alexa-tracking

FAKTA TENTANG KAHLIL GIBRAN YANG BANYAK TIDAK DIKETAHUI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a098578529a457f3c8b4573/fakta-tentang-kahlil-gibran-yang-banyak-tidak-diketahui
icon-hot-thread
FAKTA TENTANG KAHLIL GIBRAN YANG BANYAK TIDAK DIKETAHUI
FAKTA TENTANG KAHLIL GIBRAN YANG BANYAK TIDAK DIKETAHUI

Rasanya hampir semua orang mengenal Kahlil Gibran (Khalil Jibran), setidaknya pernah mendengar namanya, terutama di kalangan sastrawan dan penikmat sastra. Yah, namanya sangat populer karena karya-karyanya yang begitu fenomenal dan mendunia, sebut saja seperti Sayap-Sayap Patah, Sang Nabi, Rahasia Hati, Jiwa-Jiwa Pemberontak, dan lain-lain.

FAKTA TENTANG KAHLIL GIBRAN YANG BANYAK TIDAK DIKETAHUI

Meski pria kelahiran Beshari, Lebanon, 6 Januari 1883 ini begitu terkenal, namun banyak orang yang tidak mengetahui tentang beberapa aspek kehidupan pribadinya. Kepopuleran namanya seolah telah menutupi rahasia dirinya.

Apa saja fakta tentang Gibran yang tidak diketahui umum? Cekidot, Gan!

1. Gibran bukan hanya penulis dan penyair.
Kebanyakan orang mengenal Gibran adalah seorang penulis dan penyair karena karya-karya di bidang sastra (puisi, cerpen, naskah drama dan sejenisnya) begitu terkenal. Buku-bukunya biasanya dipajang di toko-toko buku paling depan di deretan karya sastra. Namun tahukah Agan-Agan, bahwa selain menjadi penulis dan penyair, Gibran juga sangat terkenal sebagai pelukis, pemahat, filosof, pakar teologi dan seniman seni rupa? Gibran punya studio sendiri untk mengelola dan menyimpan karya-karya lukisnya, di Boston, USA.

2. Karya Gibran pernah dicekal Pemerintah
Meski karya-karyanya disukai banyak orang, namun ada di antara karyanya yang pernah dicekal oleh pemerintah. Karya pertamanya, Spirits Rebellious ditulis di Boston dan diterbitkan di New York City, berisi empat cerita kontemporer sebagai sindirian terhadap sosial, pejabat tinggi, pengurus keagamaan, dan cintanya yang kandas akibat perbedaan status sosial. Karena bukunya tersebut, ia diasingkan oleh pemerintah Turki di Lebanon, bahkan bukunya dibakar di berbagai tempat di Beirut.

3. Gibran tidak pernah menikah seumur hidupnya
Meski Gibran termasuk tipe lelaki romantis seperti yang tergambar dalam karya-karyanya, namun sampai akhir hayatnya ia belum pernah menikah. Namun soal kekasih, tercatat setidaknya dua orang yang pernah mengisi hatinya.

Pertama, May Ziadah seorang kritikus sastra Arab yang sering mereview karya-karya Gibran. Mereka tak pernah bertatap muka walau lewat foto, tapi berkomunikasi hanya lewat surat menyurat.

Kedua, Marry Haskell, seorang Kepala Sekolah yang pertama kali membantu penerbitan karya-karya Gibran. Namun Merry akhirnya menikah dengan pria lain, karena ia merasa mempunyai beberapa perbedaan prinsip dengan Gibran.

4. Karya Gibran diterjemahkan ke berbagai bahasa
Meski karya Gibran aslinya adalah berbahasa Arab atau Inggris, namun ketika beredar di suatu negara, karyanya itu pasti sudah diterjemahkan ke dalam bahasa resmi negara tersebut. Karena itu, tak mengherankan jika karya-karyanya telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 25 bahasa dunia.

5. Gibran adalah non muslim
Banyak orang menduga bahkan menyakini bahwa Gibran adalah seorang muslim, padahal ia adalah seorang penganut Katolik. Ini mungkin karena namanya yang bernada ke-arab-araban. Hal ini wajar, sebab Gibran lahir di Lebanon yang mayoritas penduduk adalah muslim dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab.

Gibran wafat pada 10 April 1931 dalam usia 48 tahun, dan dimakamkan pada 21 Agustus 1931 di Mar Sarkis (sekarang Gibran Museum), sebuah biara Karmelit, Lebanon.

FAKTA TENTANG KAHLIL GIBRAN YANG BANYAK TIDAK DIKETAHUI

Meski non muslim, namun prosesi pemakaman janazahnya dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai agama, baik muslim maupun non muslim. Yah begitulah kelebihan seni dan sastra. Keindahannya mampu mengesampingkan perbedaan SARA. ***




Spoiler for Referensi:
Ane pernah lah bre baca bukunya selembar dua lembar emoticon-Big Grin



Biar selembar, tapi itu "pemungkasnya" :-) heee
Quote:


Sang nabi emoticon-Belo
Beeuuuhhh......pujangga dunia ini mah emoticon-Recommended Seller

Ku coba terbangkan sayap patah ku.... emoticon-Kaskus Radio
Kirain gibran anaknya pak joko emoticon-Malu (S)
Quote:


beda bre 😂😂
setdah. ninggalnya aja 1930? emoticon-Belo


ane pernag baca satu bukunya gan, judule lupa, emoticon-Hammer (S), punyanya siswa yg pkl dirumah.

ane baru tau pas itu kalo non muslim, but berat berat kalimat kalinatnya, emoticon-Big Grin
Gue kira anak jokowi
bukan anak pakde ya emoticon-Kiss
jadi tau ane sekarang.... emoticon-Shakehand2
so what? sepertinya disana jg tidak ada permasalahin soal agama gan
kahlil gibran yah bre. dulu jaman SMA tiap ada hapalan ips pasti ada trus nih qoute nya emoticon-Ngakak
Quote:


Ane tadi mau komen kek gini juga emoticon-Leh Uga
Yup, The Prophet.
Quote:


Yup, bahkan reputasi Gibran di di atas Shakespeare, katanya sih.
Quote:


Mungkin karena kebesaran nama Gibran, membuat orang melupakan soal keyakinannya. begitulah seni dan sastra menghilangkan perbedaan SARA.
Quote:


kalo dicekal pemerintah sih ya pasti banget lah ya emoticon-Big Grin jaman doeloe kan ya gitu ... emoticon-Traveller
Quote:



nice quote, sesuatu yang akhir2 ini sering dilupain.
bantu gemboked aja deh om