alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/599c742ad44f9f434a8b456d/tembok-masa-depan-mampu-produksi-listrik
icon-hot-thread
TEMBOK MASA DEPAN MAMPU PRODUKSI LISTRIK
TEMBOK MASA DEPAN MAMPU PRODUKSI LISTRIK

Sejak lebih dari 3 milyar tahun dengan bantuan pigmen warna klorofil, tanaman berdaun hijau mengubah cahaya melalui fotosintesa menjadi energi kimia. Inilah basis bagi kehidupan di bumi yakni produksi energi yang bebas polusi.

TEMBOK MASA DEPAN MAMPU PRODUKSI LISTRIK

Hal tersebut menginspirasi para ilmuwan untuk meniru proses tersebut. Tim arsitek, ilmuwan, designer dan ilmuwan teknologi nano mengembangkan bahan bangunan yang berfungsi sebagai sel fotovoltaik dan mengubah energi matahari menjadi energi listrik.

Pertama – tema membuat beton yang bersifat konduktor. Grafit ditambahkan saat pembuatan beton ini agar memiliki kemampuan menghantar listrik. Beton yang sudah kering dapat dipakai sebagai kutub positif (+) dan kutub negatif (-) agar dapat menghantarkan elektron.

TEMBOK MASA DEPAN MAMPU PRODUKSI LISTRIK

Beton ini terlihat seperti beton biasa. Keistimewaannya adalah sensitifitasnya terhadap sentuhan. Sensitifitas sentuhan ini muncul setelah membuat beton ini bersifat konduktif. Beton konduktif ini merupakan elemen dasar sel tenaga surya.

Setelah beton dicetak kemudian disemprotkan berbagai lapisan cat tipis pada beton tersebut untuk mengaktifkan beton agar bisa menghasilkan energi. Dan hasilnya disebut sel surya pigmen warna yang menghasilkan sel listrik tenaga surya berbasis fotosintesa.
Faktor penentunya adalah urutan pelapisan cat yang amat tipis. Jika dikombinasikan dengan tepat lapisan warna tersebut akan menciptakan efek sel fotovoltaik. Dimana ada pigmen klorofil dalam sistem lapisan tersebut. Ketika sinar matahari mengenai pigmen warna ini elektron akan dilepaskan.

Untuk mengoptimalkan sel surya berbasis pigmen warna dilakukan pengukuran jangka panjang di laboratorium

Sebuah lempengan sel surya hanya mengaktifkan beberapa ratus mili volt. Jika cahaya yang jatuh ke sel surya tertutupi tegangan turun drastis. Dan tegangan akan kembali meningkat ketika cahaya menyinari sel surya lagi. Efisiensi sel surya saat ini hanya 2% tetapi tetap berguna.

Beton sel surya buatan ini sangat menarik karena mudah diproduksi dan ramah lingkungan. Serta dapat diterapkan dalam bidang yang luas. Dapat kita bayangkan perspektifnya, semua permukaan datar di sebuah kota dapat menghasilkan listrik. Semakin banyak sel surya yang diterapkan di dinding rumah lebih banyak listrik yang dapat diproduksi. Oleh karena itu, sel sel surya harus terkoneksi dan dijadikan panel. Dalam kondisi ideal setiap meter persegi permukaan bisa menghasilkan 20 volt listrik.

TEMBOK MASA DEPAN MAMPU PRODUKSI LISTRIK

Sel tunggal tidak bisa memproduksi listrik. Sel – sel harus dikoneksikan dan dibuat modul. Beberapa sel akan membentuk sebuah panel. Sel – sel terhubung dengan kabel baik terhubung secara seri maupun secara pararel. Lewat kabel tersebut, konsumen bisa menghubungkan peralatan rumah tangga mereka misalnya lampu pijar, tv atau kulkas.

Pada beton interkoneksitas diantara sel – sel surya itu tersembunyi dalam lapisan cat. Visi para peneliti dalam waktu 5 tahun sel surya pigmen warna dapat diproduksi masal secara industrial. Baik sebagai bahan bangunan baru maupun ditambahkan pada bangunan yang sudah ada.

Sumber : laporan inovator https//:dw.de/indonesia/inovator
emoticon-Leh Uga pasti mahal
Hmmm... Kayaknya kurang praktis, kurang efisien dan budget pasti banyak nolnya untuk diterapkan pada bangunan sekelas rumah.
Rumah yang temboknya bata aja udah mahal apalagi yang ini.
Tapi mungkin bisa diterapkan pada bangunan tinggi seperti gedung karna gedung itu bangunannya horang kaya.
canggih ganz
di indonesia sibuk SARA aja yah
semakin canggih aja nih emoticon-Big Grin
Canggih nih.

Layak ane jadikan hot thread.

emoticon-Stick Out Tongueencet
HT nih kayak nya gan emoticon-Ultah
wah iya toh
Quote:Original Posted By kanda.lampung
HT nih kayak nya gan emoticon-Ultah


Udah HT malah emoticon-Leh Uga
canggihhhhh
Quote:Original Posted By L0ST
canggih ganz
di indonesia sibuk SARA aja yah


Jualan atas nama ngagama di Indonesia paling laku.

Kemarin ada yang sukses nipu 800M.

Itu si bantat, lenggak-lenggok di New York bak buntelan berjalan pakai duit hasil iuran jamaah. emoticon-DP
nunggu tembok buat sandaran aja emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By kanda.lampung
HT nih kayak nya gan emoticon-Ultah


Quote:Original Posted By aldo.salam
Udah HT malah emoticon-Leh Uga


Kan udah ane jadikan hot thread. emoticon-Cool

HT Masa Depan!

TEMBOK MASA DEPAN MAMPU PRODUKSI LISTRIK
Ane jadikan Hot Thread ya! TEMBOK MASA DEPAN MAMPU PRODUKSI LISTRIK
Quote:Original Posted By kuekoya
Kan udah ane jadikan hot thread. emoticon-Cool


di mana ada HT di situ ada gua yg pasti emoticon-army
Faktor penentu cat yg amat tipis. Kuda terbang sabi kali. Heerrr
mejeng dulu...
Numpang pejwan... emoticon-Hansip masih kepikiran sama keringet penghasil listrik... emoticon-Bingung
satu lagi energi terbarukan emoticon-Jempol
hebat nih, kalo tiap rumah bisa bikin listrik sendiri hehe

tapi enggak bahaya ya kalo kena air..

boleh izin repost gan