CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Semester 7 Belum Ambil Peminatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59cd3de61a997513368b4567/semester-7-belum-ambil-peminatan

Semester 7 Belum Ambil Peminatan

ane mahasiswa semester 7 jurusan teknik mesin di salah satu universitas swasta daerah jaksel.
harusnya ane dkk udah ambil matkul peminatan jurusan ini buat tugas akhir (Konversi atau Manufaktur) tapi jadwal yang matkul peminatan ini bentrok sama matkul wajib, jadwal ini yg ngluarin pihak kampus nya.
pembimbing akademik ane dkk pun kaya angkat tangan gitu & kasih saran supaya kerja praktek industri dulu (harusnya di semester 8). akhirnya ane ikutin saran tuh pembimbing akademik.
yang jadi pertanyaan :
1.boleh ga sih ambil matkul peminatan itu sekaligus sama tugas akhir ?
2.kalo pun poin nomer 1 ga boleh berarti ane dkk ambil tugas akhir di semester 9 dong alias nambah 1 semester lagi ?

sorry berantakan, ane udah tanya di forum teknik tapi sepi emoticon-Big Grin *CMIIW
Diubah oleh pecintaladyrose
Entahhh... Bukan anak teknik
Tanya sama PA aja
Biasanya kalo syarat tugas akhir mah gak boleh barengan sm tugas akhir.
Kyknya beda kampus beda tata cara
TA baru boleh diambil setelah matkul konsentrasi diambil semua, dan seringkali matkul konsentrasi itu ga muncul dalam satu semester saja.

Kayaknya opsi 2 yang bisa ente ambil, heheu emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh artwing
Lu tanya dosen lu/TU emoticon-Cape d... (S)
dl sih boleh ambil tugas akhir (skripsi) kalo sudah selesai PKL / kerja praktik industri, memenuhi SKS yg telah ditentukan (mengikuti semua matkul) & syarat tambahan berupa nilai matkul wajib min. C

kalo kejadian kaya agan di atas, mau gk mau agan nambah semester lg emoticon-shakehand
Diubah oleh hiimanonymous
Quote:


ini kejadianya cuma menimpa angkatan ane doang bree ane dari SMA → S1 itu yg jadwal nya bentrok sedangkan yg dari d3 → S1 jadwal nya ga bentrok emoticon-Cape d... (S)
Quote:


matkul konsentrasi semester berapa aja di buka, tapi masalah nya masa ane dkk kudu ambil di semester 9 emoticon-Mewek
Quote:


udah sering bree, malah kaya tiki taka emoticon-Cape d... (S)
Lu tanya dukun bre emoticon-Big Grin
Quote:


kaya nya sih lebih condong kesitu gan solusinya emoticon-Frown
Quote:


kampus yang aneh emoticon-Hammer2
klo dlu ane gmn ya,,,
kyknya TA sem 8, KPnya semester 7, peminatan sem 5 deh
udh dijadwalin juga krsnya sm kampus
Diubah oleh 3770372
Quote:


klo ga mau yaudah emoticon-cih
Agan-agan mau tanya nih ya,saya rencana mau ambil cuti semester 4 gan (karena ada masalah internal),inti dari pertanyaan "saya aktif kembali di semester 5,nah semester 6 itu saya ngejalani semester 6 atau semester 4 (semester cuti) gan?,dan juga mau tanya apakah di semester 5 saya masih dengan teman yang sama?"

tanya di sebelah gak di balas gan heehe emoticon-Nohope
Diubah oleh istighfarid
tau ah klo sekarang
gw dah lulus dri tehnik mesin
jaman old dulu gw cmn ada 2 kosentrasi
struktur ama energi
jaman now gw kurang tau

tpi saran dri senior lo neh
lulus T. mesin kira2 4 1/2thn aj udh bagus tuh.
jgn lama2 kuliah mesin
soalnya gabut.gk ada cweknya, ntr lama2 jdi maho lu
Quote:


karena saya udah lama sekali ga kuliah, mungkin gambarannya spt ini :
tergantung mata kuliah yg anda ambil, semester 6 apa semester 4? klo matkul semester 6, bisa/boleh ga? krn disini posisi anda tertinggal dan mungkin banyak mata kuliah bersyarat yg ga bisa dilompati begitu saja.

di semester 5 ya masih dg teman yg sama lah, klo ga ada yg ngulang. tapi paling di semester 5 itu jatahmu cuma 12 sks. ditempat saya dulu sih gitu.
sebaiknya anda baca buku pedomannya dan konsultasi sama dosen wali/PA. beda kampus bisa beda kebijakan.
Diubah oleh route16
Quote:


Oohhh gitu ya gan,tapi sistem di kampus saya itu krs nya paketan gan jadinya pihak kampus yang memilih.

Yaaah sayang kalau semester 5 cuma 12 sks emoticon-Cape d... (S) makasih infonya gan.
Eh Tapi kalau menurut agan alur saya begini yak? : 5-4-7-6-9-8 (semester)
Quote:


kampus saya dulu jg paketan, maksud saya ya milih yg ada di dlm paket, kyknya rata2 jg begitu. misal ipk mu semester ini cuma satu koma, maka semester depan ga bisa ngambil full paket yg berisi 22-24 sks (entah klo kampusmu bisa). begitu jg sebaliknya, klo kepintaranmu diatas rata2 shg ipk mu meluber kemana-mana, maka semester depannya bisa/boleh dimaksimalkan. misal ipk semester ini 4,00 maka semester depan maksimal sks yg bisa kamu ambil katakan saja 24 sks. padahal di paket cuma 21 sks. nah, itu kamu bisa ngambil full paket + boleh nyicil ngambil mata kuliah dari paket semester depan depannya lagi utk menggenapi biar jadi 24 sks.
begitu klo kampus saya dulu, ga tau klo mas anang emoticon-Hammer (S)
makanya baca aja di buku pedomannya.

ya emang sayang, namanya jg cuti. yg jelas dan pasti kuliahmu jadi molor.

klo masalah alur, sekali lagi ya tergantung. bisa saja semester 6 kamu ambil matkul yg ada di paket semester 4, bisa jg separo 4 separo 6, bisa jg 6 tok 4 nya dilewatin dulu, tp tergantung jg matkul semester 6 itu ada yg lanjutan dari 4 atau tdk (bersyarat), klo ada berarti matkul tsb ga bisa diambil.

*tulisan diatas hanya berdasar kampus saya dulu, ga tau klo mas dhani emoticon-Hammer (S)
Quote:


konsentrasi masih sama gan energi & struktur, disini ane belum bisa ngambil karna jadwal nya bentrok sama matkul wajib, jadi di undur pengambilan matkul konsentrasi ane, temen ane rata2 5tahun gan baru lulus
Diubah oleh pecintaladyrose
Quote:


jgn lama2 lah kul mesin
gk ada indah2nya wkwkwland
klo lo emang ngerti mesin bidang studi tehnik apa juga pasti bisa
jdi saran gw pelajarin tuh yg bner
ada gunany tar lo kerja

awas pala lu meledak banyak ngitung kwkwkwland
Gw dah lulus 7 thn yg kemaren😉
Diubah oleh anuku20cm
Quote:


yoii gan ane juga udah mulai gumoh ngitung2 mulu emoticon-Ngakak sebentar lagi ane ngikutin jejak ente emoticon-Cool


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di