"pantang pulang sebelum tupo(tutup poin)"kata2 tersebut sering terdengar dari candaan para ojol(ojek online)gan.
Akan tetapi di balik kalimat candaan tersebut gan tersirat keseriusan mereka dalam mengejar target bonus sehari2 itu gan.
Nah trit ane kali ini berdasarkan pengalaman dari para driver ojol di kota ane gan,ane ingin menuangkan cerita seru,sedih dan bahagia mereka para driver ojol sehari2 gan.
Spoiler for Show must go on:
Terkadang para gojekers(sebutan para ojol di kota ane gan)harus siap menerima orderan apapun yang masuk dalam aplikasi mereka gan(ini kata orang kantornya sih gan).
Dengan permintaan yang terkadang bikin gregetan tuk nyinyirin customer eh gan,
Seperti semen 2 sak,tabung gas ukuran besar 40 kg,hingga antar kayu bangunan walaupun sedikit jumlahnya tapi kan ngerepotin banget tuh bawanya gan.
Sebagian mereka mungkin ttp menjalankan tuh orderan tentu sambil ngedumel atau ngomel sih gan.
Spoiler for Kaum hawa yang tahan banting:
Ane pernah ngobrol dengan salah satu gojekers wanita,cantik dan masih muda pula gan.
Alasan doi jadi gojekers itu simple cari uang dan asyik klo ngumpul bareng gojekers lain berasa punya keluarga besar di jalanan yang slalu menjaga doi setiap saat.
Doi juga bercerita ttg pengalaman doi selama menjadi gojekers,terkadang kudu tahan mental menghadapi customer yang minus2 memandang profesi doi,
Seperti tidak percaya kemampuan doi dalam berkendaraan atau istri yang cemburuan karna tau tuh yg jemput suaminya seorang wanita langsung main cancel aja,
di tanya kenapa...?? sang istri hanya bilang nggak suka klo suaminya dekat2 dgn wanita lain.
Spoiler for the enemy in front line:
Inilah gan daftar deretan musuh bebuyutan para ojol yang sering di hadapi setiap harinya.
1.Angkoters:
Udah menjadi rahasia umum hubungan mesra para ojol dan angkot setiap harinya di jalanan,
Dengan alasan dengan adanya ojol bikin penghasilan mereka berkurang,
padahal kita sudah pada tau angkot sudah mulai banyak di tinggalkan karna mudahnya kredit motor dan betapa efesiennya motor di kemacetan jalanan sekarang ini yaa gan.
2.Anjing:
Binatang ini ternyata cukup merepotkan para ojol yang lagi antar makanan atau barang gan.
Bayangin gan saat ojol masuk di perumahan yang banyak anjingnya trus tuh binatang dengan bebasnya berkumpul dan mejeng di pinggir jalan.
Terkadang pada saat nih ojol lewat tuh binatang langsung paduan suara khas gaya mereka gan sembari mengejar tuh ojol yang melintas lha di pikirnya tuh ojol artis kalee yaaa gan.
3.Opang:
Kalo yang ini mah terkadang aja sih klo tuh opang lagi sensi doang alias lagi haid kalee.
4.cerita mistis dan area pemakaman:
Kalo yang ini gan mank rada2 sih bikin nyali ciut terutama tuk para ojol yang dinas malam hari.
Di kota ane ada daerah2 tertentu yang mank asli serem gan padahal banyak warga yang hidup disana gan.
Seperti kawasan gunung dubs perumahan pertamina,di sana komplit gan banyak anjing dan tempat2 tertentu yang bikin merindiang gan.
Jangankan ojol gan lha securiti disana aja gan bnyak juga yg keder klo lagi patroli keliling daerah2 tersebut.
Sepanjang cerita ojol yang pernah ane denger gan ada beberapa titik rawan yg cukup membuat nyali mereka ciut tanpa ampun gan.
Seperti kawasan jalan lahendong dan pos kuntilanak yg dulunya sempat di huni securiti disana tapi karna sesuatu hal mereka angkat kaki dari pos tersebut dengan ringan hati.
Spoiler for hidup seperti bertopeng:
Setiap harinya para gojekers akan selalu berhadapan dengan para customer yang macam2 prilaku dan perlakuannya.
Ini gan 3 kategori customer menurut versi mereka
1.customer baik hati
Selalu memberi tips yang terkadang nilainya gede,adapula udah di bayar pakai go-pay masih saja membayar tunai padahal sudah di bilang udah terbayar via go pay
2.Customer standar:
Cukup dengan terima kasih dan langsung menutup pintu.
3.Customer killer:
Bukan dalam artian membunuh lho gan.
Nih customer cerewetnya minta ampun,kudu lengkap di kasi masker dan penutup rambut kalo tidak bintang 1 menanti.
Ada juga yang tidak percayaan terhadap pembelian barang yang tidak sesuai dgn aplikasi.
Sekalipun itu sudah di jelaskan oleh ojol dan pemilik warung/toko pun kenapa tidak sesuai dgn harga aplikasi ttp tidak percaya dan ngotot pula gan.
Mau di cancel aja tuh orderan malah bilang jangan,mw di belikan tapi customernya bilang ini korupsilah atau sekongkol dgn pemilik warung/toko naikan harganya.
Akan tetapi driver ojol tetap tersenyum sekalipun di balik senyum itu terselip marah,jengkel atau sedih di wajah mereka gan.
Inilah yang bisa ane suguhkan gan,smoga bermanfaat tuk kita lebih mengenal kehidupan para ojol sebenarnya.