alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5938ede3c2cb17734e8b456d/yuk-bantu-tambah-koleksi-buku-perpustakaaan-sekolah
icon-hot-thread
Yuk Bantu Tambah Koleksi Buku Perpustakaaan Sekolah!
Yuk Bantu Tambah Koleksi Buku Perpustakaaan Sekolah!

Tahu gak Gan? Dari seluruh jumlah SD di Indonesia, yang punya perpustakaan cuma setengahnya. Selebihnya, gak punya perpustakaan sekolah. Itu berdasarkan hasil riset “Ketersediaan Perpustakaan di Sekolah Tingkat Dasar dan Menengah” oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan info terakhir yaitu 20 April 2017. Dan gak cuma SD aja, masih banyak sekolah menengah pertama dan keatas yang belum mempunyai perpustakaan.

Yuk Bantu Tambah Koleksi Buku Perpustakaaan Sekolah!

Secara garis besar, Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Kejuruan adalah yang paling sedikit memiliki perpustakaan, yaitu 55% dan 54% ketimbang SMP dan SMA yang persentase sekolah yang menyediakan perpustakaan adalah sebanyak 70% dan 69%.
Malahan, DKI Jakarta yang notabene adalah ibukota negara, ternyata tidak mendekati 100% pun jumlah sekolah yang memiliki perpustakaan, melainkan cuman 62%. Justru 97% sekolah di Kepulauan Bangka Belitung memiliki perpustakaan. Sedangkan Pulau Papua yang paling kecil persentasenya, yaitu hanya 30% di provinsi Papua Barat dan 25% di provinsi Papua.

Yuk Bantu Tambah Koleksi Buku Perpustakaaan Sekolah!
Foto/Ilustrasi: Perpustakaan sekolah SDN Bligo Buaran Pekalongan

Menumbuhkan minat baca memang alangkah baiknya dibiasakan dari usia dini. Membiasakan anak-anak ke perpustakaan akan membangun generasi bangsa yang lebih terpelajar ke depannya. Seorang pakar dalam studi, John W. Miller, mengatakan, perilaku masyarakat terhadap dunia literasi menjadi faktor yang sangat penting dalam keberhasilan individu dan bangsa dalam bidang ekonomi dan bidang lain yang memang mensyaratkan basis pengetahuan yang memadai. Kecintaan terhadap dunia literasi juga menentukan masa depan.

Pernyataan John W Miller memiliki korelasi yang berbanding lurus dengan hasil surveinya. 5 negara yang menempati urutan tertinggi dalam tingkat literasi tercatat merupakan negara maju dengan capaian keberhasilan di sejumlah bidang. Urutan pertama ditempati Finlandia, diikuti Norwegia, Islandia, Swedia, dan Denmark.

Dan faktanya, rilis indeks kemakmuran global tahunan ke-10 yang dilakukan Legatum Institute, sebuah lembaga riset yang berbasis di London, menempatkan empat dari lima negara tersebut --kecuali Islandia-- tersebut menjadi negara termakmur di dunia.
Berdasarkan hasil riset tersebut, kita bisa menyimpulkan, negara-negara tersebut terbiasa membaca buku sehingga menghasilkan pribadi yang solutif, bukan destruktif terhadap negaranya, sehingga negaranya bisa maju dan makmur.

Kebiasaan membaca negara-negara maju ada karena sudah dipupuk sejak masih tahap usia kanak-kanak, serta didukung dengan ketersediaan buku yang banyak dan memadai di perpustakaan.

Namun masih ada perpustakaan yang masih kekurangan koleksi buku. Di Lampung, dengan jumlah desa sebanyak 2.640 desa, tapi jumlah perpustakaan baru tersebar di 678 desa. Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung, Herlina Warganegara, perbandingan antara jumlah penduduk Lampung dan standar nasional koleksi buku seharusnya mencapai 143.415 judul. Sedangkan saat ini koleksi Perpustakaan Daerah baru 61.854 judul.

Yuk Bantu Tambah Koleksi Buku Perpustakaaan Sekolah!
Foto: Perpustakaan daerah di Lampung

Perpustakaan tidak akan berarti tanpa koleksi buku di dalamnya. Salah satu cara untuk membantu meningkatkan minat baca adalah dengan melengkapi ragam koleksi buku perpustakaan, misalnya saja di perpustakaan sekolah-sekolah dasar yang belum mumpuni.
Salah satu program yang mencanangkan visi tersebut adalah Gerakan #BukuUntukIndonesia yang akan membagi-bagikan buku gratis ke sejumlah daerah di Indonesia, termasuk ke beberapa perpustakaan sekolah dari Sabang sampai Merauke. Sekolah-sekolah di Lampung pun akan turut merasakan berkah ini dengan penambahan koleksi buku.

Agan bisa berpartisipasi membangun minat baca anak-anak Indonesia, lewat donasi dalam gerakan #BukuUntukIndonesia melalui link berikut.

Saatnya kita beraksi bagi masa depan bangsa, karena buku adalah jendela dunia, gudangnya ilmu pengetahuan.

Yuk Bantu Tambah Koleksi Buku Perpustakaaan Sekolah!

Spoiler for Sumber:


komik naruto bisa di donasiin bray? emoticon-Hammer
Yuk mohon di bantu emoticon-Nyepi
Ane jadiin HT yah!
yuk donasi
ayuk bantu


Mejeng dulu di pejwan

Spoiler for BB++:
Amanah gak nih.. takutnya gak tiba di perpustakaan bantuannya.. emoticon-Bingung (S)
mejeng dulu di trit buku emoticon-Big Grin
Yok ramaikan
masih peki ternyata
bongkar gudang dulu gan emoticon-Big Grin
Wah bermanfaat nih buat bahan skripsi, mumpung judul skripsi membahas perpustakaan emoticon-Leh Uga
jarang2 bisa mejeng kyk gini emoticon-Malu (S)
cek buku dulu digudang gans
donasi buku j*v aja bre emoticon-Leh Uga
Ane percaya deh kalo BCA, secara yang kayak gini-gini dipantau OJK.
siapp dey gan ane mw ikutan ahh
Thread yg menarik ini..
Mantap lah..


emoticon-Cool
Salah satu program yang bagus nih gan, nah program kyk gini harus banyak di galakan menurut ane program seperti gini juga salah satu program yang mencerdaskan bangsa emoticon-Salam Kenal
gembok dul gan