alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tips Mencegah Kebakaran Karena Korsleting
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a11b602de2cf2f1068b4569/tips-mencegah-kebakaran-karena-korsleting

Tips Mencegah Kebakaran Karena Korsleting

Tips Mencegah Kebakaran Karena Korsleting
Kebakaran merupakan salah satu bencana yang masih sering kita temukan sehari-hari. Bangunan milik korban pun habis dilalap si jago merah yang menyebabkan korban materi bahkan korban jiwa. Salah satu faktor penyebab kebakaran adalah keteledoran manusia. Data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta menunjukkan pada tahun 2016 terdapat 1.047 kasus kebakaran di Jakarta. Listrik menjadi penyebab terbesar kebakaran yaitu sebanyak 754 kasus. Untuk mencegah kebakaran karena konsleting listrik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

Tips Mencegah Kebakaran Karena Korsleting



1 Jangan menempelkan stop kontak bertumpuk-tumpuk. Stop kontak dibebani dengan berbagai peralatan sehingga dapat hangus dan gosong. Untuk itu, Anda harus lebih memahami peralatan listrik yang digunakan sehari-hari. Jangan biarkan stop kontak di rumah Anda terhubung dengan banyak peralatan elektronik. Hal ini dapat menyebabkan korsleting dan terjadi kebakaran.
2 Perhatikan sistem kabel Jangan biarkan kabel yang sudah rusak tetap Anda gunakan karena serabut-serabut yang ada di dalam kabel tersebut sudah putus. Agar kabel awet dan bisa digunakan lama, sebaiknya jangan sering menggulung kabel.

3 Rawatlah instalasi listrik secara berkala. Perawatan instalasi listrik secara berkala untuk mengetahui bila terjadi kerusakan pada kabel atau peralatan listrik misalnya isolasi yang terbuka pada sambungan. Bila memungkinkan gantilah seluruh jalur instalasi setiap lima tahun sekali.

4 Matikan segera listrik dari KWH meter Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik, matikan segera listrik dari KWH meter. Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air bila masih ada arus listrik.


Demikian tips mencegah konsleting listrik. Sebelum hal-hal yang tak diinginkan terjadi seperti musibah kebakaran menimpa Anda, sebaiknya kita melakukan tindak pencegahan. Pilihlah Asuransi Kebakaran yang sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk menghubungi asuransi terbaik. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?


*tulisan saya ini diposting di <a href="www.tripakarta.co.id">www.tripakarta.co.id</a>

Silahkan cek instagram TRIPA @asuransitripa
Diubah oleh ianzfunk40
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Solusi buat anak kost gan, ane selalu numpang colokan ma Tante sebelah, apalagi kalo suaminya ga ada
Jangan menggunakan perangkat instalasi listrik yg abal2. Kerap kali permasalahan berawal dri kabel yg tdk sesuai standar. Semisal dianjurkan menggunakan kabel berukuran 2,5mm atau 4mm, carilah yg ukurannya memang benar. Banyak dipasaran kabel yg bertuliskan 2.5mm namun kenyataannya hanya 2,0mm. Agar tdk tertipu penjual ajaklah orang yg memang faham soal listrik saat berbelanja.
Quote:


apanye yang dicolok ? emoticon-Bingung
Nabrak tiang listrik jg bsa bkin arus pendek lhoo emoticon-Leh Uga
makasih ganemoticon-Cool
oke nice tips bre
emoticon-thumbsup
Nah ini sampe stopkontak di sambung sambung yg bego siapa emoticon-Ngakak
Kalo memmasang instalasi stopkontak jangan lupa juga masang grounding , itu juga sebagai pengaman saat terjadi lonjakan arus yg besar, supaya mencegah kebakaran
yang penting jagan sampe short aja. itu yang bahaya.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di