkin saja orang yang lebih cerdas cenderung menolak agama setelah melakukan olah pikiran yang rasional," kata Cofnas.

Mungkin benar bahwa faktor sosial dan pendidikan memainkan peran penting dalam kepercayaan religius seseorang, namun tidak menutup kemungkinan faktor dasar kognitif inti juga berperan serta.

http://sains.kompas.com/read/2017/11...-percaya-agama

jadi mengapa sampeyan beragama? karena pengaruh keluarga? pengaruh lingkungan?
Halaman 1 dari 4
Karena bego dan kepalanya bau jigong.
Diubah oleh meki.9.tahun
Post ini telah dihapus
karena percaya bulan bisa di belah
padahal hanya liat bulan sabit kok

emoticon-Traveller
tuh liat diatas ada yg kejang² akibat agama emoticon-Ngakak
mau nggak disolatin nih?

emoticon-Marah
karena manusia butuh..

udah psikologinya gitu,

yg agama keyakinannya ya Tuhan,

yg atheist ya "menuhankan" logika..


sama saja itu... emoticon-Wkwkwk
Quote:


raja garong barbar abad ke 7 kog dibilang manusia sempurna emoticon-Busa
Quote:


yoi bre enakan di sorga nanti. bisa dapet 72 perawan auto rapet + Sungai Khamr. nikmat yg ini dong.

emoticon-Cool
Quote:


dr pd percaya bumi sebagai pusat tata surya n datar yg punya pohon yg dpt di liat seluruh mahluk penjuru bumi

emoticon-Wakaka
kemaren udah ada trit beginian ah elah , makan dulu sanah
Gw beragama karena orang tua dan lingkungan

Dan gak beragama karena gw MIKIR
Knp banyak yg sirik sm org beragama
Quote:


butuh darimana tong? itu suku2 pedalaman ga butuh agama, bahkan kanibal dan suka menggal kepala musuh krn budaya dan lingkungan
Beragama apa enggak, emang udah sifat manusia itu yang tamak dan egois.
Quote:


kok gitu si
yg menggal kepala orang kan butuh emoticon-Mad
butuh jadi tameng emoticon-Malu
Quote:


lah pasti mereka punya keyakinan kan.. yg di sembah atau dewa dewi.. itulah agama mereka.
Quote:


ah ga juga, ga semua suku dipedalaman suka nyembah2 tong
Quote:


ya butuh emang, biar bisa dirampok hartanya......based on true story of mamad the garong
Quote:


coba sebutkan suku apa? dan sumbernya.
Quote:


banyak tong, dayak salah satunya
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di