CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Berapa sih jumlah total sendok ibu di soal matematika ini?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a0a90b51cbfaaee6e8b4567/berapa-sih-jumlah-total-sendok-ibu-di-soal-matematika-ini

Berapa sih jumlah total sendok ibu di soal matematika ini?

Berapa sih jumlah total sendok ibu di soal matematika ini?
Jawaban si anak dan guru menimbulkan perdebatan di kalangan netizen

Berapa sih jumlah total sendok ibu di soal matematika ini?

Feed.merdeka.com - Sebuah soal matematika sekolah dasar menjadi viral di media sosial, khususnya Facebook. Soal itu menjadi viral bukan lantaran sulit loh.

Soalnya adalah sebagai berikut, seperti yang diunggah akun Facebook Kementrian Humor Indonesia:

Sendok yang digunakan untuk makan ada 6.
Ibu masih mempunyai 14 sendok yang belum dipakai.
Jadi berapa jumlah sendok Ibu?

Si anak menjawab: 6 + 14 = 20

Namun, jawaban anak itu disalahkan oleh si guru sambil memberi jawaban 'benar' versinya, yakni: 14-6=8.

Nah, jawaban guru inilah yang kemudian menimbulkan perdebatan di kalangan netizen. Sebagian besar netizen menilai, jawaban si anak lah yang benar.

Para netizen pun berdebat. Ada yang menilai, kalimat soal matematika ini rancu sehingga multitafsir.

Denis Stanislaus Toruan: Yg bikin soalnya yg rancu... yg kemudian membuat sang guru dan murid pun bs berbeda logika pemahaman...

Namun, hal ini dibantah netizen lain:

Diaz As Ragncloudia: Sudah jelas kata kuncinya di "MASIH" dan "BELUM TERPAKAI", ini sih jelas gurunya yg salah, dan bukan salah persepsi karena kalimatnya sama sekali tidak ambigu.

Sementara ada juga netizen yang berusaha menengahi perdebatan. Seperti akun Syaepudin At-Tanary yang menulis: Ada kekeliruan saat mengoreksi jawaban murid itu wajar. Yg penting siswa tsb segera lapor ke guru yg bersangkutan. Sehingga guru mengetahui kesalahannya dan segera memperbaiki, dan siswa tsb tdk dirugikan sehingga tdk salah memahami konsep.

Oqyrandy Russel: Kalimat krusialnya "Sendok yang digunakan untuk makan ada 6" berarti sudah ada 6 sendok yang tersedia "Masih ada 14 sendok lagi yang belom dipakai"

Berarti 6+14= 20
Ya bener si anak

Kecuali si bu guru kalimat nya "sendok yang dibutuhkan untuk makan adalah 6 buah"

Ini soal matematika yang digabung dengan soal bahasa indonesia

Namun, sebagian netizen setuju dengan jawaban si anak. Nah, bagaimana dengan Anda? (ita)

https://feed.merdeka.com/trend/berap...i-171113r.html

kalo dari 14 sendok yang belon terpakai, 8 sendok milik ibu, 6 sendok lagi milik siapa?
Diubah oleh balado.jengkol
Halaman 1 dari 2
Guru juga manusia
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Beginian sampe nimbulin perdebatan di dumay? Kurang kerjaan emoticon-No Hope
kata kuncinya ada di kata “digunakan” & “belum dipakai”

emoticon-Big Grin
gurunya salah.

ibu masih mempunyai 14 sendok makan (lagi) yang belum dipakai.

jadi total sendok makan ibu adalah = jumlah yang terpakai + jumlah yang masih belum dipakai.

emoticon-Angel emoticon-Kiss emoticon-I Love Indonesia

bisa jadi bukan gurunya yang salah, soalnya biasanya si guru pegang kunci jawaban dari buku tematik si anak.

yang guoblok itu yang bikin jawaban soalnya.

cobak cek dulu, yang bikin nulis ini kek gimana

Berapa sih jumlah total sendok ibu di soal matematika ini?

in sya allah ato in shaa allah

kalok yang nulisnya in shaa allah, ya wajar aja, dia nggak nguasai bahasa indonesia

kalok yang nulisnya in sya allah, maka keknya dia memang guoblok

Berapa sih jumlah total sendok ibu di soal matematika ini?
Berapa sih jumlah total sendok ibu di soal matematika ini?

emoticon-DP emoticon-Najis

emoticon-Traveller
itu bukan guru matematika tapi guru togel
Apa kidz zaman now segitu parahnya ya sampe ginian aja d debatin.. Dah jelas 20 hasilnya.. emoticon-Cape d...
Di kurikulum 13 guru diwajibkan berimprovisasi, berita itu hasilnya.
emoticon-Leh Uga
soalnya ambigu emoticon-Smilie
makan pakai sendok atau makan sendok?
Tuh guru mikrnya telalu komplek

Padahal itu mate matika dibuat simple aja
gurunya koplak tipikal baca dikit ketik amin klik share


emoticon-Cape d...
gak ada kerjaan bener dah beginian bikin rame.

btw karena soalnya ada kata 'masih' itu artinya ditambah dengan yang sudah ada. jadi si anak bener bray emoticon-Cool
jawabannya ya 20lah.. koplak emoticon-Ngakak
bikin soal sendiri
dinilai sendiri

resep viral di endonesa
kuncinya ada di kata "MASIH"
si anak udah bener, gurunya yg salah
Entah netizen atau wartawan yg kurang kerjaan emoticon-Cape d... (S)
Kalo 8 mustahil

walo kalimatnya dimaksudkan menjebak

Sendok yang digunakan untuk makan ada 6.
Ibu masih mempunyai 14 sendok yang belum dipakai.
Jadi berapa jumlah sendok Ibu?


Jawabannya aslinya pasti 14 sendok.

Kalo tidak dimaksudkan untuk menjebak jawabannya jadi 20.

Lagian soal ginian paling hasil translate yg gak bener
Diubah oleh starloackzz
saiya ngikut jawaban si anak.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di