CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ratusan Muslim Bali Ziarah ke Makam Jelang Ramadhan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/592a95e512e25733148b4568/ratusan-muslim-bali-ziarah-ke-makam-jelang-ramadhan

Ratusan Muslim Bali Ziarah ke Makam Jelang Ramadhan

Ratusan Muslim Bali Ziarah ke Makam Jelang Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Ratusan umat Islam (Muslim) Bali melakukan tradisi ziarah kubur menjelang bulan Ramadan 1438 Hijriyah di Pemakaman Muslim Maruti, Wanasari, Denpasar, Bali, Rabu (24/5). Peziarah datang silih berganti untuk berdoa, menaburkan bunga di pusara keluarga dan kerabatnya, serta membersihkan makam leluhurnya.

Banyaknya warga yang melakukan ziarah kubur dimanfaatkan oleh sejumlah warga, termasuk anak-anak, untuk mendapatkan upah melalui bantuan membersihkan makam dan menjual bunga tabur musiman. "Sehari membantu membersihkan makam bisa dapat sampai Rp 30 ribu dari peziarah kalau mau bulan puasa," ujar Ilham yang mengaku masih duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar.

Selain Ilham, puluhan anak seusianya juga memanfaatkan ramainya peziarah dengan menjadi pembersih makam musiman. Mereka mengaku mendapat upah Rp2 ribu hingga Rp5 ribu untuk setiap makam yang dibersihkan.

Peziarah diperkirakan semakin banyak yang melakukan ziarah kubur di pemakaman yang terletak di Jalan Maruti Denpasar itu pada Kamis (25/5) dan Jumat (26/5) atau selang satu hingga dua hari pelaksanaan puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan diperkirakan tiba pada Sabtu (27/5).

Hal yang sama juga terjadi di beberapa wilayah makam tingkat kampung di Surabaya dan sekitarnya. Seperti di Pemakaman Islam Perkampungan Wonocolo, Surabaya, yang dipadati ratusan Muslim dalam sepekan terakhir. "Di sini (Wonocolo), tradisi menyambut datangnya puasa Ramadhan cukup banyak, seperti ziarah atau nyekar ke makam leluhur dalam beberapa hari menjelang pelaksanaan puasa," kata warga Wonocolo VI, Surabaya, Chalimy.

Selain itu, sebagian warga juga bergembira menyambut datangnya puasa Ramadhan dengan membersihkan mushola atau masjid di kampung secara bergotong royong, sebagai pertanda tempat ibadah sudah siap dipakai ibadah saat Ramadhan berlangsung selama sebulan.

"Lain halnya dengan tradisi kaum ibu yang membuat jajanan yang disebut dengan tradisi Megengan, lalu jajanan itu disedekahkan kepada tetangga kanan-kiri atau di antar ke mushala terdekat untuk konsumsi selepas ibadah mendoakan arwah leluhur," katanya.

SUMBER

Minoritas di Bali, tapi koq nyaman nyaman aja ya... gak pernah digangguin sama Mayoritas di Bali
Halaman 1 dari 2
Karena mereka tahu diri,gk menista agama mayoritas disana & gk bernafsu penegn jd orang no 1 disana,sampai tega dng sengaja menista dan mengolok2 ayat agama mayoritas disana macam yg di .....
Yang penting damai. emoticon-Smilie
Quote:


Lo komen apaan tong?
Quote:


Itu sudah gan
Quote:


Sepertinya anda harus kembali lagi jd murid sd.
Quote:


Ditanya malah ngeles alay bloon ini
Quote:


yoi mereka sadar banget mereka mino, makanya ga aneh aneh, ada larangan ga boleh ini ya mereka lakukan



kalau babi yg mino dimari, mayo juga harus menghormati mereka, sering ngelunjak
Quote:


Rasanya org yg bisa baca pasti tahu saya komen apa.
Quote:


Yg jelas komen to the point tong!

Kaya ini!!!

Ratusan Muslim Bali Ziarah ke Makam Jelang Ramadhan
Quote:


Emang di jakarta minoritas di gangguin ?
Quote:


Nampaknya anda yg tidak jelas,biarlah kaskuser lain yg menilai.
Yang penting tidak rusuh.
itu lah nikmatnya hidup di bali bro, aman nyaman dan bebas dari jidat gosong cingkranger
Damai itu saat gak ada yg memyinggung yg bukan urusan dia. Muslim saat jadi minoritas tahu diri, saat jadi mayoritaspun mereka menghargai (asalkan yg minoritasnya gak ngelunjak juga sih)
Quote:


Karena kita hidup santai di Bali bro. emoticon-Leh Uga . Kita ga terlalu mempermasalahkan masalah pribadi orang lain, makanya orang2 dari luar Bali kerasan cari makan di sini. Dan kita ya enjoy aja. Malahan banyak warga muslim di sini yg nolak FPI. Lihat aja kasus munarman dan pecalang itu, yang ngelaporin salah satunya organisasi muslim di Bali emoticon-Leh Uga
Tapi ya gitu, mungkin karena terlalu terbuka, Bali ampe bisa 2x dibom. Padahal kita santai2 aja hidup disini emoticon-Sorry

orang melakukan tradisinya kok loe pada sibuk nyinyir emoticon-Cape deeehh
Mayan rejeki buat pembersih makam musiman emoticon-Smilie
gue gak ngincer cewek bali,

jadi nggak menjilat hindu bali

clue nya muslim suka beranak banyak
Quote:


jelas beda lah kadar toleransi orang bali di bandingkan jabar,sumbar solok,dll intoleran lainnya...
bom bali 1-2 aja tidak ada aksi2 rasialis emoticon-Cool

btw nte udh pernah ke bali tong? emoticon-Cool
Quote:


Sudah,walaupun cuman transit 1malam.
Halaman 1 dari 2


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di