Paramount Channel
Beberapa minggu yang lalu pernah ada Kaskuser yang bikin thread soal enaknya jadi pekerja kantoran. Poin-poin yang bikin para pekerja kantoran manggut-manggut karena related banget. Yang nggak bisa dihindari dari bekerja di kantor adalah berhubungan dengan orang-orang di divisi lain, di luar kantor seperti klien, dan dengan atasan atau bos.
Yang terakhir memang rada-rada tricky. Nggak punya hubungan baik dengan bos bakalan bikin kehidupan di kantor jadi sulit untuk beberapa hal. Apalagi kalau udah berurusan dengan minta cuti atau minta surat rekomendasi misalnya. Tapi kalau terlalu dekat juga bisa mengundang prasangka buruk dari rekan karyawan yang lain.
Menjalin hubungan baik dengan atasan memang penting. Apalagi kalau Agan sudah punya rencana untuk stay di tempat kerja dalam jangka waktu yang lama. Bahkan meski untuk jangka waktu satu atau dua tahun pun hubungan baik ini tetap harus dibangun. Punya hubungan baik dengan atasan tentu saja punya banyak poin plus. Sebagai pegawai, Agan dan Sista pasti butuh seseorang yang bisa bicara hal-hal positif soal kinerja dan kemampuan profesional. Atasan adalah orang yang paling pas buat itu.
Lalu, gimana sih cara menjaga hubungan baik dengan atasan? Beberapa hal di bawah ini mungkin bisa membantu Gan/Sis untuk memulai membangun hubungan baik itu nih!
Quote:
1. Jangan mentok dengan kondisi saat ini
Hubungan kamu dengan atasan hari ini nggak akan sama dengan satu atau dua tahun ke depan. Jadi jangan merasa down kalau sekarang komunikasi kalian nggak terlalu bagus. Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyak ngobrol, hubungan antara kamu dan atasan pasti akan bisa terbentuk dan jadi lebih baik.
Quote:
2. Jangan terpengaruh dengan mood atasan
Konsistensi sangat dibutuhkan dalam bekerja. Baik itu konsistensi kepribadian dan juga pekerjaan. Tapi nggak bisa dipungkiri kan Gan/Sis kalau ada kalanya orang-orang akan berada di fase bad mood. Nah, kamu harus tahu kondisi mood atasan kamu, tapi jangan bikin itu mempengaruhi mood kamu juga. Jalani hari dengan biasa, bekerja sebaik mungkin. Yang penting jangan sampai kamu juga jadi ketularan bad mood.
Quote:
3. Jangan mengharap pujian
Buat beberapa orang, pujian dari atasan bisa jadi bermakna sebagai sebuah pencapaian karena sudah melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Tapi hal ini nggak boleh jadi mindset Gan/Sis. Seringkali, orang yang terbiasa menerima pujian dari atasan akan merasa frustrasi ketika pujian itu tidak datang padahal mereka sudah mati-matian melakukan sebuah pekerjaan.
Tetap percaya diri dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan kemampuan adalah yang paling penting di dunia kerja. Nggak selamanya juga kan atasan akan ingat untuk memberi pujian. Mereka bukan ahli pembaca pikiran, lho. Yang mereka harapkan dari kamu adalah do a good job.
Quote:
4. Nggak cuti mendadak
Cuti memang hak semua karyawan. Sebelum meninggalkan kantor, terlebih dalam waktu yang lama, sebaiknya beritahukan atasan beberapa hari sebelumnya. Jadi atasan juga punya waktu untuk menyiapkan backup untuk menggantikan posisi kamu selama nggak ada di kantor.
Quote:
5. Tahu gaya bicara dan gaya komunikasi atasan
Karyawan harus tahu betul gaya bicara atasan dengan baik supaya nggak baper saat mendengar perintah. Ada orang-orang yang mungkin terdengar seperti marah-marah padahal sebenarnya nggak. Selain itu, gaya komunikasinya pun harus diketahui dengan baik. Sehingga ketika mereka meminta untuk mengerjakan sesuatu, kita bisa langsung menangkap maksudnya dengan cepat tanpa perlu berulang-ulang mengkonfirmasi dan bertanya.
Kalau kamu termasuk karyawan baru, boleh tanya ke atasan apakah mereka lebih suka berkomunikasi langsung, lewat email, atau via telepon?
Quote:
6. Datang lebih cepat dari atasan
Memang nggak mudah untuk bisa sampai di kantor sepagi mungkin. Tapi ternyata datang ke kantor lebih pagi dari atasan bisa membantu menjaga hubungan baik dengan atasan lho. Mereka yang berada di jabatan tinggi ity butuh orang-orang yang bisa diandalkan. Dengan melihat kehadiran kalian di kantor lebih pagi dari dirinya, atasan akan merasa lebih tenang.
Quote:
7. Nggak perlu terlalu dekat juga kok
Menjaga hubungan baik dengan atasan bukan berarti berteman dan jadi dekat banget. Mereka nggak perlu tahu semua tentang kehidupan pribadi karyawan. Kayak misalnya harus jadi temen di Facebook atau harus follow di Instagram. Kecuali mereka yang mulai duluan, hindari menambahkan mereka sebagai teman di media sosial.
Terkoneksi di media sosial dengan atasan sebenarnya sah-sah aja. Tapi jangan sampai ketika kamu harusnya izin cuti karena sakit, mereka malah melihat update-an kamu sedang liburan.
Nah, itu beberapa tips untuk menjaga hubungan baik dengan atasan. Semoga bermanfaat ya Gan/Sis!
Sumber