alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59f44d885a5163bd3d8b4567/darimana-asal-usul-alfabet-di-bahasa-indonesia-explained-with-animation
Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*
Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*


Darimana Asal-Usul Alfabet yang Ada dalam Bahasa Indonesia?

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*

Bahasa di seluruh Indonesia ada bejibun jumlahnya, apalagi di seluruh dunia. Meski begitu, sekarang kita dan sebagian besar penduduk dunia yang menggunakan aksara alfabet bisa mencatat berbagai pengetahuan, informasi dan saling memahami dari hampir semua orang di dunia, terima kasih pada alfabet yang mengabadikan pengetahuan umat manusia. Tapi omong-omong, siapa sih penemu simbol-simbol alfabet ini sebetulnya?

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*


Quote:
Cekidot versi animasinya gan ( biar lebih ngerti!):
youtube-thumbnail



Quote:
Sebelumnya kita akan kembali ke masa lalu!

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*

Rupanya, ada cerita yang sangat… sangat… panjang di balik penemuan A, B, C dan teman-temannya. Singkatnya, perkembangan aksara alfabet bisa dilacak jauh di zaman Mesir Kuno, dimana orang berkomunikasi dengan simbol-simbol berupa gambar yang disebut hieroglif . Masalahnya, simbol yang rumit ini cuma dipakai para penguasa dan bikinnya sangat makan waktu. Sampai akhirnya, muncullah media yang lebih enteng dan gampang ditulis. Makin sering ditulis, simbol hieroglif yang rumit pelan-pelan jadi makin sederhana, sehingga lebih cepat ditulis.




Quote:
Alfabet latin kita berkembang dari masa ke masa lintas budaya

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*

Seiring berlalunya zaman, simbol-simbol Mesir ini diadopsi orang-orang Kanaan purba, kemudian dikembangkan lagi oleh bangsa Phoenisia. Berhubung orang-orang Phoenisia suka bergadang… eh, berdagang, simbol-simbol mereka pun ikut tersebar ke mana-mana, termasuk ke Yunani. Nah, di sini nih, simbol-simbol Phoenicia mulai berkembang jadi alfabet mula-mula, sebelum dipatenkan oleh Bangsa Romawi jadi alfabet Latin yang kita kenal sekarang.

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*



Quote:
Misteri dibalik penemunya...

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*

Karena itu, siapa penemu alfabet pertama mungkin bisa dibilang misteri yang mustahil bisa dipecahkan. Meski begitu, nenek moyang alfabet bisa kita lacak lewat bentuk dan bunyinya. Misalnya, simbol sungai dalam hieroglif Mesir diadaptasi bangsa Phoenisia jadi simbol “mem”, yang nantinya akan berevolusi jadi alfabet “M” yang kita kenal sekarang .



Quote:
Indonesia mengadopsi alfabet latin, yang kita pakai sekarang

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*

Terus gimana ceritanya kita, orang Indonesia, bisa nulis pakai alfabet Latin? Intinya, alfabet yang kita pakai sekarang berakar dari peradaban di Eropa dimana dulu disebarkan oleh pemerintah Romawi saat berusaha menaklukkan dunia dan menyebarkan kebudayannya. Berabad-abad kemudian, Kerajaan Belanda yang menyerap dan mengadopsi dari sisa kerajaan Romawi, menggunakan alfabet untuk mengeja Bahasa Melayu yang umum dipakai di Hindia Belanda. Nah, berhubung Bahasa Melayu jadi basis bahasa persatuan kita, Bahasa Indonesia, akhirnya kita pakailah si A, B, C, D ini sampai hari ini.

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*





nah di hari sumpah pemuda ini, perlu kita ketahui bahasa persatuan kita bahasa Indonesia menggunakan alfabet latin untuk dapat ditulis, bahasa yang dibuat untuk persatuan Indonesia ini semoga dapat terus membuat siapa saja yang memakainya menjadi tetap bersatu yah!


emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Sumber



Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*

Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation* youtube.com/c/kokbisa
Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation* bit.ly/kokbisa
Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation* kokbisachannel
Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation* @kokbisachannel
Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation* instagram.com/kokbisa


Darimana Asal-usul alfabet di bahasa Indonesia? *Explained With Animation*



reserved
padahal kita punya huruf-huruf yang non alfabet, tapi malah gak ngerti sendiri emoticon-Entahlah
kalo nugget alfabet dari mnaa asal usul nyaa
Kenapa ya huruf M harus berbentuk gitu? emoticon-Bingung (S)

Quote:Original Posted By parchedcell
reserved


coba kau cendolin aku bisa ga?
Jadi semakin tahu.
pahlawan sesungguhnya itu yang namanya tidak pernah di kenang contohnya penemu alfabet emoticon-Cool
kirain asalnya dari mata turun ke hati turun lagi ke bawah pusar emoticon-Leh Uga
Saya alien saya pribumiemoticon-Cool
ho no co ro ko emoticon-Cool
contributor always hate emoticon-Cool
Oh gitu toh... ngga tau jadi tau deh tuh...
Tenyata begitu asal nya
Quote:Original Posted By zansanzhetsu
contributor always hate emoticon-Cool


Iya begitulah gan
suara narator nya kayak yg review hengpon emoticon-Ngakak
Informatif gan, sayang ane blm ada waktu nonton animasinya. Good job sir!
oh itu asal usul nya emoticon-Cool
Dali matamu matamu matamu
Di pinggil kali, wekowek
Mencali manga, wekowek
emoticon-Malu
Buatan kapir emoticon-Matabelo
wah ane nulis ini drmna ya