CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dituding murtad, kebaktian Nasrani di Yogyakarta dibatalkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59eac07f12e257cf428b4567/dituding-murtad-kebaktian-nasrani-di-yogyakarta-dibatalkan

Dituding murtad, kebaktian Nasrani di Yogyakarta dibatalkan

Kebaktian Nasrani yang digagas Pendeta Stephen Tong di Stadion Kridosono, Yogyakarta, batal digelar Jumat (20/10), akibat desakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI).

Dengan alasan menguatnya penolakan ormas, pengelola stadion, PT Anindya Mitra Internasional (AMI), membatalkan perjanjian sewa yang mereka teken dengan panitia acara bertajuk Kebaktian Nasional Reformasi 500 Tahun itu.

"Ada beberapa informasi dan masukan terkait acara itu. Kami kan badan usaha, pasti memperhatikan itu semua karena risiko harus kami hitung," kata Direktur Utama PT AMI, Dyah Puspitasari, seperti dilaporkan wartawan Furqon Himawan di Yogyakarta.

Pada 12 Oktober lalu, FUI bersurat kepada Kepala Polda Yogyakarta Brigjen Ahmad Dofiri. Dalam surat itu, mereka menuding kebaktian pimpinan Stephen Tong berpotensi menjadi ajang permurtadan karena berisi penyembuhan massal.

Meminta Dofiri tak menerbitkan izin, FUI menyarankan panitia kebaktian memindahkan acara dari Kridosono ke gereja.
Empat hari berselang, MUI melayangkan surat serupa kepada Dofiri. Surat yang diteken Ketua MUI Yogyakarta Thoha Abdurrahman itu memiliki konten yang sama dengan surat FUI.

Hingga berita ini diturunkan, BBC Indonesia telah berupaya mengkonfirmasi lebih lanjut sikap MUI dan FUI. Namun kedua pihak belum memberi jawaban.

Kabid Humas Polda Yogyakarta, AKBP Yulianto, menyebut pihaknya tidak perlu mengerluarkan izin untuk acara keagamaan, tapi hanya surat tanda terima pemberitahuan. Berkaca pada kebaktian yang digelar Stephen Tong di Kridosono pada 2015, ia mengatakan kepolisian harus mengerahkan banyak personel untuk mengamankan acara.

"Kami belajar dari pengalaman, kalau tahun ini dilaksanakan pun, kami akan mengeluarkan pengamanan yang cukup banyak," ujarnya.
Yulianto mengklaim sudah membantu panitia kebaktian mendapatkan tempat alternatif selain Kridosono. Namun, kata dia, panitia tak menindaklanjuti tawaran tersebut.

Melalui keterangan tertulis, panitia kebaktian membantah tudingan yang dialamatkan kepada Stephen Tong. Mereka menyebut pendeta tersebut tidak pernah menggelar kebaktian penyembuhan fisik.

"Stephen Tong hanya melakukan kebaktian kebangunan rohani yang menekankan pertobatan sejati," kata panitia dalam surat berkop Stephen Tong Evangelistic Ministries International.

Panitia mengklaim sebelumnya telah menggelar kebaktian serupa di 15 kota lain di Indonesia. Acara itu, kata mereka, juga diselenggarakan di 22 kota di beberapa negara seperti London dan New York.

Sebelumnya, kebaktian pimpinan Stephen Tong juga pernah ditentang sejumlah ormas. Desember 2016, kebaktian Natal yang mereka gelar di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung, didesak bubar karena perizinan yang tidak lengkap.

Sementara pada April 2015, kebaktian Stephen Tong di Kridosono, Yogyakarta, juga digelar dalam penolakan ormas.

Stephen Tong merupakan pimpinan Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII). Dalam situs daring mereka, gereja itu menyebut memiliki cabang di empat benua, yakni Asia, Australia, Eropa, dan Amerika.
Kantor pusat gereja tersebut berada di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, di sebuah gedung berkubah besar bertuliskan solus christus soli deo gloria.
Adapun kelompok masyarakat sipil menyebut FUI beberapa kali terlibat aksi intoleran. Salah satunya merupakan desakan mereka terhadap Universitas Kristen Duta Wacana menurunkan spanduk yang memuat foto mahasiswi berkerudung.

Komnas HAM mencatat pengaduan pelanggaran hak kebebasan beragama dan berkeyakinan mendominasi daftar mereka pada tahun 2016, yakni sebanyak 87, meningkat 10 aduan dari 2015.

Dari angka itu, 44 di antaranya berbentuk pelarangan mendirikan rumah ibadah, sementara 19 lainnya berupa pembatasan kegiatan keagamaan.

http://www.bbc.com/indonesia/indonesia-41695336

Kirain ormas radikal FPI atau HTI yg membubarkan, ternyata MUI toh.
profile-picture
profile-picture
mutualismee.com dan lonelinesssoul memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
emoticon-Takut
hidup lu ribet amet.

emoticon-Traveller
Quote:

acara yg ga penting dan bakal nguras duit negara
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 08
berarti harus dituntut nih MUInya... ngapain ngurusin kegiatan agama laen sampai bikin surat segala... tokh yang ikutan acaranya bukan dari golongan muslim...

soalnya biar bagaimanapun Panitia udah keluarin biaya dan waktu, terus gak jadi dibatalin, ya rugi dong..

di kota kota lain bebas koq...

situ ngadain pengajian di rumah rumah aja gak ada yang larang

Quote:


berarti yang diomongin sama si Din waktu kejadian terdahulu di Bandung itu CUMA OMONG KOSONG belaka..
Diubah oleh balado.jengkol
kalo dulu suka ada tuh acara di tv yang nyembuhin orang pake nyanyi2 , biasanya ngomong 2 bahasa diterjemahin, masih ada gak ya ?, ane pikir itu show doang , ternyata emang cara berdoanya gitu yak
hell lu yah lele lu yah, di tv lokal masih banyak tuh bray emoticon-Kagetsemoticon-Kagets

Quote:
Diubah oleh satriagujis
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


Duit negara? Jgn disamain broo, kalo kebaktian gini mah duit jemaat sendiri emoticon-Big Grin
Haleluya nikmat mana lagi yang nastak dustakan. emoticon-Wakaka
Lama2 di rs harus dirawat sama dokter yg seiman dan sekelamin ?
Quote:


terus stasiun tvnya harus ditutup?
Quote:


Quote:

tuh baca. bronis butuh duit buat pengamanan
Quote:


Kayak lu gak tau aja, di Indonistan semua harta jemaat milik umat mayoritas.


Diubah oleh pedosuci
Quote:


loh kok ditutup? Siapa yg bilang ditutup? emoticon-Kagets
Ane kan cuma ngequote agan diatas kalo acara gitu masih ada di tv lokal, jangan baper ah elahemoticon-Big Grin
astagfirullah

inilah pentingnya perppu ormas, biar ormas2 nasbung taik ga sembarangan nyebar hoax dan kemungkaran dimuka bumi ini  emoticon-fuck
Diubah oleh monyet2012.
penyembuhan dianggap pemurtadan
kalo gak sanggup ngaku ajah
terus tanyakan sama allah swt kenapa umat tidak mampu melakukan penyembuhanemoticon-Ngakak
h3h3...
Quote:


mane ade org nasrani ngemis bawa 2x peti jenazah emoticon-Ngakak
Diubah oleh icnabqeizir
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di