CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
share, tanya & jawab, tentang tumor jinak di payudara
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/594589e3d89b09e51c8b456b/share-tanya-amp-jawab-tentang-tumor-jinak-di-payudara

share, tanya & jawab, tentang tumor jinak di payudara

Hai sista, ini pertama ane tulis treath disini. Jadi kalo ada salah kata, atau salah tempat mohon maklumi. Menerima berbagai saran kata maupun kritikan.

Nah tujuan ane bikin treath ini, ane pgn share pengalaman ane ketika diiagnosa memiliki jumor jinak di salah satu payudara ane dan sampai pengangkatan tumor... Sista semua juga bisa bagi pengalaman sista semua biar bisa saling sharing atau berbagi informasi.

Dari awal menstruasi ane termasuk siklus haid yg lancar dan gak permah nyeri perut apalagi nyeri di bagian itu. Lalu dua tahun lalu saya ngerasa ada yg aneh sama anu (read = payudara) ane, lama kelamaan nyerinya makin parah. Nah, karena termotivasi sama salah satu program tv dr o* akhirnya ane beraniin buat periksa payudara sendiri (SADARI). Dan hasilnya positiv ada benjolan di anu ane. Namanya juga masih abg dan belum laku wajar dong kalau khawatir sama yg begituan. Apalagi di daerah sensitif kayak gitu.

Akhirnya cari" informasi tentang benjolan ini di blog, trs pengalaman beberapa orang. Tapi ane gak berani bilang ke ortu kalau ane punya benjolan di anu. Dan puncaknya, saat mau haid ponakan ane minta gendong, anu ane diteken dan ane nangis sejadi-jadinya karna sakitnya luar biasa. Mulai dari situ ane jujur ke semua orang dan akhirnya cari informasi di rumah sakit. Setelah di USG ternyata bener itu tumor jinak ( sebutan kedokteran sih katanya FAM) dengan diameternya udah segede kelereng. OMG

Akhirnya dokter menyarankan untuk diangkat, kalau memang menggangu aktifitas sehari". Oh ya... Kata dokter tumor ini gak terlalu berbahaya, tapi karena udah ganggu kegiatan sehari" makanya harus di angkat.

Dari situ ane takut, karna pengalaman pertama ane dipegang" itunya sama dokter cowok dan juga harus masuk ruang operasi.
Setelah beberapa kali konsultasi dan mencari jadwal diputuskanlah hari dimana ane harus dioperasi. Sebetulnya ane seneng campur takut juga pas tau ane harus operasi. Karna dari kecil gak pernah sakit yg serius, di situ ane mikir kalau ane sakit doi bakalan jagain ane di rumah sakit sambil nyuapin ane yg terbaring lemas di ranjang rumah sakit. (gak berfaedah bgt kn sista cita" ane? Wkwkw)

Hari h pun tiba, ane masuk ruang oprasi dengan perut kosong. Karena bokap ane puasa karena biasanya orang yg operasi harus dlam keadaan perut kosong. Baju ane dari atas sampe bawah dilepas kecuali cd. Ruangan operasi yg dingin bikin ane mengigil dan gugup. Dan cita" tinggal cita" ane diberitahi sama dokter kalau selesai operasi, ane diperbolehkn pulang. Pupus sudah harapan ane ditemenin dan dimanjain doi. Tapi gpplah gak usahh bayar hotel dengan satu single bed.

Lanjut....
Sebelum operasi di mulai, ane diperiksa lagi, bagian mana yg harus dioperasi. Dan ternyata benjolan di anu ada dua, dan dokter milih buat ngangkat satu yg paling besar karena posisinya yg berdekatakan. Dan tara dua jam kemudian dokter berhasil menemukan sebutir kelereng ditumpukan daging dan lemak yg menjulang tinggi. Setelah 2 jam di ruang operasi ane diperbolehkan pulang dan keeaokan harinya ane udah bisa kuliah dan ikut ujian.

Buat sista yg lain jangan lupa jaga pola makan dan gaya hidup ya? Jangan kayak ane yg suka jajan sembarangan dan gak ngontrol makanan yg berlemak tapi enak.



GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di