mudjackerAvatar border
TS
mudjacker
Bolt! Lepas Tanggung Jawab, Permintaan Refund Tidak Diproses Hingga 3 Bulan
Saya melakukan pendaftaran Bolt! Home Unlimited dengan paket 8 Mbps pada tanggal 24 Mei 2017, namun sampai sekarang belum ada pemasangan dari pihak provider. Sales-nya pun lepas tanggung jawab dan tidak ada konfirmasi apapun terkait masalah ini. Kronologisnya adalah sebagai berikut :

1. Saya mendaftar pada tanggal 23 April 2017, Bolt! Home Unlimited dengan Paket 8 Mbps di Bolt Zone Bogor.

2. Tanggal 23 April 2017, sales datang ke rumah untuk verifikasi, saya ingin membayar via kartu kredit supaya simple, tetapi sales tidak membawa mesin EDC sehingga ditunda keesokan harinya.

3. Tanggal 24 April 2017, saya bertemu sales, yang ia jujur masih baru dan kesulitan dengan sistem Bolt yang sekarang dengan menggunakan pendaftaran online. Bahkan ketika menggunakan mesin EDC sambil menelepon atasan pun tidak bisa. Ia pun bilang kalau alamat KTP berbeda dengan alamat pemasangan, agak kesulitan tapi akan diusahakan. Saya tidak ada pilihan dan saya bayar cash dengan nominal 349.000,-. Sudah termasuk biaya pemasangan dan bulan berikutnya menjadi Rp 199.000,- /bulan yang saya bisa bayar langsung ke Bolt Zone tiap bulannya.

4. Sales bilang dalam satu minggu akan ada tim verifikasi, benar, saya ditelepon pihak verifikasi yang bilang ternyata alamat KTP saya berbeda dengan alamat pemasangan, tetapi tim verifikasi tidak bilang kalau saya tidak lolos verifikasi.

5. Tidak ada kabar dari sales maupun tim verifikasi dalam 1 minggu setelah telepon dari tim verifikasi. Saya tanya sales, dia minta surat rekening listrik atau rekening air yang tertulis alamat sesuai tempat pemasangan Bolt. Saya bilang tidak ada karena rumah dinas, dan awalnya saya pikir akan bisa karena sales sudah meng-iya-kan dan alamat berbeda nama jalan dan RT/RW antara di KTP dengan tempat pemasangan tetapi masih satu area.

5. 2 minggu tidak ada kejelasan, saya disarankan untuk refund dan diminta menunggu 14 hari, serta mengirimkan foto buku tabungan. Tetapi karena waktu itu saya tidak sempat jadi, saya screenshoot internet banking saya dan sales bilang OK akan segera diproses.

6. Sudah 1 bulan hingga sekitar tanggal 24 Mei, saya mendapat info ternyata data dari admin dan finance ternyata sudah ditransfer tanggal 16 Mei 2017. Tetapi ketika saya cek m-banking, tidak ada dana masuk di tanggal tersebut.

7. Saya sudah tanya pihak admin, sales, FB fan page berkali-kali tetapi tidak ada jawaban yang pasti. Sales hanya bisa bilang mohon menunggu, admin juga tidak memberikan kepastian kapan refund akan diproses, FB fan page pun hanya menjawab dengan template yang sama tetapi orang yang berbeda.

8. Saya mendapatkan telepon tanggal 5 Juni 2017 kalau refund akan segera diproses dalam waktu 30 hari, dan dia menyebutkan nomor rekening saya tetapi salah. Saya akhirnya diminta foto buku tabungan sampai harus menggunakan waktu istirahat kantor untuk mengambil buku tabungan karena saya mau diproses cepat. Rekaman pembicaraan pun saya simpan. Saya juga mendapatkan info dari CS kalau ternyata sales yang bertanggung jawab untuk mengembalikan uang saya, tetapi dari sales bilang kalau finance yang seharusnya memproses ini.

9. Saya sempat kesal dan posting di fan page Bolt untuk berhati-hati agar kalau membeli paket Bolt unlimited karena dari pihak sales pun tidak ada kepastian mengenai dan solusi dari masalah ini alias uang saya belum kembali. Saya juga sempat berdebat di Whatsapp. Mungkin 349.000 rupiah tidak seberapa, tetapi kalau ternyata ada banyak proses refund yang tidak jelas, lalu akan diapakan uang tersebut? Karena saya juga melihat beberapa orang mengalami hal yang sama. Saya diminta bertemu langsung atau langsung datang ke Big TV. Di sini yang aneh, saya kan pesan Bolt unlimited, tetapi mengapa disuruh komplain ke Big TV.

10. Sampai tanggal 17 Juli saya cek transaksi buku tabungan tidak ada. Saya datangi Bolt Zone Kebon Jeruk dan ada sales yang berusaha membantu dengan menelpon sales yang waktu itu menjual paket ke saya, tetapi ternyata dia sudah pindah divisi ke Bolt Zone dan bukan sales lagi. Tetap saya diminta follow up ke sales tersebut. Saya juga sudah mengirimkan kembali email berisi data transaksi rekening saya yang menunjukkan tidak ada CR senilai Rp. 349.000,- yang masuk dari bulan Juni kepada admin yang menjawab email saya dan Bolt care.



Sampai sekarang tidak jelas kapan Bolt akan melakukan refund.
Ini Jawaban terakhir dari bolt







[SOLVED], setelah penantian yang cukup panjang akhirnya Bolt saya direfund juga, ditransfer dengan informasi LLG cimb niaga 20170802596268888 sebesar 349.000 pada tanggal 7 Agustus 2017. Terima kasih Bolt.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 9 suara
Menurut kalian agan-agan, bagaimana kualitas pelayanan Bolt! Super4G saat ini?
Baik, sudah sesuai ekspektasi secara keseluruhan
22%
Sinyal parah, sering RTO, sangat mengganggu apalagi ketika main game
22%
Customer Care tidak responsif (respon via telepon/email mengenai keluhan tidak pasti)
11%
Informasi berbeda dr sales 1 dgn lain, sales tdk peduli setelah transaksi dilakukan
22%
Proses refund terlalu lama oleh finance, atau ada dana salah transfer
0%
Admin Fanpage yang jarang merespon tanggapan konsumen
0%
Sistem tidak membaca pembayaran yang dilakukan, ada tagihan berlebih
11%
Tidak lolos verifikasi untuk pendaftaran paket, uang belum kembali
0%
Berhenti langganan tdk diproses, tagihan tiap bln pdhl tdk dipakai krn masalah sinyal
0%
Kuota tiba-tiba habis tersedot tanpa pemakaian
11%
Diubah oleh mudjacker 27-11-2017 07:59
0
3.7K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan