alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/591d075fa2c06e9a258b4570/bosan-makan-nasi-ini-dia-4-pengganti-nasi-yang-sama-sehatnya-gan
Bosan Makan Nasi? Ini Dia 4 Pengganti Nasi yang Sama Sehatnya, Gan!
Bosan Makan Nasi? Ini Dia 4 Pengganti Nasi yang Sama Sehatnya, Gan!

Bagi orang Indonesia, nasi merupakan panganan pokok yang tidak bisa dicoret dari menu makanan sehari-hari. Padahal, kadar indeks glikemik (IG) yang terkandung dalam nasi cukup tinggi, lho, yaitu sekitar 88 – 89. Nah, kandungan IG yang tinggi ini ternyata dapat menaikkan kadar gula darah. Oleh karenanya, para penderita diabetes tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengonsumsi nasi.


Lalu, sumber karbohidrat selain nasi yang dapat dikonsumsi oleh Anda yang menderita diabetes? Tenang, banyak jalan menuju roma, banyak pilihan karbohidrat selain nasi biasa. Penasaran? Yuk, cek daftar lengkapnya berikut ini:

1. Kentang

Bosan Makan Nasi? Ini Dia 4 Pengganti Nasi yang Sama Sehatnya, Gan!

Kentang memiliki jumlah karbohidrat yang lebih sedikit daripada nasi putih. Selain itu, umbi batang yang satu ini juga mengandung vitamin B6, B1, B3, B5, C, kalium, fosfor, mangan, magnesium, dan zat besi yang bagus untuk tubuh karena berkhasiat untuk membentuk sel darah merah sekaligus mencegah anemia. Bagi Anda penderita diabetes, konsumsi kentang untuk mengganti nasi disarankan sebab dapat menjaga kesehatan jantung, otot, dan saraf; serta mengelola kadar gula tubuh. Hebat, bukan?

2. Gandum/Oat

Bosan Makan Nasi? Ini Dia 4 Pengganti Nasi yang Sama Sehatnya, Gan!


Gandum dikenal memiliki jumlah karbohidrat yang lebih rendah daripada nasi. Selain itu, gandum juga terkenal akan kandungan lemaknya yang rendah, namun tinggi akan protein dan serat. Nah, salah satu jenis gandum yang populer dikonsumsi adalah oat. Ini dia manfaat oat yang harus Anda ketahui:

  • Mengandung serat larut yang tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolestrol dan mengendalikan berat badan.
  • Mengandung avenanthramide, yaituantioksidan yang mampu mengurangi kolestrol buruk dan resiko penyakit jantung.
  • Mengandung serat yang berfungsi menjagakadar gula darah tetap stabil. Selain itu, serat juga mampu mencegah munculnya penyakit kanker.
  • Mengandung beta-glukan yang mampumeningkatkan sistem imun.


3. Jagung

Bosan Makan Nasi? Ini Dia 4 Pengganti Nasi yang Sama Sehatnya, Gan!

Di beberapa wilayah Indonesia, seperti Sulawesi dan Nusa Tenggara, jagung lebih umum dikonsumsi sebagai makanan pokok dibanding nasi. Tidak heran, sebab selain rendah kalori, jagung juga mengandung berbagai jenis vitamin B, seperti B1, B3, B5, dan B9 atau folat. Selain itu, jagung juga memiliki IG yang lebih rendah dibanding nasi putih, yaitu hanya sebesar 56. Berniat mengganti nasi dengan jagung? Yuk, kenali beberapa manfaat jagung bagi tubuh!

  • Kandungan seratnyadapat mencegah penyakit wasir dan kanker usus.
  • Memiliki kandungan tiamin dan niacin yang dapat menjaga sel saraf.
  • Mengandung vitamin E yang dapat melindungi tubuh dari penyakit.
  • Mineral dan fosfor yang dapat menjaga kesehatan tulang dan ginjal.
  • Mengandung antioksidan yang mampu mencegah kanker.
  • Menjaga jantungdan kadar kolestrol, serta mencegah anemia.


4. Nasi merah

Bosan Makan Nasi? Ini Dia 4 Pengganti Nasi yang Sama Sehatnya, Gan!

Anda pastinya sudah sering mendengar bahwa konsumsi nasi merah lebih baik dibanding nasi putih karena kandungan karbohidratnya yang lebih rendah. Lalu, amankah nasi merah dikonsumsi oleh para penderita diabetes? Tenang! Faktanya, nasi merah memiliki IG sebanyak 50 sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.


5. Ubi

Bosan Makan Nasi? Ini Dia 4 Pengganti Nasi yang Sama Sehatnya, Gan!

Ubi mengandung karbohidrat sebanyak 20,1 gram/100 gram sajiannya. Selain itu, kandungan vitamin A, B1,B5, B6, mangan, magnesium, fosfor, dan kalium di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Itu tadi beberapa sumber karbohidrat yang dapat dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Jadi, mau pilih yang mana?

Jikalau Agan dan Sista sekalian butuh informasi kesehatan lainnya, langsung cek TKP nyok! emoticon-Ngacir2



Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya, gan! Ente soalnya bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang nggak cuman ramah, tapi juga informatif dan membantu!
emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!
Mantap gan! Kebetulan ane lagi bosen makan nasi dan langsung pertamax! emoticon-Cendol Gan
Kayaknya enak nih gan, denger2 lebih bergizi juga yak! Cocok buat ane yang lagi sakit! emoticon-Nyepi
wah, kebetulan gan! Anak ane lagi bosen makan nasi! emoticon-Sundul Up
Quote:Original Posted By jokomulyono132
Mantap gan! Kebetulan ane lagi bosen makan nasi dan langsung pertamax! emoticon-Cendol Gan


Mantap lah, gan! emoticon-Toast
Bukannya bosen, tapi kalo ada yang lain mending yg lain, nasi pilihan terakhir, ga tau knapa ga bisa "jatuh cinta" sama nasi emoticon-Hammer (S)
Biasa ganti sama yg no 1, 2, 3. Tapi seringnya yg ke 2, sekalian buat eksperimen, soalnya sering nemuin resep ngawur karangan sendiri emoticon-Hammer (S)
Enak ya alhamdulilah, ga enak ya tetep dimakan emoticon-Hammer (S)
nasi jagung mayan juga rasanya
Quote:Original Posted By pabloo
nasi jagung mayan juga rasanya


Nasinasi juga ujungujungnya
Quote:Original Posted By andraolivia


Nasinasi juga ujungujungnya


iya tapi lebih sehat dari nasi putih neng...
emang kamu gak makan nasi ya
Quote:Original Posted By pabloo
iya tapi lebih sehat dari nasi putih neng...
emang kamu gak makan nasi ya


Diet karbo bang kwkwkkwkw
Quote:Original Posted By andraolivia


Diet karbo bang kwkwkkwkw


ciusan. diet karbo.
kemarin sempat juga cobain hasilnya terlalu kurus
jadi sekarang balik lagi olahraga aja
Quote:Original Posted By pabloo
ciusan. diet karbo.
kemarin sempat juga cobain hasilnya terlalu kurus
jadi sekarang balik lagi olahraga aja


Ehh gampang kurus ya ? Ane juga olahraga sih gan tapi olahraga ringan
Quote:Original Posted By andraolivia


Ehh gampang kurus ya ? Ane juga olahraga sih gan tapi olahraga ringan


iya paling olahraga lewat mimpi
kalau ane kan bekas atlet sis
Quote:Original Posted By pabloo
iya paling olahraga lewat mimpi
kalau ane kan bekas atlet sis


Lha ane juga bekas atlet gan wkkwkwkw
Quote:Original Posted By andraolivia


Lha ane juga bekas atlet gan wkkwkwkw


Atlet apa ya
Quote:Original Posted By pabloo
Atlet apa ya


Malu bilangnya kwkwkwk
Tembak menenmbak #malus
Quote:Original Posted By andraolivia


Malu bilangnya kwkwkwk
Tembak menenmbak #malus


Oalah ....
Kalao ane atlet gundu ame panjat pinang
Kekeke...
Quote:Original Posted By pabloo
Oalah ....
Kalao ane atlet gundu ame panjat pinang
Kekeke...


Kapan minang ane gan?
Quote:Original Posted By andraolivia


Kapan minang ane gan?


Hadehh...ratu gomballl
Quote:Original Posted By pabloo


Hadehh...ratu gomballl


ratu gombal boljug bang emoticon-Leh Uga