CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Ilmuwan Kembangkan Printer 3D Untuk Tumbuhkan Kembali Bagian Tubuh Yang Rusak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59965cb05c7798bd7e8b4568/ilmuwan-kembangkan-printer-3d-untuk-tumbuhkan-kembali-bagian-tubuh-yang-rusak

Ilmuwan Kembangkan Printer 3D Untuk Tumbuhkan Kembali Bagian Tubuh Yang Rusak

Ilmuwan Kembangkan Printer 3D Untuk Tumbuhkan Kembali Bagian Tubuh Yang Rusak


Baru-baru ini para ilmuwan Tengah Kembangkan Printer 3D Dalam Terobosan Untuk Tumbuhkan Kembali Bagian Tubuh Yang Rusak.
Teknologi printing 3D telah berkembang begitu pesat saat ini, bahkan teknologi tersebut telah merambah dunia kedokteran, baru-baru ini para peneliti dari Universitas Oxford telah mengembangkan metode baru untuk menumbuhkan sel-sel laboratorium 3D untuk membentuk struktur kehidupan.
Peneliti tersebut merevolusi obat regeneratif dan memungkinkan produksi jaringan serta tulang rawan yang kompleks.
Nantinya, jaringan hidup yang tercetak dengan metode baru ini berpotensi mendukung, memperbaiki, menyembuhkan penyakit bahkan memperbaiki area tubuh yang rusak.

Tim interdisipliner dari departemen kimia dan fisiologi, Anatomi dan Genetika Sekolah dan Pusat Pengobatan Molekuler di Bristol menunjukkan bagaimana rangkaian sel manusia dan hewan dapat dicetak ke dalam konstruksi jaringan beresolusi tinggi.
Secara khusus, mereka bekerja dengan sel induk embrio ginjal (HEK) dan sel induk mesenchyemes ovine (oMSCs). Minat dalam proyek 3D ini telah berkembang, tetapi proyek ini sulit untuk diimplementasikan karena menggunakan teknologi yang belum pernah ditemukan sebelumnya.

Ilmuwan Kembangkan Printer 3D Untuk Tumbuhkan Kembali Bagian Tubuh Yang Rusak

Para peneliti telah menemukan solusi dalam teknik pengembangan jaringan dalam sel mandiri yang mendukung struktur untuk menjaga bentuknya.

“Kami bertujuan untuk membuat jaringan hidup 3D yang dapat menampilkan perilaku dan fisiologi dasar yang ditemukan pada organisme alami,”
"Sampai saat ini, ada contoh terbatas dari jaringan cetak, yang memiliki arsitektur selular yang kompleks dari jaringan asli. Oleh karena itu, kami memusatkan perhatian pada perancangan platform percetakan selaput resolusi tinggi, dari komponen yang relatif murah, yang dapat digunakan untuk memproduksi kembali jaringan buatan dengan kompleksitas yang sesuai dari berbagai sel termasuk sel induk." jelas Alexander Graham, penulis utama dan Bioprinting Scientist 3D di OxSyBio (Oxford Synthetic Biology).

Ilmuwan Kembangkan Printer 3D Untuk Tumbuhkan Kembali Bagian Tubuh Yang Rusak

Metode yang digunakan oleh para peneliti tersebut adalah menggunakan sel-sel yang terkandung dalam tetesan nanolit pelindung yang terbungkus lapisan lipid, bisa dirakit ke dalam struktur yang hidup. Hal ini memungkinkan pembuatan konstruksi seluler berpola yang berpotensi meningkatkan jaringan alami.

Metode ini terbukti dapat meningkatkan kelangsungan hidup sel individu dan menunjukkan rata-rata kelangsungan hidup 90%. Ini memungkinkan tim untuk memperbaiki teknik saat ini dengan membangun setiap jaringan ke resolusi yang lebih baik.

“Pendekatan bioprinting yang dikembangkan dengan Universitas Oxford sangat menarik, karena konstruksi seluler dapat dicetak secara efisien dengan resolusi sangat tinggi dengan sedikit limbah,” ungkap Adam Perriman dari University of Bristol's School of Cellular and Molecular Medicine.

Ilmuwan Kembangkan Printer 3D Untuk Tumbuhkan Kembali Bagian Tubuh Yang Rusak

Tim ini telah menyelesaikan penelitian mereka tahun lalu dan telah berusaha membuat teknik ini lebih banyak tersedia dengan mengomersialkannya untuk keperluan industri dan biomedis. Hal tersebut melibatkan pengembang teknik percetakan komplementer yang memungkinkan penggunanya menggunakan berbagai jenis bahan hibrid dan hibrida yang menghasilkan jaringan dalam skala yang luas.

Peneliti berharap bahwa pengembangan lebih lanjut dapat berdampak luas pada dunia kesehatan di seluruh dunia. Saat ini para ilmuwan di seluruh dunia sedang berlomba mengerjakan proyek 3D yang dapat memudahkan dunia kesehatan nantinya.

Peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center contohnya, mereka menciptakan hidung dan telinga 3D yang dicetak dengan pembuluh darah dan tulang rawan. Sedangkan dari Institut Inovasi Kardiovaskular di Louisville, Kentucky, menemukan cara mencetak jantung, dan mengklaim bahwa seluruh jantung bisa dicetak hanya dalam kurun waktu 3 sampai 5 tahun.



Sumber :
Dailymail
Diubah oleh akuanakgembala9
Halaman 1 dari 4
Anjay... bisa memperbaiki area tubuh yang rusak
Jadi nanti tubuh manusia bakal dibikin sistetis kayak film Ghost in Shell
emoticon-Leh Uga
kombinasikan dengan teknologi kloning dan rekayasa genetika. mungkin bisa bikin monster buatan
emoticon-Recommended Seller
Tu printer bisa bikin apa aja yak.

emoticon-Ngakak
ntap ada apa tinggal print emoticon-Ngakak (S)
Waduh makin canggih ye
ada panu tinggal print beres emoticon-Recommended Seller
coba tuh bopeng pake ini
ntaaaaaps
wah..canggih ganz emoticon-Recommended Seller
maksudnya meningkatkan kelangsungan hidup individu 90 % itu gimana ya?
secara penelitian success rate-nya 90 % gitu?
apa bisa memperpanjang usia individu 90 % ?
Antara canggih dan serem.
Quote:


Sayang gan kayanya yang bikin penelitian ga ngaskus, jadi ga bisa jawab pertanyaan agan. emoticon-cystg
nanti lama2 kaya piccolo
bisa numbuh sendiri
Regenerasi sel bukan hal yg tidak mungkin

Bisa jadi harapan baru dalam dunia medis

Utk mencapai regenerasi organ tubuh

Salut utk para ilmuwan yg susah payah dalam riset
berita bagus bagi yg berotong mini........
Kemaren bab*, sekarang printer. Teknologi makin pesat saja.

*sensor
Diubah oleh cahyonoayano
Quote:

wkakakaka mantep tu gan
Wow bisa cetak jantung baru, itu sih penyelamat kebanyakan manusia saat ini
yg bopeng yg kurang panjang bisa dicoba
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di