KOMUNITAS
Informasi! Ngobrol Sesama Komunitas Makin Gampang Lewat Live Chat di Kaskus Apps Cek di Sini Caranya
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
[HSI] CANTIK ITU LUKA
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59351708d44f9f534d8b4569/hsi-cantik-itu-luka

[HSI] CANTIK ITU LUKA

[HSI] CANTIK ITU LUKA[/CENTER]

Judul : Cantik Itu Luka
Penulis : Eka Kurniawan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama (Cetakan VII, Desember 2015)
Tebal Buku : 479 Halaman
ISBN : 978-602-03-1258-3


Spoiler for :


Kisah diawali dengan peristiwa bangkitnya seorang (mantan) pramuria berkelas blasteran Belanda-Hindia (Indonesia kala itu), Dewi Ayu, dari kubur untuk membalas dendam dan menemui anak bungsunya. Perjalanan kilas balik dimulai dengan pengenalan kehidupan Dewi Ayu, yang merupakan anak hasil hubungan incestsatu bapak beda ibu. Kakeknya, Ted Stammmler yang menikah dengan Oma Marietje dan beranak Henri Stammler, rupanya juga memiliki anak perempuan yang diberi nama Anneu Stammler, dari budak napsunya, Ma Iyang, yang saat itu sudah punya kekasih bernama Ma Gedik. Henri dan Anneu saling jatuh cinta dan akhirnya kabur setelah melahirkan Dewi Ayu. Belakangan, Dewi Ayu remaja yang sedang mekar-mekarnya malah jatuh cinta pada Ma Gendik. Sampai di sini saja kita bisa bayangkan bagaimana asyiknya jalan cerita buku ini.

Ketika masa pendudukan Belanda mulai surut dan pasukan Jepang mulai memasuki pelosok Halimunda, banyak yang memilih kembali ke negerinya. Tersisalah Dewi Ayu, wanita kulit putih yang ditangkap pasukan Jepang dan diungsikan ke penjara khusus hingga angin nasib membawa Dewi Ayu untuk menjadi pelayan nafsu para prajurit. Pertemuannya dengan Mama Kalong menjadikannya Jugun Ianfu yang pada akhirnya melahirkan tiga dara cantik yang tidak jelas bapaknya, Alamanda, Adinda, dan Maya Dewi. Lantas apakah kecantikan ketiganya membawa keberuntungan dalam kehidupan? Nyatanya tidak. Kecantikan fisik yang tidak diimbangi dengan keteguhan moral dan iman, akan percuma karena hanya membawa petaka. Hal inilah yang membuat Dewi Ayu ingin punya anak yang buruk rupa. Doanya dijawab dengan kehadiran si Cantik yang bahkan dukun bayinya pun menganggapnya sebagai monster kutukan neraka. Ironis. Lantas bagaimana si Cantik menjalani hidupnya ketika tidak berselang lama Dewi Ayu meninggal atas kemauannya sendiri?

Nyatanya, buku ini tidak berfokus pada si Cantik atau Dewi Ayu saja.


Quote:


Quote:



Spoiler for My Fav Quote:


*Rate 8/10*

emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh crazydee
Saya selalu pengen baca buku ini, tapi klo ngeliat harganya yang wah jadi rada males juga belinya (sama seperti karya2 mas Eka yang lain, harganya pada wah, pdhl bukunya tipis, bener2 aji mumpung tuh G**).
Mungkin klo ada obralan buku baru beli trus dibaca...
Wkwkwkwkwkwkw
Quote:


Gak nyesel punya buku ini kalau agan memang suka cerita klasik, bukunya jg lumayan tebal dan tulisannya 'berisi' banget, padat huruf, gak mubadzir kertas hehe. Yaa walau dulu setelah beli ini sy harus puasa beli buku sebulan 😂 Harga2 G** emang bikin miris buat rakyat jelata macam ane ini. Tapi ya kualitas saringannya lumayan juga gan dibanding yg lain.
Diubah oleh crazydee
wah gan bukunya asyik juga gan.

Tapi yang harus diperhatikan ini penulisnya pasti udah riset banyak yak tentang kehidupan sosial waktu jaman sebelum kemerdekaan. Waktu itu memang orang belanda yang ke Indo umumnya laki-laki dan jarang ada perempuan yang mau ikut soalnya iklimnya panas gak kayak belanda dan kondisi daerahnya yang banyak konflik jadi gak aman. Maka pria-pria ini terpaksa nikah sama gadis lokal.
Quote:


Sudah pernah baca gan? Sepertinya kalau gak pakai riset, tulisannya nggak akan semantep ini deh, hehe
Betul gan.. kata eyang di jawa dulu banyak orang yang mengincar jabatan wedana atau juru tulis atau lainnya, dengan cara "nyogok" petinggi Belanda dengan anak gadisnya/kerabatnya, makin leluasa lah mereka dalam memilih.emoticon-Hammer
Quote:


belum gan, masih baca buku lain tapi isinya ya ngebahas tentang zaman penjajahan belanda juga.
[HSI] CANTIK ITU LUKA
suka sama bahasanya yang ceplas ceplos
lagi baca buku ini gan, emang padat banget ya huruf nya, jadi ngabisin satu bab aja kadang ane lama banget gak kaya punya bang tere.

dari awal ane sudah senyum sendiri sama gaya bahasa eka yg sarkastik. makin masuk kesini bikin meringis ya, maklum ada kalimat kalimat yang bikin ane merinding. tentang pemerkosaan dan ta*k
Quote:

wah, buku apa gan judulnya? Bisa share dong dimari dong gan emoticon-shakehand

Quote:

memang begitu isi bukunya gan emoticon-Big Grin

Quote:

Padat berisi, tapi bikin geregetan plus nagih, nggak bisa berhenti kecuali kalau udah ngantuk. Enaknya baca buku ini sambil ngopi sore emoticon-Hammer (S) Tapi kalau soal bahasa, menurut ane novel ini masih mendingan dibandingkan novel om eka yg lain, "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" itu lebih ambigu lagi artinya bagi yang gak paham gaya tulisan beliau emoticon-Betty (S)
Ane habis baca "lelaki harimau" dan "seprti dendam rindu harus dibalas tuntas" kok kayak malah males baca buku eka lainnya lagi ya... Apalgi yg ini tebel banget..
Mending baca gadis kretek punya istrinya aja dahh dulu emoticon-Ngakak
Quote:

Ngeri sama bahasanya ya gan? emoticon-Betty (S)
kalau nggak bosan cerita berbau sejarah mending nggak usah baca apalagi beli si gan,
pinjem aja, sayang duit emoticon-Hammer (S)
Ane udah beli buku yg ini gan.. Hehe.. Belum ane baca tapi.. Baru baca kok kayak aneh aja dewi ayu bangkit dari kubur blalalalbalalala...
Ane baca dulu yg lain lah.. Haha


Katanya sih ane salah baca buku eka duluan gan.. Katanya sih yg ini masterpiecenya doi, ane sebenrnya suka novel2 sejarah begini gan.. Ane tertarik sama eka juga karena doi mirip2 pram gaya penulisannya..

Cuma itu lihat dua karya doi sebelumnya ane udah gak seneng gan.. Apalagi yg lelaki harimau.. Antiklimaks banget ditambah judul sama isinya kurang match gan kayaknya.. Lelaki harimaunya cuma 2 bab doang paling.. Sisanya bab kriminalnya hahah
Quote:

Wah, untung ane belum baca lelaki harimau, entah kenapa di kepala yang terbayang malah manusia jadi-jadian ala siluman yg dibikin sinetron itu jadi agak males. kalau yg "seperti dendam rindu harus dibayar tuntas" ane belum kelar (numpang) baca, besoknya itu buku udah gak ada di toko. Tapi ane yakin kalau agan baca buku ini nggak nyesel deh kan, asal kuat mental dan terlatih berimajinasi aja emoticon-Betty (S)

Tambahan lagi, kalau buat ane pribadi, buku ini salah satu buku keren karena bisa menggerakkan dan menguatkan hati ane untuk menyelesaikan tetralogi Buru yang sempat tak terjamah berbulan-bulan.
emoticon-Mewek
Quote:


Bagus sih ide awalnya gan si lelaki harimau.. Cerita bener orisinil.. Jadi emang nyeritain kearifan lokal gan.. Nah emang disitu sebenernya yg ane cari.. Jadi ane pikir ini bakal keren soalnya bakal banyak nyeritain ilmu macan alias kanuragan secara penuh gan.. Ehh... Ternyata... Ahsudahlah..

Sip gan.. Wajib hatam tuh gan tetralogi burunya.. Yg paling males emang transisi antara anak semua bangsa ke jejak langkah gan.. Disitu ane lama banget jarak bacanya.. Ampe berbulan2 haha..

Tapi novel cantik itu luka ini kayaknya emang keren deh gan.. Soalnya ane juga lihat referensinya si eka emang keren2 sih.
Ane juga penasaran soalnya temen ane ada yg ngefans parah sama ini penulis. Dan nyaranin baca yang ini.

Novel Seperti rindu, dendam harus dibalas dengan tuntas bukan buat koleksi gan.. Cuma topiknya aja yg unik gan tentang pria impoten haha.. Ini malah yg lebih mirip silat2 di RC*I gan haha.. Banyak berantemnya..
Di sebagian kisahnya yg pas jadi sopir truk ceritanya hampir mirip novelnya john steinbeck cuma ane lupa judulnya yang mana..
Diubah oleh yoga.fiorentini
Quote:

Baca awalnya aja udah geli gan..
But... No spoiler please!! emoticon-Ngakak (S)

Iya ane emang niat gitu. Ane kalau beli buku buat koleksi milih yang kira-kira kelak bisa diwariskan ke anak cucu,
tentunya bukan buku yang membahas impoten juga, dan novel koleksi sejenis Cantik Itu Luka ini aman diwariskan kalau kelak udah nikah dan punya anak yang udah diatas 18+ kali yee
emoticon-Leh Uga
Quote:


Buku judulnya nusantara sejarah indonesia
ane agak nyesel baca buku ini, bukan karena isinya, tapi lebih karena ane baru baca buku ini sekarang. kenapa nggak dari dulu-dulu

bener-bener jatuh hati sama buku ini; sama latarnya yang membuat jadi berandai-andai sama kehidupan orang jaman dulu yang super keras; sama plotnya yang benar-benar surealis. nggak kebayang bakalan jadi apa kalau buku ini diadopsi ke dalam bentuk film. mungkin lebih mirip filem bok*p dibanding film bioskop emoticon-Big Grin

ada yang bisa kasih info, buku dengan setting latar sejenis ini ada lagi nggak ya?
Quote:


Agree with you pokoke gan! So far ini novel favorit tak tergantikan. Kalau yg agak mirip2 setting dan gak terlalu sulit dicerna ya paling buku2nya Pramoedya gan. Utk yg lain ane belum nemu.

Btw terimakasih kunjungannya. Ane baru bisa buka kaskus, sibuk diklat udah 3 bulan ini 😂
Quote:


okesip. jadi reading list. hehe

kemarin baru baca lelaki harimau. ternyata setting ceritanya sepertinya masih satu 'universe' ya dengan cantik itu luka (mirip marvel cinematic universe gitu. Beda cerita tapi masih di dunia yang sama emoticon-Big Grin). karena ada tokoh2 dari cantik itu luka yang disebut2 di lelaki harimau. dan beberapa lokasi kotanya juga sama persis dengan lokasi di halimunda
keep posting gan biar tetap sehat otak kita emoticon-breakheart
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di