alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59b25358ded770c4158b4569/cara-membuat-bootable-windows-dari-sdcard
Cara Membuat Bootable Windows Dari SDCard
Baca Rules :

1.Diharapkan Kasih Bata Jangan Cendol
2. Yang Ngikutin Mohon Di Lapor Ke Momod Buat Gembox Tuh trit
3. Disini khusus buat install windows jangan yang laen
4. Jangan marahi saya kalau reputasinya menjadi merah karna melanggar RULEZ
5.No Bacod emoticon-Hansip












Bagi yang suka utak-atik PC terutama suka install OS ini itu kaya ane ngantux dah gara gara itu ngerjain nya di malam lagi emoticon-Cape d... (S):
Oke lanjut aja







Mau Nginstall OS PC Pakai Android ???
baik itu OS Linux atupun Windows tentunya akan merasa dimudahkan dengan tips trik kali ini, tetapi kali ini yang dijelaskan di sini khususnya adalah tentang bagaimana Cara Install Windows Dengan Android, cara ini juga tentu saja bisa diterapkan untuk menginstall OS lainnya, tetapi tentu saja ada perbedaan sedikit saja untuk tool burningnya.

Sebenarnya cara ini hampir sama dengan ketika kita install Windows dengan menggunakan flash disk, hanya saja di sini flash disk tersebut kita gantikan dengan Smartphone yang kita punya, dalam hal ini adalah Android. Dan proses untuk "mengubah" smartphone Android kita menjadi bootable Flash Disk akan diterangkan di poin selanjutnya.

Keuntungan yang ane sendiri rasakan dengan menggunakan cara ini adalah ringkas, karena kita tidak perlu memiliki flash disk khusus hanya untuk diisi dengan image yang bisa digunakan untuk instalasi Windows atau biasanya disebut dengan bootable image, asal memory smartphone kita longgar saja ya.. kita bisa tenang menyimpannya.
Selain kita bisa menghemat penggunaan Flash Disk, secara tidak langsung pula kita akan selalu ready dengan bootable image ini, karena jarang kan ya Smartphone kita nyelip entah kemana, berbeda dengan flaash disk yang bisa saja nyelip .. ini pengalaman pribadi ane...

Oke, cukup segitu saja basa-basi yang basi dari ane, dan kita langsung saja mulai dengan inti dari postingan ini yaitu Cara Install Windows Dengan Android.

Adapun bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain adalah:
Smartphone Android -tentu saja- dengan memory yang cukup, kurang lebih 5GB atau lebih dan harus sudah root
File ISO Windows -pastinya- yang bisa di download langsung dari situsnya Microsoft atau terserah dari mana saja, tapi untuk amannya akan lebih baik jika download langsung dari Microsoftnya
DriveDroid, ini dia tool utama yang nantinya akan kita gunakan untuk "menyulap" Android kita menjadi bootable flash disk, DriveDroid ini bisa diunduh langsung dari Play Store, untuk yang versi gratisnya unduh dari sini: https://play.google.com/store/apps/d...ry.drivedroid, atau jika ingin yang berbayar bisa diunduh dari: https://play.google.com/store/apps/d...ivedroid.paid.
Sebenarnya dengan versi gratisnya sajapun sudah mencukupi tetapi barangkali ada yang ingin mengapresiasi developernya dengan cara donasi membeli versi Pro nya.
Rufus, software satu ini tentunya sudah sangat akrab di telinga kita. hanya saja ada sedikit catatan di sini, bahwa di tutorial ini saya menggunakan versi Rufus yang lama yaitu versi 1.4.9, karena ketika saya mencoba dengan Rufus versi yang lebih baru yaitu versi 2.10 gagal begitu saja tidak bisa memformat disknya, untuk Rufus bisa diunduh langsung dari situsnya: https://rufus.akeo.ie/.

Sebagai informasi saja, ketika saya mempraktekkan tutorial ini saya menggunakan Smartphone Meizu M2 Note OS Lollipop 5.1 dengan SD Card Sandisk Ultra 80 Mb/s 64 GB dan dengan ISO Windows 10 Original dari Microsoft



Setelah bahan-bahan sudah terkumpul, sekarang saatnya untuk mulai membuat bootable image nya, setelah DriveDroid terinstall di HH kita, begitu kita jalankan maka nantinya akan akan ada Wizard seperti yang akan saya sebutkan selanjutnya, langkah ini penting untuk mengenali Smartphone kita apakah support untuk dijadikan bootable disk atau tidak.


Setup DriveDroid
1. Pertama kita buka maka kita akan disambut dengan Welcome Screen, dari sini kita akan melakukan check kompatibilitas dari perangkat Smartphone kita, yang kita lakukan adalah cukup dengan mengikuti yang tampil dilayar saja, dan klik next dan next. Di sini DriveDroid akan meminta akses root, kita klik saja "ACQUIRE ROOT ACCESS"
Cara Install Windows dengan Android



2. Setelah akses root diijinkan, kemudian kita akan diberi pilihan untuk meletakkan image (*.img) di Internal atau di External, di praktek yang saya lakukan, saya memilih External karena Internal saya sudah tidak mencukupi lagi jika harus diisi dengan file iso nya Windows. Dan setelah proses selesai kita tinggal klik next saja.
Cara Install Windows dengan Android



3. Pada layar selanjutnya kita akan diminta untuk menghubungkan Smartphone ke PC dengan menggunakan kabel USB. Klik next setelah kita hubungkan smartphone ke PC dan pilih Standard Android.
Cara Install Windows dengan Android


4. Setelah memilih Standar Android tadi kemudian klik Next dan silahkan diperhatikan di daftar Drive yang ada di PC, di situ kita bisa melihat Smartphone kita terbaca sebagai apa, untuk Smartphone saya terbaca sebagai USB Drive
Cara Install Windows dengan Android



5. Karena pada langkah sebelumnya Smartphone saya terbaca sebagai USB Drive, maka di langkah selanjutnya saya memilih I see USB Drive dan mencentang Shows Up as USB Storage, kemudian klik next lagi, dan kita akan diminta untuk mematikan PC dan boot ke BIOS, untuk menuju ke BIOS setiap PC berbeda, untuk PC yang saya gunakan adalah dengan cara menekan power dan kemudian menahan tombol F2
Cara Install Windows dengan Android



6. Pada BIOS nantinya, jika Smartphone kita tidak terkendala dan berhasil terbaca maka akan terdeteksi sebagai Linux File-CD Gadget 0310, dan silahkan dijadikan sebagai boot option #1, klik save dan exit.
Cara Install Windows dengan Android



7. Dan setelah itu PC akan reboot, dan di sini nanti yang akan menentukan apakah DriveDroid works untuk Smartphone kita ini, jika memang works maka kita akan boot ke DriveDroid seperti pada gambar berikut ini.
Cara Install Windows dengan Android



8. Jika sudah sampai seperti gambar di atas tadi silahkan reboot kembali PC nya dan Smartphone boleh dilepas dari PC. Dan silahkan centang "Booted sucessfully using DriveDroid" seperti pada gambar yang ada di langkah 5 sebelumnya tadi, dan klik next.
Untuk tampilan selanjutnya adalah log yang akan dikirimkan ke developernya, untuk yang satu ini bisa di skip atau tetap dikirimkan.


Langkah-langkah yang sudah disebutkan di atas tadi hanya untuk pengujian kompatibilitas perangkat smartphone kita saja. Dan jika semua sudah terlewati, kita bisa menghapus file drivedroid.img dari dari dalam aplikasi DriveDroid tadi.




Membuat Bootable Image di Smartphone Android
1. Selanjutnya sekarang kita akan "benar-benar" memulai untuk membuat bootable image dari file ISO Windows.
Pertama-tama kita klik "Create Blank Image", Pada kolom pertama bisa kita isi dengan nama apa saja bebas, pada contoh saya memberi nama Win10, kemudian kolom kedua kita isikan besarnya file *.img yang akan kita buat. untuk diperhatikan bahwa Memory dengan format FAT32 besar file yang bisa kita buat adalah tidak bisa lebih besar dari 4 GB, atau maksimal 3999 MB saja, dikarenakan Micro SD saya masih berformst FAT32 maka saya hanya membuat ukuran blank image nya 3999 MB saja. Jika ingin bisa lebih besar lagi maka sebaiknya kita memformat Micro SD kita menjadi format exFAT.
Cara Install Windows dengan Android



2. Setelah proses membuat image tadi selesai, sekarang kita klik file *.img (pada contoh saya adalah Win10.img) yang baru saja kita buat tadi dan kemudian akan muncul pop up "Host image" dan pilih "USB Drive" (gambar urutan pertama).
Cara Install Windows dengan Android



3. Setelah itu, tancapkan Smartphone ke PC. Biasanya begitu kita tancapkan ke PC, Nanti akan ada prompt dari Windows mengkonfirmasikan bahwa drive harus diformat agar dapat digunakan. DI sini, kita boleh saja klik ya untuk langsung memformatnya ataupun boleh saja kita skip langsung tanpa memformatnya. Dan jika kita klik format, tidak perlu khawatir akan data yang ada di Micro SD, karena jika kita memilih format maka yang terformat adalah blank image sebesar 3.999 MB yang kita buat tadi, bukan keseluruhan memory card.
Setelah ditancapkan maka nanti akan terlihat drivenya di File Explorer. (Smartphone saya terdeteksi sebagai Drive F)
Cara Install Windows dengan Android



4, Jika sudah tampil, maka dari sini cara atau langkah selanjutnya adalah sama ketika kita ingin burning ISO ke Flash Disk, yaitu dengan memanfaatkan software Rufus.
Buka Software Rufusnya, run as administrator, dan nantinya Drive F atau Drive Smartphone kita tadi akan terbaca sebagai "NO_LABEL (Femoticon-Smilie [4.2GB]".
Cara Install Windows dengan Android



5. Lalu pada kolom "Create bootable using" kita ubah ke ISO Image, lalu klik gambar CD di sebelahnya untuk memuat ISO yang sudah kita siapkan sebelumnya.
Cara Install Windows dengan Android



6. Setelah itu kita klik "START" dan biarkan Rufus berjalan melakukan tugasnya hingga '"DONE".
Cara Install Windows dengan Android



7. Setelah DONE, kita bisa lihat Drive F tadi sudah terisi dengan file dari Windows ISO yang siap kita pakai untuk penginstallan Windows dengan Android.
Cara installnya sama saja dengan test boot di langkah awal tadi, yaitu boot ke BIOS kemudian pilih sebagai option #1 dan seterusnya.
Cara Install Windows dengan Android

Cara Install Windows dengan Android





Demikian tadi Cara Install Windows Dengan Android Menggunakan DriveDroid, semoga bermanfaat.


Mohon Di Bata Aja Gan Biar Joss
gak ada yang komeng emoticon-Traveller ah
banyak view tapi Zepi emoticon-Malu
Quote:Original Posted By ridhooamnic
gak ada yang komeng emoticon-Traveller ah


Quote:Original Posted By ridhooamnic
banyak view tapi Zepi emoticon-Malu


Zedih
emoticon-Leh Uga
pengen Nge Quick
Plis Koment Gan emoticon-Leh Uga emoticon-Hammer2
ane demam
What Demam emoticon-Leh Uga
wat ??? pengen jadi moderator :capek
emoticon-Ultah emoticon-Traveller emoticon-Hammer2
moderator zuppaclub te bes
lehuga kamu
Quote:Original Posted By ridhooamnic
emoticon-Ultah emoticon-Traveller emoticon-Hammer2


what
[rules=ridhooamnic;59b3f8a85c7798535a8b4573]what[/rules]

rules
rada suntuk
kasi ane bata emoticon-Lempar Bata
what apa yang kamu lakukan Vroh
Hahahaha
Nice Impoh emoticon-Leh Uga