- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Begini Ternyata Cara Kerja Musik Game 8-Bit Jaman Dulu


TS
bayusumardi
Begini Ternyata Cara Kerja Musik Game 8-Bit Jaman Dulu
SELAMAT DATANG GAN

Nintendo Gameboy
Halo, Gan. bertemu lagi dengan ane BayuSumardi
Kali ini ane akan membahas tentang cara kerja musik game 8-bit jaman dulu atau yang sekarang kita sebut Chiptune
Tiap kali ente main game Nintendo apa sih yang paling berkesan? Gameplaynya, graphicsnya? atau Musiknya? Yang pasti, salah satu dari agan suka sama lagu-lagu game jaman dulu

Kali ini ane akan membahas tentang cara kerja musik game 8-bit jaman dulu atau yang sekarang kita sebut Chiptune
Tiap kali ente main game Nintendo apa sih yang paling berkesan? Gameplaynya, graphicsnya? atau Musiknya? Yang pasti, salah satu dari agan suka sama lagu-lagu game jaman dulu

Nah, Kali ini ente akan menjelaskan lebih lanjut sejarah musik chiptunedan cara kerjanya
Yuk baca lebih lanjut:
Yuk baca lebih lanjut:
Quote:
SEJARAH MUSIK CHIPTUNE/8-BIT
Sebenarnya kapan sih musik-musik chiptune dimulai?
Sejak 1951
Sejarah paling awal musik chiptune dapat ditemukan di awal sejarah musik komputer. Pada tahun 1951, komputer CSIRACdan Ferranti Mark 1 digunakan untuk melakukan real-time synthesized digital music di depan umum.

Komputer CSIRAC
Salah satu album musik komputer komersial paling awal berasal dari First Music Computer Music Festival di kota Philadelphia, yang diadakan pada tanggal 25 Agustus 1978, sebagai bagian dari pertunjukan Personal Computing '78. Rekaman Musik Musik Philadelphia Music pertama diterbitkan oleh Creative Computing pada tahun 1979. Program TV luar negeri Global Science International (1976-79) memuji sebuah PDP-11/10 untuk musik tersebut.
Lahh.. terus kalau begitu awal penggunaannya di video game dimulai kapan gan?
1975
Musik Chiptune mulai muncul dengan video game yang diproduksi pada zaman keemasan game ding dong. Contoh awal dari lagu chiptune adalah lagu intro dalam game dingdong ciptaan Tomohiro Nishikado, Gun Fight (1975).
Video game pertama yang menggunakan soundtrack latar belakang adalah Space Grenadman, ciptaan Tomohiro Nishikado tahun 1978, yang memiliki empat nada bass turun kromatik sederhana yang berulang dalam satu lingkaran, meski dinamis dan berinteraksi dengan pemain, semakin meningkat seiring musuh turun pada pemain.

Mesin dingdong Gun Fight
Video game pertama yang menampilkan musik latar belakang melodis adalah Rally-X, sebuah game dingdong yang dirilis oleh Namco pada tahun 1980, yang menampilkan lagu sederhana yang berulang terus menerus selama bermain game. Ini juga merupakan salah satu permainan paling awal yang menggunakan konverter digital-ke-analog untuk menghasilkan suara sampel. Pada tahun yang sama, video game pertama yang menampilkan sintesis ucapan juga dirilis, Game dingdong Stratovox oleh Sunsoft.
Pada akhir 1970-an, grup tarian elektronik/synthpop original Magic Magic Orchestra (YMO) merintis menggunakan komputer untuk menghasilkan musik yang disintesis. Beberapa musik awal mereka, termasuk album debut mereka yang berjudul 1978, adalah cuplikan suara dari game dingdong populer seperti Space Invaders and Gun Fight.

Commodore 64
Selain menggabungkan suara dari video game kontemporer ke dalam musik mereka, band ini nantinya memiliki pengaruh besar pada banyak permainan video dan musik chiptune yang diproduksi selama era 8-bit dan 16-bit. Game dingdong Sega 1982 Super Locomotive, misalnya, menampilkan versi cover chiptune YMO's "Rydeen" (1979); Beberapa game komputer kemudian juga meliput lagu tersebut, seperti Trooper Truck (1983) oleh Rabbit Software dan Daley Thompson's Decathlon (1984) dan Stryker's Run (1986) yang diatur oleh Martin Galway.
Pada tahun 1983, permainan arcade Konami Gyruss menggunakan lima chip suara bersama dengan konverter digital-ke-analog, yang sebagian digunakan untuk membuat rendering elektronik JS. Bach's Toccata dan Fugue di D minor.
Pada tahun 1984, mantan anggota YMO Haruomi Hosono merilis sebuah album yang seluruhnya diproduksi dari sampel permainan dingdong Namco yang berjudul Video Game Music, contoh awal rekaman chiptune dan album musik video game pertama.
Rekaman tersebut menampilkan karya komposer ciptune Namco: Toshio Kai (Pac-Man pada tahun 1980), Nobuyuki Ohnogi (Galaga, New Rally-X dan Bosconian pada tahun 1981, dan Pole Position pada tahun 1982), dan Yuriko Keino (Dig Dug dan Xevious di 1982).
Sebenarnya kapan sih musik-musik chiptune dimulai?
Sejak 1951
Sejarah paling awal musik chiptune dapat ditemukan di awal sejarah musik komputer. Pada tahun 1951, komputer CSIRACdan Ferranti Mark 1 digunakan untuk melakukan real-time synthesized digital music di depan umum.

Komputer CSIRAC
Salah satu album musik komputer komersial paling awal berasal dari First Music Computer Music Festival di kota Philadelphia, yang diadakan pada tanggal 25 Agustus 1978, sebagai bagian dari pertunjukan Personal Computing '78. Rekaman Musik Musik Philadelphia Music pertama diterbitkan oleh Creative Computing pada tahun 1979. Program TV luar negeri Global Science International (1976-79) memuji sebuah PDP-11/10 untuk musik tersebut.
Lahh.. terus kalau begitu awal penggunaannya di video game dimulai kapan gan?
1975
Musik Chiptune mulai muncul dengan video game yang diproduksi pada zaman keemasan game ding dong. Contoh awal dari lagu chiptune adalah lagu intro dalam game dingdong ciptaan Tomohiro Nishikado, Gun Fight (1975).
Video game pertama yang menggunakan soundtrack latar belakang adalah Space Grenadman, ciptaan Tomohiro Nishikado tahun 1978, yang memiliki empat nada bass turun kromatik sederhana yang berulang dalam satu lingkaran, meski dinamis dan berinteraksi dengan pemain, semakin meningkat seiring musuh turun pada pemain.

Mesin dingdong Gun Fight
Video game pertama yang menampilkan musik latar belakang melodis adalah Rally-X, sebuah game dingdong yang dirilis oleh Namco pada tahun 1980, yang menampilkan lagu sederhana yang berulang terus menerus selama bermain game. Ini juga merupakan salah satu permainan paling awal yang menggunakan konverter digital-ke-analog untuk menghasilkan suara sampel. Pada tahun yang sama, video game pertama yang menampilkan sintesis ucapan juga dirilis, Game dingdong Stratovox oleh Sunsoft.
Pada akhir 1970-an, grup tarian elektronik/synthpop original Magic Magic Orchestra (YMO) merintis menggunakan komputer untuk menghasilkan musik yang disintesis. Beberapa musik awal mereka, termasuk album debut mereka yang berjudul 1978, adalah cuplikan suara dari game dingdong populer seperti Space Invaders and Gun Fight.

Commodore 64
Selain menggabungkan suara dari video game kontemporer ke dalam musik mereka, band ini nantinya memiliki pengaruh besar pada banyak permainan video dan musik chiptune yang diproduksi selama era 8-bit dan 16-bit. Game dingdong Sega 1982 Super Locomotive, misalnya, menampilkan versi cover chiptune YMO's "Rydeen" (1979); Beberapa game komputer kemudian juga meliput lagu tersebut, seperti Trooper Truck (1983) oleh Rabbit Software dan Daley Thompson's Decathlon (1984) dan Stryker's Run (1986) yang diatur oleh Martin Galway.
Pada tahun 1983, permainan arcade Konami Gyruss menggunakan lima chip suara bersama dengan konverter digital-ke-analog, yang sebagian digunakan untuk membuat rendering elektronik JS. Bach's Toccata dan Fugue di D minor.
Pada tahun 1984, mantan anggota YMO Haruomi Hosono merilis sebuah album yang seluruhnya diproduksi dari sampel permainan dingdong Namco yang berjudul Video Game Music, contoh awal rekaman chiptune dan album musik video game pertama.
Rekaman tersebut menampilkan karya komposer ciptune Namco: Toshio Kai (Pac-Man pada tahun 1980), Nobuyuki Ohnogi (Galaga, New Rally-X dan Bosconian pada tahun 1981, dan Pole Position pada tahun 1982), dan Yuriko Keino (Dig Dug dan Xevious di 1982).
Lalu cara kerjanya bagaimana gan? 
Nih:

Nih:
Quote:
Cara Kerja Musik Chiptune
Waveform generatoradalah modul dasar dalam sistem sintesis suara. Generator bentuk gelombang biasanya menghasilkan bentuk gelombang geometris dasar dengan timbre tetap dan variabel bervariasi.
Konfigurasi generator gelombang umum biasanya termasuk dua atau tiga bentuk gelombang sederhana dan seringkali merupakan generator pseudo-random-noise (PRNG) tunggal. Bentuk gelombang yang tersedia sering termasuk gelombang pulsa (yang timbre dapat bervariasi dengan memodifikasi duty cycle), gelombang persegi (gelombang pulsa simetris yang hanya menghasilkan nada aneh), gelombang segitiga (yang memiliki timbre tetap yang hanya mengandung harmonisa ganjil, namun lebih lembut dari pada gelombang persegi), dan gelombang gigi gergaji (yang memiliki timbre serak yang terang dan mengandung harmonisa yang aneh dan bahkan).

Chip audio SID 6581 milik Commodore 64
Dua contoh penting dari sistem yang menggunakan teknologi ini terdiri dari konsol game portabel Nintendo Game Boy, dan komputer pribadi Commodore 64. Game Boy menggunakan dua saluran pulsa (dapat dipindah antara 12,5%, 25%, 50% dan 75% duty cycle gelombang), saluran untuk pemutaran PCM 4-bit, dan generator acak pseudo-acak. Commodore 64, bagaimanapun, menggunakan chip SID Teknologi MOS yang menawarkan 3 saluran, masing-masing dapat dihubungkan antara denyut nadi, gigi gergaji, segitiga, dan kebisingan. Tidak seperti Game Boy, saluran pulsa di Commodore 64 memungkinkan kontrol penuh atas siklus tugas gelombang. SID adalah chip yang sangat canggih secara teknis, menawarkan banyak fitur lainnya termasuk modulasi cincin dan filter resonansi yang dapat disesuaikan.
Karena terbatasnya jumlah suara pada chip primitif tersebut, salah satu tantangan utamanya adalah menghasilkan musik polifonik yang kaya dengan mereka. Metode yang biasa untuk ditiru adalah melalui arpeggio yang cepat, yang merupakan salah satu fitur musik chiptune yang paling relevan (tentu saja, bersamaan dengan timbres elektroniknya).
Beberapa sistem yang lebih tua menampilkan pager sederhana sebagai satu-satunya keluaran suara mereka, seperti ZX Spectrum dan IBM PC asli; Meskipun demikian, banyak pemrogram terampil mampu menghasilkan musik tak terduga yang tak terduga dengan perangkat keras telanjang ini, di mana suaranya dihasilkan sepenuhnya oleh CPU sistem dengan kontrol langsung pager.

Waveform generatoradalah modul dasar dalam sistem sintesis suara. Generator bentuk gelombang biasanya menghasilkan bentuk gelombang geometris dasar dengan timbre tetap dan variabel bervariasi.
Konfigurasi generator gelombang umum biasanya termasuk dua atau tiga bentuk gelombang sederhana dan seringkali merupakan generator pseudo-random-noise (PRNG) tunggal. Bentuk gelombang yang tersedia sering termasuk gelombang pulsa (yang timbre dapat bervariasi dengan memodifikasi duty cycle), gelombang persegi (gelombang pulsa simetris yang hanya menghasilkan nada aneh), gelombang segitiga (yang memiliki timbre tetap yang hanya mengandung harmonisa ganjil, namun lebih lembut dari pada gelombang persegi), dan gelombang gigi gergaji (yang memiliki timbre serak yang terang dan mengandung harmonisa yang aneh dan bahkan).

Chip audio SID 6581 milik Commodore 64
Dua contoh penting dari sistem yang menggunakan teknologi ini terdiri dari konsol game portabel Nintendo Game Boy, dan komputer pribadi Commodore 64. Game Boy menggunakan dua saluran pulsa (dapat dipindah antara 12,5%, 25%, 50% dan 75% duty cycle gelombang), saluran untuk pemutaran PCM 4-bit, dan generator acak pseudo-acak. Commodore 64, bagaimanapun, menggunakan chip SID Teknologi MOS yang menawarkan 3 saluran, masing-masing dapat dihubungkan antara denyut nadi, gigi gergaji, segitiga, dan kebisingan. Tidak seperti Game Boy, saluran pulsa di Commodore 64 memungkinkan kontrol penuh atas siklus tugas gelombang. SID adalah chip yang sangat canggih secara teknis, menawarkan banyak fitur lainnya termasuk modulasi cincin dan filter resonansi yang dapat disesuaikan.
Karena terbatasnya jumlah suara pada chip primitif tersebut, salah satu tantangan utamanya adalah menghasilkan musik polifonik yang kaya dengan mereka. Metode yang biasa untuk ditiru adalah melalui arpeggio yang cepat, yang merupakan salah satu fitur musik chiptune yang paling relevan (tentu saja, bersamaan dengan timbres elektroniknya).
Beberapa sistem yang lebih tua menampilkan pager sederhana sebagai satu-satunya keluaran suara mereka, seperti ZX Spectrum dan IBM PC asli; Meskipun demikian, banyak pemrogram terampil mampu menghasilkan musik tak terduga yang tak terduga dengan perangkat keras telanjang ini, di mana suaranya dihasilkan sepenuhnya oleh CPU sistem dengan kontrol langsung pager.

Wahh ternyata, gak semudah itu kalau bikin lagu chiptune ya gan
Oh ya, nih penjelasan lengkap(Bahasa Inggris) oleh 8-Bit Guy

Oh ya, nih penjelasan lengkap(Bahasa Inggris) oleh 8-Bit Guy

Quote:

How Oldschool sound/music worked
Quote:
0
4.5K
Kutip
29
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan