1.Saling menghormati antar penghuni baik penghuni thread ini atau pun cuma guest.
2.Kita di sini saling bertukar info, mau ngobrol juga boleh...akan lebih baik kalau bisa bertemu scr langsung utk kopdar.
3.TIDAK POSTING DAGANGAN DI FORUM INI !! entah itu nitip lapak, nitip dagangan, ada barang bagus nih, dsb dsb yang berbau transaksi. Ini forum komunikasi bukan forum jual beli ! TOLONG HARGAI KAMI SEMUA YANG SUDAH BERUSAHA MENYUSUN FORUM INI SEBAIK MUNGKIN. KALAU MAU JUALAN SILAHKAN DI FORUM JUAL BELI. akan dikasih hadiah BATA untuk pelanggar.
4. Isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + NO SARA
5. Apabila ada masalah yang ingin diselesaikan secara pribadi, silahkan selesaikan secara pribadi lewat PM/VM, bukan di forum.
6. Jika ada yang ribut / brantem --> kami akan tegur dulu, jika masih terjadi lagi, kami akan berikan peringatan, dan sampai yang ketiga kalinya masih terjadi kami akan lapor ke moderator utk diproses selanjutnya. Jika anda yang ribut di banned atau di blacklist maka kami tidak akan bertanggung jawab terhadap ID anda. DO IT AT YOUR OWN RISK !!
7. Dilarang ngejar postingan (nge JUNK) seperti Posting : absen, bumping (up/nyundul) thread tanpa ada komentar jelas (hanya gambar atau tulisan "up/sundul lagi" dan sejenisnya)
8. Dianjurkan untuk mempergunakan Quote atau Multiquote
9.Aturan lain akan menyesuaikan dengan kondisi seiring waktu berjalan...
10.Terima kasih dan selamat bergabung di sini...Salam Damai
Tanggal merah, skalian ngoprek2 lagi. Udah lama ga update....
Dapet oil cooler merk Hayden (made in Australia) copotan dari sohib, siap2 pasang deh....Cooler ini universal untuk semua mobil, terutama untuk transmisi otomatis karena pendinginan oli transmisi akan berpengaruh terhadap daya tahan dan kinerja girboks apalagi kalau beban kerjanya berat, seperti suka ngebut, mendaki pengunungan, bawa beban berat, dsb
FYI, jaman sekarang transmisi otomatis memiliki jalur oli maticnya untuk dialirkan ke radiator untuk didinginkan lalu dimasukkan lagi ke girboks. Yang mana jalurnya? Untuk jazz GD3 gw jelasin dibawah ya
Apa aja yg diperlukan?
1. Obeng plus
2. Obeng minus
3. Tang lancip (untuk buka klem)
4. Tang gendut (untuk nyopotin selang dari pipa)
5. Baut dan mur plus ring (washer)
6. Selang oli extra ukuran 5/8 inch (kalo ga salah)..beli aja 2 meter buat cadangan lain2
7. Klem selang ukuran 5/8 inch
8. Bor beserta mata bornya (jangan bor doang tar lo bingung mau pake mata mana buat bikin dudukan, yang pasti kalo lo punya mata superman bisa sih )
yang paling penting : NIAT
Langkahnya :
1. Buka kap mesin (ya eya lah.....) jangan buka baju apalagi buka celana ya tar ente dikira orang gila & diusir sama mak bapak lo dari rumah
2. Buka bemper (buka kancing2 dan baut2 yang ada....Ga gw jelasin detail disini ya...bisa liat ESM
3. Tentukan mana jalur oli CVTF nya yang ke radiator...ada dua pipa besi dan selang hitam yang menuju ke dan dari radiator.
Poin penting disini adalah : pemasangan oil cooler disarankan adalah oli yang sudah melewati radiator untuk didinginkan dan sebelum kembali ke girboks lagi jadi pendinginannya lebih maksimal. Kenapa? Secara logika, kalau masang oil coolernya di jalur sebelum ke radiator, yang udah keburu didinginin bisa jadi anget lagi karena dari oil cooler trus masuk radiator (radiator ada coolant yang notabene bakal anget dan panas kalau mesin bekerja). Make sense? Ok lanjut.
Jadi jalur pemasangannya : girboks -> radiator -> oil cooler -> girboks
Yang mana yang inlet radiator (dari girboks ke radiator) dan yang mana yang outlet (dari radiator untuk kembali ke girboks) ??? ada dua pipa nih
Membedakannya bisa dengan indera peraba suhu. Pastikan mobil dalam keadaan dingin, sebaiknya setelah semalaman diparkir. Idupin mesin, boleh masukin ke gear R atau D tahan sktr 10 - 20 detik...trus N lagi....lalu kembali ke engine bay, raba pipa mana yang terasa lebih hangat.
Yang lebih hangat itu pipa yang bentuknya seperti huruf n (n kecil) dan pipa itu (pipa inlet) menuju ke radiator bagian tengah bersebelahan dengan pipa coolant untuk mesin yang ukurannya gede.(pipa HOT)
Sebelahnya, pipa yang terasa lebih dingin itu adalah jalur return, dimana oli CVTF sudah didinginkan dari radiator untuk kembali ke girboks.
Pipa outlet (return) ini lah yang akan kita bypass bisa juga kita sebut pipa COOL.
Oke....lanjut
4. Lepaskan kedua klem yang mengikat selang pipa COOL lalu cabut selangnya. Sebaiknya siapkan kain lap karena sedikit oli CVTF akan mengalir keluar dari pipa outlet radiator dan dari selang nya juga.
5. Setelah selang dicabut semua, sekarang kita tentukan mau pasang dimana coolernya.
Letak cooler terbaik adalah paling depan di depan kondensor ac tentunya juga dengan memberikan jarak antara cooler dan kondensor ac supaya tidak menempel dan proses pendinginan bisa lebih maksimal.
jadi urutannya yang disarankan dari bagian depan mobil :
Oil Cooler - kondensor AC - radiator - fan radiator - mesin dan girboks
kalo di GD3 gw, seperti ini kira2 letaknya
6. Trus tandain bagian yang mau dibor untuk bikin dudukan coolernya, trus bor deh.....oh ya....hati2 ngebornya pelan2 jangan semangat banget tar kisi2 kondensor AC lo ketembus bor, nyaho dah lo....
7. Kalo udah bolong, jangan buru-buru dipasang dulu. Kita pasang dulu selang2 nya baru dipasang ke dudukan yang udah kita bor tadi. pake baut ama mur dan ring ya, jangan pake cable ties. skalian pasang selangnya ke jalur oli CVTF nya plus klemnya.
Nggak masalah mau dari sisi mana karena jalurnya searah kok ga usah khawatir kebalik2. gampang Selangnya disisipin di samping bawah kondensor AC.
8. Nah, gini deh seudah kepasang. Di GD3 gw sengaja salah satu selangnya gw lewatin didpn selang yg lain. tujuannya supaya ada sisa celah dan selang satunya ga ketekuk karena celah yang sempit.
9. Setelah semuanya terpasang, pastikan jalurnya sudah bener dan klem udah kenceng. Mobil di tempat yang rata dan rem tangan terpasang.
Trus idupin mobil, masukin ke gear R atau D tahan selama beberapa saat...20 - 30 detik boleh. trus Netralin lagi. Biarin sampe 5 menitan. trus matiin.
seudah matiin mesin, cabut dipstik CVTF dan cek ketinggian oli. Kebetulan CVTF gw sebelumnya isinya agak over fill, jadi tingginya sekarang segini.
Kalau ente yang masang olinya kurang, tambahin aja dikit.
Tes jalan, dan amatin ketinggian oli beberapa kali. baik dalam kondisi dingin, panas, dan setelah dipakai jalan. Ingat untuk selalu mengecek apakah ada kebocoran jalur oli CVTF dan ketinggiannya.
Dah, sekian dulu deh. Semoga share dari gw bermanfaat. Ntar gw update lagi gimana setelah beberapa lama pakai cooler ini, apa efeknya dan bagaimana performa nya.
untuk common issue GD3 user, kebocoran sill kruk as belakang cepat ato lambat kita pasti ngalamin.
bocor sil kruk as belakang... (kebetulan case saya dalam sehari gak pake rembes lagi, yg ada langsung netes)
jajanan sehat :
Untuk minimalisir biaya perbaikan dan menghindari 2x ongkos bongkar pasang saat overhaul transmisi. part2 yang bisa langsung sekalian diganti saat kita overhaul transmisi GD3 adalah sbb :
1. Sil kruk as belakang
2. Sil as roda kanan
3. Sil as roda kiri
4. Sil turbin (poros dudukan flywheel)
5. New Flywheel (sengaja pilih copotan SIN krn ada tutupnya)
OLD flywheel dan tatakan-nya (utk versi OEM, semuanya model terbuka. per flywheel dapat terlihat)
note : tatakan bawaan OEM dipake lagi pada posisi setelah pemasangan sil turbin. untuk menghubungkan putaran kruk as dengan transmisi
Iseng2 kali ini ane posting ttg DIY bersihin filter aftermarket seperti yang ane pake merk K&N.
Bisa diterapkan untuk semua jenis filter K&N atau yang sejenis.
Di GD3 ane pake "short ram" open filter K&N tipe universal
Entah udah brapa lama ane pake ini filter kayaknya setaun deh, udah dekil
Dan pas recharger kit nya juga udah beli, saatnya bersihin di waktu senggang.
Berikut stepnya :
1. Lepaskan filter dari tempatnya (udah ngerti caranya lah ya)
2. Tampak filter yang udah mulai dekil
3. Ini Recharger Jit yang ane pake
4. Pertama bersihin dulu pake power kleen yang ada di dalam kit nya, disermprotin ke filter yang kotor dari sisi luar, agak banyak gpp tapi jangan over takut mubazir.
5. Seudah disemprot, diamkan selama 10 menitan, jangan sampe kering ya, nah kotorannya akan rontok seperti ini
6. Lalu kita siram pake air dari selang (tekanan rendah), jangan pake alat stim ya krn bisa robek filternya. Lalu dicelupin dalam seember aer juga untuk bilas. Tampak filternya jadi putih, warna dasar bahan filternya.
7. Lalu kita keringkan, mau diangin2 atau dijemur kalo mau cepet. Yang penting kering secara alami jangan dipaksa kering apalagi pake angin kompresor.
8. Kita berikan oli khususnya yang terdapat dalam kit nya. Teteskan disetiap permukaan tekukan filternya secara merata dan ga usah terlalu banyak karena akan diserap merata.
9. Setelah selesai, warna filternya akan kembali merah lagi seperti warna kejayaannya K&N. Seperti baru.
10. Pasang kembali, dan selesai.
Semoga tips ini berguna untuk yang pake filter replacement. Untuk filter OEM bawaan pabrik nggak bisa ya pake cara ini selain ganti filter
Anda akan meninggalkan Kendaraan Roda 4. Apakah anda yakin?
Lapor Hansip
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.