Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ultrawomanAvatar border
TS
ultrawoman
HATI HATI DENGAN ASURANSI PERJALANAN TOKIO MARINE
Saya menulis pengalaman pribadi saya agar agan yang lain jangan terkena kasus yang sama seperti saya, bulan agustus yang lalu saya sekeluarga melakukan perjalanan ke India, dan saya selalu membeli asuransi perjalanan karena tahu kadang ada saja masalah tak terduga muncul, saya melihat asuransi tokio marine dan akhir nya membeli asuransi untuk 5 orang, sebesar 1,6jt ( sebenarnya angka ini terlalu mahal untuk tujuan asia, saya juga heran kenapa saya ambil memang sudah nasib apes kali ya ).

Masalah 1 muncul, kami tinggal di lokasi yang dekat dengan gunung dan kemarin ada letusan gunung dan sebagian sakit pernapasan, ayah dan adik terutama, kami berobat dan doktor hanya ijin clear untuk ayah yang bisa melakukan perjalanan sementara adik tidak bisa karena masih terlihat tidak baik.

Polis asuransi sudah jelas dengan policy pembatalan perjalanan karena sakit, saya melaporkan berbulan bulan ke tokio, dan REPOT NYA GAN, saya sudah memakai jasa agen asuransi begitu banyak dan juga melakukan claimt ( ie: Zurich, aca, axa, lippo, sinarmas, travellin dan AIG ) dan tidak pernah serepot ini lho.

Bukti pembatalan tiket diberikan, surat keterangan dokter, surat keterangan dari airline bahwa no show dan benar tidak melakukan perjalanan, bukti invoice rumah sakit diberikan, setelah berminggu minggu saya tetap tanya bagaimana, diminta foto passport, fotokopi lembar passport harus dikirim manual! Jaman sekarang lho!! uda bukti begitu kuat dan jelas, mereka cari alasan beribu ribu untuk tidak approve, jelas saya naik pitam dan akhirnya setelah marah marah mereka baru setuju, yang diganti hanya tiket pesawat, uang perobatan tidak diganti sama sekali, harusnya ini DI COVER, karena termasuk claimt travel cancellation segala biaya yang dikeluarkan untuk perobatan diganti tetapi mereka berdalih, saya juga mikir ya sudahlah.

Masalah 2 : Selama di India sialnya kami terkena masalah, ada teror habis habisan di area yang kami datangi, area di blok total dan ini masuk ke media international, selama 7 hari semua akses ke punjab India tidak bisa di masuki sementara ini area yang hendak didatangi, akhirnya kami harus mengganti plan, dan saya lakukan claim untuk case DISRUPTION OF JOURNEY, artinya perjalanan yang terganggu dan tidak bisa dilakukan karena alasan yang valid ( teror termasuk ). Apa yang terjadi?

Bukti voucher hotel dikirim, segala bukti transportasi dikirim, semua bukti invoice kami mengalihkan perjalanan dikirim, dan mereka meminta bukti keterangan polisi bahwa ada terror! ini sebenarnya keterlaluan sekali lho, di media international bisa dilihat itu pun kami berusaha ke kantor polisi terdekat disana, habis dimarahi oleh polisi disana, dibilang apa urusan kami? memangnya anda ini siapa kami harus buat surat pernyataan bahwa ada terror disini? apa di negeri kalian tidak ada televisi?

Dan tokio dengan gampang nya mengatakan bahwa ini tidak di cover, kecuali dana yang dikeluarkan adalah di area tujuan utama, logika nya bikin mau pecah kepala, kita tidak bisa masuk ke area yg didatangi ya tentu saja dana yang dikeluarkan bukan di area itu, sakit kepala sampai ke ubun. Akhirnya saya tidak mau lanjut lagi

Masalah 3 : Sialnya selama disana ibu sakit, demam, naik asam lambung, dan kita 3 kali berobat ke rumah sakit, resep dokter jelas, semua lengkap, kwitansi ada, bahkan test darah juga masuk karena dokter disana mau memastikan penyakit apa yg diderita setelah 2x berobat tidak ada perkembangan.

Apa yang terjadi? Tokio mencari beribu alasan bahwa sakit ibu tidak di cover, minta surat pernyataan dari dokter di Indonesia bahwa beliau tidak sakit sebelum berangkat, dan banyak alasan lain lagi, ini lagi lagi dalih beribu alasan mereka agar claim tidak di approve, kekecewaan saya luar biasa melihat perusahaan begitu greedy nya, tidak mengindahkan kewajiban mereka, dalam ranah hukum sebenarnya bisa dilaporkan, tapi saya tahu prosedur ini repot sekali dan akan memakan waktu.

Yang bisa saya lakukan cuma share pengalaman saya, JANGAN menggunakan asuransi perusahaan ini, saya hobi melakukan perjalanan ke luar negeri bertahun tahun, dan saya banyak melakukan claim perjalanan ke berbagai asuransi lain, dan tidak ada seburuk ini lho, saya cuma mau ingatkan jangan sampai agan sakit kepala luar biasa seperti saya dan pada akhirnya semua claim tidak diterima.


Pengalaman positif saya dengan asuransi perjalanan kalau mau tahu

1.AIG : Perusahaan luar biasa, free telepon lagi, saya kena kasus kehilangan dompet di luar negeri, malah mereka yang menelepon saya terus terusan memastikan keadaan saya baik dan apa perlu dibantu di beri cash darurat, LUAR BIASA, saya senang nya luar biasa dengan AIG, sayang mereka tidak menawarkan asuransi perjalanan lagi, tapi ini contoh asuransi company, dan tidak ada bertele tele, mereka tidak ada minta kirim dokumen, semua dengan digital, surat pernyataan polisi bahwa dompet saya hilang, dan foto boarding pass saya, hanya 2 dokumen ini lho! tidak ada minta kirim manual ratusan berkas seperti si tokio ini tadi, dan uang saya dikembalikan bahkan uang beli dompet baru dikasi 300rb, hebat!

2.Lippo Insurance : favorit saya yang kedua, bagasi saya hilang di amerika, tengah malam baju tipis dari indonesia, ga kebayang suntuk nya luar biasa, saya email beri tahu keadaan saya, dan mereka membalas silahkan dibeli kebutuhan darurat dan receipt disimpan, dengan budget yang tertera di polis tentunya walau agak pas pasan karena serba mahal disana, tapi saya bisa beli jaket dan sepatu musim dingin yang harusnya saya punya di bagasi yang hilang, juga prosedur tidak repot, lippo sangat professional mengurus claim, dokumen memang harus diurus manual semua receipt dikirim, tapi mereka sangat koperatif, dalam 2 minggu semua claim beres dan saya mendapat perlindungan sesuai yang dijanjikan.

3,Zurich : Tergantung agen nya,kemarin yang awal menangani persis seperti tokio cuek bebek, tapi begitu saya complaint kenapa tidak tanggap terhadap costumer akhirnya di alihkan ke agen yang lebih professional, saya di rampok di luar negeri, jadi semua biaya dan case diurus tuntas, juga tidak ada kerepotan selain awalnya oleh agen yg tidak manusiawi, tidak ada dipaksa kirim receipt manual ini itu, dengan digital file tuntas.

Ini tiga top favorit saya, dan sekali lagi agan semua, sebaiknya hati hati dan berpikir lagi deh kalau mau ambil asuransi tokio, semoga membantu
0
10.6K
0
Thread Digembok
Thread Digembok
Komunitas Pilihan