CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Patung Jenderal Perang Cina di Tuban, Simbol Kekalahan Ranggalare Abad 21
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/598b339fddd770cc018b4567/patung-jenderal-perang-cina-di-tuban-simbol-kekalahan-ranggalare-abad-21

Patung Jenderal Perang Cina di Tuban, Simbol Kekalahan Ranggalare Abad 21

Patung Jenderal Perang Cina di Tuban, Simbol Kekalahan Ranggalare Abad 21

NUSANTARANEWS.CO, Jakarta – Patung Jenderal Perang Cina Kwan Sing Tee Koen di Tuban, Jawa Timur telah resmi ditutup. Penutupan patung yang peresmiannya dihadiri ketu MPR Zulkifli Hasan tentu tidak lepas dari beragam protes dari publik menyusul. Dimana, patung tersebut sama sekali tidak memiliki ketersambungan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Patung Jendral Perang Cina Kwan Sing Tee Koen setinggi 30,4 meter itu telah ditutupi dengan kain putih meski masih tetap utuh berdiri di halaman belakang klenteng Kwan Sing Tuban yang berada di jalan RE Martadinata, Kota Tuban. Berdasarkan laporan yang diterima redaksi, Minggu (6/8/2017) lalu, penutupan itu dilaksanakan mulai Sabtu (5/8) pukul 13.10 WIB sampai dengan Minggu (6/8) pukul 13.00 WIB dan bertempat di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban.

Kendati patung kontroversial telah resmi ditutup, sejumlah pertanyaan masih muncul, misalnya, kenapa harus didirikan di Tuban? Sebagaimana galibnya, disebutkan bahwa tidak sesuatupun ada tanpa sebab dan tujuan. Menanggapi hal itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Jawa Barat, Radhar Tri Baskoro angkat bicara.

Radhar Tri Baskoro mencoba menoleh ke masa lalu untuk membaca sejarah yang berkaitan dengan Patung Jenderal Perang yang dikecam oleh para aktivis Gerakan Pribumi Indonesia (Geprindo) itu.

Menurut Radhar, pada bulan Maret 1293 balatentara Cina di bawah dinasti Yuan mendarat di Tuban untuk memulai misi penaklukan Nusantara. Dengan kekuatan 20.000 tentara bersenjata meriam yang termasuk teknologi militer tercanggih waktu itu Kaisar Cina, Kubilai Khan yakin akan mampu mengalahkan Singasari yang berkuasa di sana.

“Kaisar Cina harus menggigit lidahnya sendiri. Tentaranya dipukul mundur dan harus kabur secara memalukan, gagal mencapai misinya,” kisahnya melalui pesan tertulisnya yang diterima, Rabu, 1 Agustus 2017.

Radhar menceritakan bahwa, ketika itu, salah seorang yang menghancurkan impian Kaisar Cina itu adalah Ranggalawe. Dialah panglima perang Majapahit, orang kepercayaan Raden Wijaya yang siasat dan keberaniannya berhasil membikin tentara Cina lari tunggang-langgang. Atas jasanya itu, Ranggalawe kemudian diangkat sebagai Bupati Tuban yang pertama http://nusantaranews.co/patung-jende...alare-abad-21/
Halaman 1 dari 4
oh jatim? propinsi khontol sarang panasbung? fantes
Diubah oleh rellimohcanep
radhar apaan bray?
Ya mesti nya di buatin patung ranggalawe aja besar2 di situ
dinasti yuan itu mongol......
Halah ngibul ga kira2
20 rb pasukan cina naek kapal?
emoticon-Wakaka
fanatik + sirik x gembel = panasbung
Waktu itu cina dibawah kekuasaan ku bilai khan, cucunya genghis khan, asal mongol
Jadi ya ngga bisa dibilang kekaisaran cina juga
Diubah oleh tukangkredit
Itu ormas pikir kita hidup di zaman khilafah sih emoticon-DP sampai bilang tuh patung sesembahan budha saking gobloknya pengen nyaru agama lainemoticon-Ngakak Tetapi gobloknya orang indonesia percaya aja macam bangsa primitifemoticon-Ngakak
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
Quote:


naik burung rajawali gan. kek yoko. haha
naik kapal 20rb prajurit bisa...
kapal-kapal cina bisa memuat ratusan orang emoticon-Big Grin
Dulu pasukan Raden Wijaya itu mengalahkan pasukan cina dengan siasat mencekoki musuh dengan tuak sampai mabuk.
Sekarang pengusaha Tiongkok mengalahkan penguasa Jawa dengan siasat mencekoki mereka dengan duit suap sampai mabuk.
itu namanya karma.
20rb pasukan berangkat dengan 1000 kapal... dibabat abis bro di daratan
Sangar kan pasukan ronggolawe


Quote:


https://www.revolvy.com/topic/Mongol%20invasion%20of%20Java

The Mongol invasion of Java was a military effort made by Kublai Khan, founder of the Yuan dynasty (one of the fragments of the Mongol Empire), to invade Java, an island in modern Indonesia. In 1293, he sent a large invasion fleet to Java with 20,000[1] to 30,000 soldiers. This was a punitive expedition against King Kertanegara of Singhasari, who had refused to pay tribute to the Yuan and maimed one of its ministers. However, it ended with failure for the Mongols.

Background
Kublai Khan, founder of the Yuan dynasty, the principal khanate of the Mongol Empire, had sent envoys to many states to ask them to put themselves under his protection and pay tribute. Men Shi or Meng-qi (孟琪), one of his ministers who was sent to Java, was not well received there.[2] The king of Singhasari, Kertanagara, was offended by his proposal and branded his face with a hot iron as was done to common thieves, cut his ears, and scornfully sent him on his way.

Kublai Khan was shocked and ordered a punitive expedition against Kertanagara, whom he labeled a barbarian, in 1292. According to the Yuan shi, the history of the Yuan dynasty, 20,000-30,000 men were collected from Fujian, Jiangxi and Huguang in Southern China, along with 1,000 ships and enough provisions for a year.[3] The officers were the Mongol Shi-bi, the Uyghur Ike Mese, and the Chinese Gaoxing. What kind of ships they used for the campaign is not mentioned in the Yuan shi, but they were apparently large since smaller boats had to be constructed for entering the rivers of Java.
Diubah oleh tukangkredit
Ya mesti diruntuhinlah, secara aestetis kurang bagus patungnya.. Secara mode busana kurang terbuka.. Klo lebih terbuka lagi kek cuma pake *****t mesti banyak yang belain emoticon-Cool
Diubah oleh Jalan Cinta
Quote:


Nastak goblog
Di sumber resmi malah sampe 30 rebu emoticon-Leh Uga
kenapa ngga patung ranggalawe aja yg bela nusantara dr invasi cina??
kok malah tokoh penjajahnya yg dibikin patung emoticon-Big Grin
Diubah oleh breedaniela
Quote:


Yang ngancurin kerajaan hindu budha terutama majapahit kan demak kenapa islam gak dianggap biang kehancuran nusantara dan penjajah sebenarnya?
Quote:


Kalo sumbernya cina meragukan, apalagi kalo sumbernya dr indo, 100% gw ga percaya

Lumayan jauh jaraknya kl dr cina kejawa
Numpang nyimak emoticon-Hansip
Ini Indonesia bung, bukan CINA...!!
Jangan mau dijajah kebudayaan cina, usir yang kayak begitu memecah belah nkri...!!!
Patung Jenderal Perang Cina di Tuban, Simbol Kekalahan Ranggalare Abad 21
Diubah oleh xaruduy
Quote:


Jancuk iki konthole pecah mangkane omongannya ngaco. Nastak setingkat nasbung kau.
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di