

TS
bayu.indra
Creature Design : Head Base

BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2017.
Creature Design : Head Base
sebenar nya fungsi dari thread ini adalah sebagai base modeling ... atau STARTER sehingga kita nga perlu modeling dari awal box lagi, karena pada dasarnya head modeling untuk character itu sama ... 2 mata, 1 mulut dan hidung, dan 2 telinga ...
yang kemudian kita bisa save sebagai STARTER, yang nanti tinggal di SubDiv dan modify saja ...

di step pertama dari proportion shape sebenar nya untuk menentukan besar kepala berbandng dengan mata, mulut, hidung, dan kuping nya

step kedua untuk membentuk JAW LOOP ... atau edge loop dari kepala bagian atas menuju ke bawah telinga dan menuju rahang bagian depan ... di gambar saya coba perjelas dengan garis arah yang berwarna merah.
gunanya untuk membentuk alur edge loop membelok yang smooth di bagian rahang bawah dan dagu ... sehingga pada waktu animation akan terdeform oleh skeleton atau deformer lain dengan baik dan smooth.

ini preview setelah SubDiv pertama ...


saran ane antara mata dan mulut ada baguas nya gan n sist buat bagian mata dulu ... langsung aja select bagian poly face mata lalu extrude ... lalu agan n sist bisa adjust vertex nya sehingga lebih proportional (lebih kotak), sehingga ketika kita apply SubDiv bisa berbentuk bulat oval mata ...
begitu juga untuk mulut ... ada bagusnya agan n sist select dari bagian pipi kanan kiri dan tengah lalu extrude dan adjust sehingga berbentu mulut ...


untuk kuping sedikit berbeda ... kita select bagian kuping (kanan dan kiri) extrude ... extrude lagi dan tarik keluar kanan dan kiri ... vertex edit, sehingga membentuk kuping ... akan lebih mudah kalau agan n sista lihat video tutorial nya di link di bawah ...

setelah head base selasai agan n sista bisa lanjutkan dengan menambah SubDiv (Mesh Smooth beberapa level interest) ... sesudah itu bisa langsung simple sculpt dengan Paint Deformation di Edit Poly deformer ...
untuk agan agan n sista yang mau lihat video tutorial nya secara penuh bisa lihat di link ini Creature - HeadBase 17080701 , proses nya kurang lebih sama dengan animated gif file diatas, hanya lebih lengkap dan continue ...
nah gan n sist ... dari berbagai ngobrolan memang banyak sekali yg masih bingung harus mulai dari mana untuk modeling bagian kepala ... ane disini coba kasih solusi ... dan ane bagi menjadi sesi Head Base, supaya lebih mudah di modif kemudian sesuai dengan design character agan agan n sist ...
semoga agan agan n sista tidak memerlukan lagi third party plugin lagi ... seperti Face generator ataupun facegen untuk memebuatnya ... kalau ada problem silahakan gan n sist bisa langsung kita ngobrolin aja disini ... goodluck ya gan


#autodesk3dsmax #autodeskmaya #headmodeling #charactermodeling
___________________________________________________________________
- MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA - 
untuk tuts ++ bisa di click di link FB dan Youtube di bawah ini ...





untuk tuts ++ bisa di click di link FB dan Youtube di bawah ini ...



Diubah oleh bayu.indra 22-08-2017 04:29
0
4.6K
4


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan