alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Fashion /
Bahan Katun Carded
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/592e46d9529a45e0598b456f/bahan-katun-carded

Bahan Katun Carded

Bahan Katun Carded

Katun Carded

Di artikel sebelumnya kami membahas tentang katun combed. Dan di artikel ini kami akan membahas katun carded.Sebelum membahas ke Pokok tujuan dari sifat kain katun carded itu seperti apa. Jadi istilah carded sebenarnya diambil dari nama mesin yang membuat benang untuk kain carded. Namun kekurangan dari benang yang dihasilkan dari mesin carding ini adalah cenderung kasar, sehingga kain yang dihasilkan dari benang jenis inipun hasilnya agak kasar.

Carded adalah jenis bahan yang terdiri dari 100% kapas tetapi permukaan cenderung berbulu dan agak kaku karena biasanya tanpa adanya proses finishing jadi setelah proses pencelupan barang langsung siap dijual.Biasanya hanya dipakai untuk mengejar harga jual saja.

Berikut beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kain katun carded, seperti :

  • Kain katun carded serat benangnya agak kasar dan tidak selembut kain Katun Combed. Yang membedakannya adalah proses pembuatgan benangnya.
  • Carded dapat menyerap keringat karena terbuat dari cotton (kapas).
  • Rajutan tidak terlalu mulus


Proses pada mesin carding adalah melanjutkan pembukaan gumpalan kapas, membersihkan serat, memisahkan serat-serat pendek dengan serat panjang, membentuk sliver dan menyusunnya dalam cam.

Pada dasarnya, ada dua gerakan pokok pada mesin carding yang dilakukan oleh permukaan-permukaan yang seperti parut, masing-masing adalah :

  • carding action (gerakan penguraian).
  • stripping action (gerakan pengelupasan dan pemindahan).


Perbedaan antara kedua gerakan ini terutama ditentukan oleh arah ujung yang tajam dari kawat-kawat card clothing, maupun arah serta kecepatan relatif permukaan kawat-kawat tersebut.

Penjelasan mengenai gerakan-gerakan yang terjadi pada mesin carding :

1. Carding action (gerakan penguraian).

Gerakan ini terjadi apabila arah bagian jarum yang tajam pada kedua permukaan berlawanan arah, dan kecepatan kedua permukaan yang bergerak lebih cepat, seakan-akan beradu dengan bagian yang tajam dari jarum pada permukaan yang dilaluinya.

Pada mesin carding, carding action terjadi antara flat yang bergerak lambat dengan silinder yang bergerak cepat. Juga terjadi antara silinder dengan doffer yang bergerak relatif lambat.

2. Stripping action (gerakan pengelupasan/pemindahan).

Gerakan pengelupasan atau pemindahan terjadi apabila arah bagian jarum yang tajam pada kedua permukaan sama. Arah serta kecepatan kedua permukaan tersebut sedemikian rupa sehingga bagian yang tajam dari jarum pada permukaan yang bergerak cepat seakan-akan menyapu bagian yang tumpul dari jarum pada permukaan yang dilalui.

Pada mesin carding, gerakan ini terjadi pada pemindahan antara licker-in dengan silinder. Dalam hal ini kecepatan permukaan silinder relatif lebih tinggi daripada kecepatan permukaan licker-in, sehingga serat yang berada dipermukaan licker-in seakan-akan dipindahkan ke permukaan silinder. Gerakan pengelupasan juga terjadi antara doffer dengan doffer comb. Dalam hal ini doffer comb merupakan bagian yang aktif, sehingga lapisan serat yang ada dipermukaan doffer terkelupas.

Berikut tentang bahan katun carded.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di